Konser BMTH Batal, Promotor: Refund Lancar

Bring Me the Horizon (BMTH).
Sumber :
  • Ravel Entertainment.

JAKARTA – Batalnya konser grup musik rock asal Inggris, Bring Me The Horizon (BMTH), tak sedikit menyisakan kekecewaan di hati penonton. 

Afgan, Lyodra Hingga Kunto Aji Bakal Tampil di Candi Prambanan Yogyakarta, Catat Tanggalnya!

Konser tersebut seharusnya diselenggarakan di Beach City Stadium International Ancol Jakarta pada 11 November 2023 lalu. Yuk, scroll untuk informasi selengkapnya.

Usai melayangkan permintaan maaf, Ravel Entertainment selaku pihak promotor acara segera memproses pengembalian uang penontonnya. Refund tiket penonton konser BMTH Day 1 dan Day 2, dilaporkan telah selesai.

Taman Mini Indonesia Indah: Jendela Menuju Keberagaman Budaya dan Pesona Alam Indonesia

Tiga hari pasca batalnya konser BMTH, para pemegang tiket dikabarkan sudah bisa langsung menerima pengembalian uang mereka. 

ITDC Umumkan Tiket MotoGP Mandalika 2024 Didiskon 50 Persen

“Refund Proporsional BMTH Day 1 akan dilakukan setelah refund BMTH Day 2 selesai. Dan informasinya akan diumumkan kembali melalui akun resmi Ravel Entertainment,” tulis Ravel Entertainment di Instagram, dikutip VIVA, Sabtu 25 November 2023.

Sang promotor lebih lanjut menyebutkan, untuk refund tiket konser BMTH hari kedua akan mulai dilaksanakan pada Selasa, 14 November 2023, dan untuk refund pertunjukan hari pertama akan diberikan secara proporsional setelah proses refund hari kedua selesai.

Pengamat skena musik, Wendi Putranto, mengapresiasi iktikad baik Ravel Entertainment yang dinilai cekatan dalam menyelesaikan masalah konser batal dengan refund sehingga dapat dengan efektif menebus kekecewaan penontonnya. 

“Upaya mengembalikan uang penonton yang dilakukan tersebut menurut saya merupakan inisiatif baik ya. Karena bagaimanapun permasalahan yang terjadi di venue, konser musik yang seharusnya dinikmati penonton itu kan nggak ter-deliver ke hadapan mereka, makanya wajar mengembalikan uang penonton karena itu hak mereka juga. Apalagi kalo buat penonton yang hari kedua, mereka belum sama sekali menikmati show-nya,” jelas Wendi saat dihubungi, Jumat 24 November 2023.

Dijelaskan Wendi, umumnya proses refund apalagi yang melibatkan musisi internasional akan membutuhkan waktu panjang untuk bisa mengembalikan uang yang dikeluarkan penontonnya. Pasalnya, pihak penyelenggara akan butuh kepastian untuk memperhitungkan ulang pengeluaran acara konser dari segala sisinya.

Konser Bring Me The Horizon

Photo :
  • vivanews/muhamad solihin

“Refund itu kan nggak mudah ya, butuh waktu dan perhitungan apalagi dengan penonton hingga puluhan ribu jumlahnya. Biasanya, refund akan selesai dalam satu atau dua bulan untuk bisa cair ke penontonnya. Nggak mungkin bisa langsung, kecuali dari sisi promotor udah mempersiapkan kondisi daruratnya,” kata dia.

“Berkaca ke kasus batalnya BMTH, penonton day 1 diberikan sebagian karena memang perlu dimengerti, uang itu sebagian sudah terpakai untuk membayar artis, mengurus venue, sound system dan kru,” beber Wendi lagi.

Usai kejadian batal manggung akibat adanya kesalahan teknis, vokalis BMTH, Oliver Sykes melalui akun Instagram band yang digawanginya, juga turut menjelaskan keadaan di balik batalnya konser hari pertama di Jakarta itu.

Menurutnya, keadaan panggung pada Sabtu malam tidak memungkinkan untuk melanjutkan setlist yang disiapkan. 

Pembatalan konser BMTH yang dilanjutkan dengan refund atau pengembalian dana juga diapresiasi oleh warganet di X atau Twitter.

“Btw gw mo apresiasi ravel ent. Meskipun kecewa day 2 bmth batal, tp proses refund gercep berjalan lancar tanpa drama2. H+4 duit gw udh full refund 100% tanpa ada potongan apapun. Smg bs belajar dr kesalahan dan next event lbh baik lagi,” ujar warganet.

“Refund konser day 2 BMTH langsung cair H+3. Salut buat Ravel gapake babibu dan ga ribet. Tinggal nunggu proses refund day 1,” timpal yang lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya