Cek Fakta: Iwan Fals Bawakan Lagu Dinasti Jokowi saat Konser

Iwan Fals
Sumber :
  • IG @iwanfals

Jakarta – Cuplikan video menampilkan konser penyanyi legendaris Tanah Air, Iwan Fals disebut sedang membawakan lagu berjudul ‘Dinasti Politik Jokowi’ viral di media sosial.

Menlu Retno Luruskan Pernyataan Prabowo soal Pengiriman Pasukan Perdamaian ke Gaza

Video tersebut viral setelah diunggah akun TikTok @anam.santri.etan.kakbah pada Kamis, 9 mei 2024. Hingga Selasa pagi, video itu sudah ditonton lebih dari 492 ribu kali dan dibagikan ulang sebanyak 11,2 ribu warganet.

Dalam video berdurasi 2 menit 56 detik itu terlihat Iwan Fals sedang membawakan sebuah lagu di hadapan ribuan penonton.

Dadakan, Melly Goeslaw Bikin Lagu untuk Palestina Saat Konser di Malaysia

Dalam lagu yang dibawakan, tampak Iwan Fals seolah menyindir pencalonan Gibran Rakabuming Raka sebagai Wakil Presiden Prabowo Subianto di Pemilu 2024 hingga menyebut kata dinasti.

dr Tirta: Nilai IPK Tinggi Tidak Penting, Kesuksesan Ditentukan Empat Faktor

Dinasti Jokowi, Iwan Fals Cover lagu gularock,” demikian narasi unggahan dikutip Selasa, 14 Mei 2024.

Akibat beredarnya video tersebut di media sosial, tidak sedikit warganet yang mempercayai lagu itu benar dibawakan oleh Iwan Fals saat konser.

Berdasarkan penelusuran VIVA, video tersebut sudah direkayasa sedemikian rupa dari tayangan aslinya.

Tayangan asli video tersebut dibagikan oleh YouTube ‘Deppo Koplo’ dengan judul ‘IWAN FALS – Galang Rambu Anarki ( Live Di Bebek Bali )’ pada 27 April 2018.

sorot musik iwan fals

Photo :
  • ANTARA FOTO/FB Anggoro

Lagu yang dinyanyikan Iwan Fals dalam video aslinya memang menggunakan musik yang sama, hanya saja suara asli yang menyanyikan lagu Galang Ramu Anarki sudah diedit dengan AI sehingga terkesan asli dilantunkan Iwan Fals.

Dengan demikian, klaim Iwan Fals menyanyikan lagu berjudul Dinasti Jokowi adalah tidak benar, sehingga masuk dalam kategori konten manipulasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya