Fildan, Juara Akademi Dangdut Asia yang Bikin Merinding

Fildan, Juara D'Academy Asia 3
Sumber :
  • Twitter Indosiar

VIVA – Nama Fildan kini tengah banyak dibicarakan publik, setelah kemenangannya di ajang pencarian bakat, D’Academy Asia 3 atau Akademi Dangdut Asia, Rabu 27 Desember 2017. Fildan menjadi trending topic teratas mesin pencari Google Indonesia. Pencarian nama Fildan sebagai kata kunci mencapai lebih dari 20 ribu.

Gelar Konser di Tengah Pandemi, Fildan Rahayu DA Diperiksa Polisi

Tidak hanya itu, dukungan dari para penggemarnya di Twitter dengan hastag #DoaMLFtoFildanGFDAA3 juga sempat menduduki peringkat pertama trending topic Indonesia tadi malam. 

Selama mengikuti kompetisi D’Academy Asia 3, kemampuan Fildan dalam membawakan lagu-lagu dangdut memang tak diragukan lagi. Ia juga piawai dalam menyanyikan lagu Bollywood, serta keahliannya bermain gitar selalu menuai pujian. Bahkan, pria satu anak ini dijuluki sebagai Arjit Singh-nya Indonesia. Saat membawakan lagu milik musisi terkenal India tersebut yang berjudul, Tum Hi Ho, Fildan mendapatkan standing ovations dari para komentator, Nassar, Iyeth Bustami, Rosalina Musa dari Singapura, Masidayu dari Malaysia, Pak Ize dari Timor Leste dan juga Soimah. 

Reaksi Fildan Kalahkan Nassar dan Didi Kempot di IDA 2019

Penampilan Fildan membawakan lagu Bollywood tersebut juga membuat para juri dari enam negara, memberikan nilai yang memuaskan.

Sementara itu, pada malam grand final Akademi Dangdut Asia, Fildan mampu mengalahkan dua finalis lainnya, Reza dan juga Aulia. Fildan mampu membuat juri menangis saat membawakan lagu, Gerimis Melanda Hati yang berduet dengan Lesti. Mata Hetty Koes Endang bahkan berkaca-kaca, larut dengan lagu yang dibawakan pria yang terkenal pendiam ini. Begitu juga Hans, juri dari Brunei Darussalam yang terlihat mengusap matanya. 

Selamat, Fildan Jawara D'Star 2019 Raih Hadiah Rp750 Juta

Fildan pun mampu menutup penampilannya dengan sempurna saat membawakan lagu Hikayat Cinta, yang dinyanyikan Dewi Perssik dan Glenn Fredly. Kemampuan Fildan yang dianggap sukses membawakan lagu ini, membuatnya mendapat pujian dari komentator, Bahkan, Rita Sugiarto dan Nassar tak mampu berkata-kata. 

Di akhir acara, Fildan yang bersaing ketat dengan Reza berhasil menjadi juaranya. Enam juri yang hadir memberikan nilai tinggi untuk penampilan Fildan. Kerry dari Thailand memberinya nilai 98, sedangkan Didinho dari Timor Leste memberikan nilai yang sama dengan Kerry, disusul Hans dari Brunei yang juga memberikan nilai 98, lalu Mayuni dari Singapura yang memberikan nilai sebesar 98. Hetty Koes Endang yang dianggap sebagai juri paling selektif soal nilai, memberikan Fildan nilai 99. Dan yang terakhir dan menentukan, Pak Ngah dari Malaysia, memberikan nilai 98 untuk pria yang juga fasih memainkan suling tersebut. 

Kemenangan Fildan menjadi sorotan warganet. Mereka sangat memuji suara Fildan, yang dibilang Iyeth seperti angin bercengkok. 

"Suaranya bikin merinding," kata salah satu warganet. "Suaranya memang keren, pantas jadi pemenang," ujar yang lainnya. "Suaranya TOP, saat nyanyi selalu bikin merinding," kata yang lainnya. "Selamat Fildan, pangeran Bollywoodku. Kamu pantas jadi juara," katanya. "Sukses Fildan tetap rendah hati dan jangan sombong. Smg dangdut bisa go internasional," kata yang lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya