Kemeriahan Drama Musikal 'Ikhlas Beramal': Catatan Sukses Kemenag Kita Tahun 2023

Kemeriahan Drama Musikal Ikhlas Beramal
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Balitbang Diklat Kementerian Agama RI menggelar acara Ekspose Kemenag Kita, dengan mempersembahkan drama musikal ikhlas beramal. Acara digelar di Pusat Perfilman H. Usmar Ismail, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (28/12/2023). Acara tahunan ini tujuannya untuk menunjukkan berbagai capaian yang telah dikerjakan Kemenag berdasarkan program prioritas dan legacy selama tahun 2023.

Gandeng IEP, Kemenag Buka Peluang Sinergi dengan Perguruan Tinggi Amerika

Balitang Diklat Kemenag merasa bangga dengan berbagai torehan prestasi Kemenag yang diraih tahun 2023 ini. Acara yang dibalut dengan kemeriahan Pagelaran Drama Musikal "Ikhlas Beramal" disambut antusias 600-an pengunjung dan tamu undangan yang hadir. 

Kemeriahan Drama Musikal Ikhlas Beramal

Photo :
  • Istimewa
Bertemu Majelis Masyayikh, Menag Bahas Rekognisi Santri dan Ma’had Aly

Dengan sentuhan apik sutradara Agus Noor, melalui pemainnya Cing Abdel, Akbar, Mucle, Tatok, dan Ayu, juga nuansa penata musiknya Arie Pekar dengan koreografer David Fitrik. Turut serta penyanyi Dewi Gita yang musiknya dipandu oleh Jakarta Street Music. Sedangkan penari latarnya dari Dvk Art Movement, menambah kemeriahan suasana.

Ekspose Kemenag Kita ini, dihadiri Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki, Setjen Kemenag Nizal Ali, para pimpinan unit eselon I Pusat, Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri, Kepala Kanwil Kemenag, dan Tamu undangan dari Kemendagri, Kejaksaan Agung, BKN, Kementerian Pariwisata, Kemenko PMK, Pemprov DKI, Kemenaker, dan Kemenkopolhukam, serta seluruh ASN Kemenag se-Jabodetabek.

Umat Buddha Akan Rayakan Waisak 2568 BE dengan Tema Kesadaran Atas Keberagaman

Wamenag Saiful Rahmat Dasuki yang tampak hadir dengan tampilan casual pada malam itu, mengungkapkan bahwa Kemenag telah banyak menerima penghargaan sepanjang tahun 2023. Terutama dalam transformasi digital yang dicanangkan oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

Kemeriahan Drama Musikal Ikhlas Beramal

Photo :
  • Istimewa

Wamenag mengapresiasi inisiatif Balitbang Diklat menyajikan capaian kinerja dalam drama musikal. Ia berharap beragam cara sosialisasi ini semakin memberi pemahaman publik tentang perubahan Kemenag di bawah kepemimpinan Menag Yaqut Cholil Qoumas.

“Kerja keras ini berbuah banyak apresiasi dari sejumlah media dan lembaga negara. Menag Yaqut Cholil Qoumas dinobatkan sebagai tokoh inspirator dalam transformasi digital. Gus Men juga didaulat sebagai Satria Transformasi Digital dan Moderasi Beragama. Kemenag juga dinilai paling harmonis oleh Kemenpan-RB dan Ary Ginanjar Consulting,” ujar Wamenag.

Menurut Wamenag, dalam tata kelola pemerintahan, Kemenag diberi penghargaan sebagai kementerian paling informatif dari Kemenkominfo, dan masih banyak lagi penghargaan lainnya.

Kemeriahan Drama Musikal Ikhlas Beramal

Photo :
  • Istimewa

"Kementerian Agama memberikan layanan prioritas kepada jemaah haji, dengan tagline ‘haji ramah lansia' dan ini mendapatkan apresiasi juga dari Kerajaan Arab Saudi,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Balitbang Diklat Suyitno dalam laporannya mengatakan bahwa Balitbang Diklat selalu menutup akhir tahun dengan capaian kinerja. Tahun lalu kita sebut acara ini dengan Kaleidoskop 2022. Tapi tahun ini kita buat beda dengan Kemenag Kita. “Tahun ini berbeda, namanya Kemenag Kita, ini menandakan kemenag bukan lagi miliknya Kemenag, tetapi dari kita untuk bangsa,” ucapnya.

Acara yang dihadiri oleh berbagai kementerian/Lembaga lainnya ini, sebagai bagian dari rekognisi yang dicapai Gus Menteri yang luar biasa. Karenannya, pada malam ini kata Suyitno ada dua pertunjukan, pertama, capaian kinerja dalam bentuk musikalis, dan drama dengan cara yang lebih rileks, yang kedua apresiasi kelitbangan.

“Apresiasi ini penting, karena di Balitbang Diklat sebagaimana diarahkan Gus Menteri dipastikan menjadi ‘dapurnya’ Kemenag mendukung kebijakan menteri. Jadi yang mendapatkan penghargaan tersebut adalah yang menggunakan datanya Litbang untuk kebijakan,” tuturnya.

Mulai tahun ini, lanjut Suyitno, pihaknya memiliki catatan dari sekian unit eselon I, kanwil, dan perguruan tinggi yang menggunakan data-data kelitbangan sebagai data untuk kebijakan. Karena itu, apresias dan penghargaan ini untuk semua pihak yang menggunakan data kelitbangan sebagai basis kebijakan. “Malam ini, kita memberikan apresiasi kelitbangan kepada mereka yang dinilai mendukung dan mengoptimalkan data kelitbangan dalam pengambilan kebijakan,” sambungnya.

Kemeriahan Drama Musikal Ikhlas Beramal

Photo :
  • Istimewa

Berikut daftar penerima Apresiasi Kelitbangan:

A. Kategori Dukungan Program Terbesar:

1.         UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (kontributif dalam program penilaian buku).

2.         UIN Sunan Gunung Djati, Bandung (responsif dalam program penerjamah bahasa daerah).

B. Kategori Skor Indeks Kelitbangan Tertinggi:

1.         Indeks sikap dosen terhadap praktek sikap Moderasi Beragama, diberikan kepada: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Fatmawati Soekarno, Bengkulu, IAKN Kupang.

2.         Kanwil Kemenag Bangka Belitung (tingkat baca tulis Qur'an tingkat SLTP dan SLTA).

C. Kategori Optimalisasi Data Kelitbangan:

1.         Setjen (dalam pemanfaatan data kerukunan umat beragama).

2.         Ditjen Pendidikan Islam (dalam pemanfaatan data buku agama).

3.         Ditjen Bimbingan Masyarakat Islam (data indeks data layanan KUA).

4.         BPJPH (Indeks literasi halal).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya