Detik-detik Kemenangan Fildan Juara Akademi Dangdut Asia

Fildan Rahayu, Juara Akademi Dangdut Asia
Sumber :
  • Instagram da4_fildan

VIVA – Rabu, 27 Desember 2017, menjadi hari yang tak terlupakan bagi Fildan Rahayu. Di hari itu, Fildan berhasil menyandang predikat sebagai jawara D'Academy Asia 3 atau Akademi Dangdut Asia. Ia berhasil mengalahkan pesaing terberatnya Reza dan Aulia. 

Gelar Konser di Tengah Pandemi, Fildan Rahayu DA Diperiksa Polisi

Dalam malam Grand Final tersebut, Fildan mendapat tantangan membawakan lagu duet dan bernyanyi solo. Dalam tantangan duet, Fildan tampil dengan Lesti. Kedua penyanyi ini membawakan lagu Gerimis Melanda Hati. Fildan dan Lesti membawakan lagu ini sepenuh hati dan penuh penghayatan sehingga membuat komentator serta enam juri dari sejumlah negara di Asia Tenggara berkaca-kaca. 

Mereka larut dengan lagu yang dibawakan Fildan. Suara Fildan yang unik dan merdu ditambah dengan suara Lesti, membuat keduanya mendapat pujian. Iyeth Bustami selaku komentator tak dapat menutupi rasa bangganya terhadap Fildan. 

Reaksi Fildan Kalahkan Nassar dan Didi Kempot di IDA 2019

Ditantangan solo, di saat kedua finalis lain membawakan lagu melow, pria asal Bau Bau, Sulawesi Tenggara ini tampil mengejutkan dengan membawakan lagu, Hikayat Cinta. Dalam lagu tersebut, Fildan tak hanya menampilkan suara khasnya, tetapi juga kemampuannya bermain suling dan menaklukkan nada-nada tinggi lagu yang dibawakan Glenn Fredly dan Dewi Perssik tersebut.

Tak hanya komentator yang berdiri memberikan standing ovations, enam juri juga ikut berdiri dan memberikan tepuk tangan atas penampilan ayah satu orang anak tersebut. 

Selamat, Fildan Jawara D'Star 2019 Raih Hadiah Rp750 Juta

Setelah itu, juri yang terdiri dari Hetty Koes Endang (Indonesia), Pak Ngah (Malaysia), Hans (Brunei Darussalam), Mayuni Omar (Singapura), Kerry (Thailand), dan Didinho (Timor Leste) membacakan penilaian mereka. 

Pada grand final malam pertama, Reza dan Fildan mendapatkan nilai yang sama, 578. Keduanya bersaing ketat. Dan di malam kedua, saat mengumumkan detik-detik kemenangan, suasana sangat tegang. Reza yang dibacakan lebih dulu mendapatkan nilai yang bagus dari para juri. Ia mengumpulkan nilai 582, totalnya menjadi 1.160. Sedangkan Fildan, lima juri memberinya nilai 98, serta 99 dari Hetty Koes Endang. Di malam kedua, Fildan mengumpulkan nilai sebesar 589. 

Fildan langsung sujud syukur saat Pak Ngah membuka kertas nilainya, dan tertulis angka 98, yang berarti ia lebih unggul dari Reza. Nilai total untuk Fildan adalah 1.167. Perbedaan nilai Fildan dan Reza sebesar tujuh poin. 

Atas kemenangan dalam pencarian bakat dangdut tingkat Asia tersebut, Fildan berhasil meraih uang sebesar Rp150 juta, liburan ke Brunei dan terbang dengan kelas bisnis ke London dari Royal Brunei.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya