Cara Jitu Glenn Ferdly Lestarikan Musik Keroncong RI

Glenn Fredly diisukan dekat dengan pedangdut seksi, Mutia Ayu.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nuvola Gloria

VIVA.co.id – Musisi kondang Glenn Fredly kini bertekad melestarikan musik keroncong di Tanah Air. Bersama perusahaan rekaman yang turut dia dirikan, #MusikBagus, Glen memperkenalkan grup baru, yaitu Keroncong Musyarawah.

Digeruduk Massa, Grup Keroncong Ponpes Al Zaytun Santai Bawakan Lagu Havenu Shalom Aleichem

Lewat single berjudul “Tradisi,” yang diciptakan oleh Keroncong Musyawarah, Glenn ingin menunjukkan anak muda bisa dan mampu berkreasi lewat musik keroncong.

"Sebagai perusahaan rekaman, #MusikBagus terpanggil untuk memperkenalkan dan melestarikan aliran musik keroncong yang sejatinya melegenda. Kami memulainya dengan Keroncong Musyawarah dan ini sebuah langkah bagus untuk musik keroncong," ujar Glenn, Selasa 8 Agustus 2017.

Intip Perjalanan Budaya WBIF ke Solo! Tengok Rumah Batik, Icip Kuliner Hingga Bertemu Waljinah

Sementara itu CEO #MusikBagus, Aldo Sianturi, mengungkapkan lagu Tradisi dipersembahkan untuk Hari Kemerdekaan Indonesia ke-72 yang jatuh pada 17 Agustus nanti.

"Diharapkan menjadi sebuah tradisi baru bagi pelaku seni dalam mempersembahkan karyanya pada momentum kebangsaan yang sakral," ucap Aldo.

SOLO Ultah 77 Tahun, Maestro Keroncong Waldjinah Luncurkan Buku Biografi

Musisi Muda

Keroncong Musyawarah juga digawangi oleh musisi muda bernama Anton (Violin), Amel (Cuk), Ava (Cak) Angga (Cello), Dessy (Bass) dan Candra (Flute). Secara mayoritas, latar belakang personil Keroncong Musyawarah adalah menguasai musik klasik barat dan pop. Namun Keroncong Musyawarah selalu berusaha ekspresif dalam mengeksplorasi irama musik keroncong agar bisa diaplikasikan terhadap genre musik lain.

“Tradisi adalah hasil dari keisengan, keusilan dan kejenakaan kami dalam bermusik dengan melaraskan harmoni tanpa muatan tertentu,” ujar Ava.

Aldo meyakini dan berharap dengan munculnya Keroncong Musyawarah ini, anak muda lebih terpanggil untuk mengenal serta berkarya lewat musik keroncong.

"Visinya adalah memainkan musik keroncong agar anak muda dapat mengenali dan mengapresiasi musik keroncong di antara aliran musik lain yang digandrungi pada waktu bersamaan," ucap Aldo.

Keroncong Musyawarah

Grup Keroncong Musyawarah

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya