Siapkan Tisu! Ini 10 Rekomendasi Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa

Hotarubi no Mori e (To The Forest of Firefly Lights)
Sumber :
  • Tangkapan Layar: YouTube

VIVA – Anime sedih merupakan salah satu genre yang cukup digemari oleh para pecinta anime di Tanah Air. Anime sedih ini dapat menjadi salah satu rekomendasi untuk ditonton karena dapat membantu kamu untuk meluapkan emosi yang akan membuat baper dan bahkan sampai menangis.

Cerita Herjunot Ali yang Sudah 20 Tahun Jadi DJ

Tapi, sebelum menonton anime sedih ini, terdapat beberapa hal yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu. Pasalnya, anime tersebut akan mengoyak hati kamu sampai terbawa suasana. Jadi, siapkan tisu di dekatmu. Kamu juga harus menyiapkan mental karena mungkin saja akan terbawa sampai mimpi. Nah, berikut rekomendasi anime sedih terbaik yang disadur dari flokq.com.

Lalu, Apa Saja Rekomendasi Anime Sedih?

Deretan Film Internasional Ini Resmi Tayang di Indonesia, Ada Peraih Penghargaan Bergengsi

Koe no Katachi (A Silent Voice) – 2016

Koe no Katachi (A Silent Voice)

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube
Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

Anime ini membahas tema yang sedikit berbeda yaitu tentang bullying. Anime yang berjudul “A Silent Voice” ini menceritakan tentang Shouko Nishimiya, seorang gadis tunarungu yang pindah ke sekolah dasar. Di sekolah barunya ia sering dibully oleh Shouya Ishida, yang membuat Shouko pindah sekolah.

Akibat perbuatan Shouya, teman-temannya menggertaknya dan itu membuatnya menjadi sosok yang pendiam. Shoya berusaha keras untuk mendapatkan pengampunan darinya. Melihat upaya ini, kamu akan merasakan gejolak emosi yang diperankan dengan jalan cerita yang menyedihkan.

Kimi no Na wa (Your Name) – 2016

Kimi no Na wa (Your Name)

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Film anime “Your Name” menjadi salah satu film terpopuler akhir-akhir ini, karena orang-orang dibuat takjub dengan eksekusi visualnya yang memukau. Oleh karena itu, film ini berhasil mendapatkan predikat sebagai anime terbaik di Jepang pada tahun 2016.

Film ini menceritakan tentang seseorang yang berada di dalam tubuh orang lain, dan mereka mencoba untuk beradaptasi dan menemukan satu sama lain untuk memahami kejadian aneh ini. Film ini bisa membuat kamu merasa seperti sedang menaiki rollercoaster. Manis, lucu, juga sedih sampai bikin nangis.

Boku dake ga Inai Machi (Erased) – 2016

Boku dake ga Inai Machi (Erased)

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Anime ini menceritakan kisah misterius. Bila kamu merupakan penggemar cerita detektif, kamu pasti akan menyukai anime ini. Erased menceritakan kisah kehidupan seorang komikus yang berusia 29 tahun.

Ia bernama Satoru Fujinuma dan ia juga yang menemukan fakta bahwa ia bisa bergerak mundur dalam waktu. Walaupun ia belum menguasai kekuatan tersebut. Dia memakai kemampuan tersebut untuk melaksanakan hal-hal baik.

Shigatsu wa Kimi no Uso (Your Lie in April) – 2016

Shigatsu wa Kimi no Uso (Your Lie in April)

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Your Lie in April merupakan satu di antara anime sedih populer yang melukiskan pentingnya cinta dan persahabatan lewat musik. Film ini diawali dengan seorang pianis bernama Arima Kousei yang trauma bermain piano akibat kematian ibunya.

Kemudian ia bertemu dengan Miyazono Kaori, seorang gadis pemain biola, yang rupanya ingin membuat Kousei kembali bermain musik. Betapa dekat dan indahnya hubungan antara kedua karakter tersebut justru membawa kita ke dalam jurang kesedihan yang mendalam.

Ookami kodomo no Ame to Yuki (Wolf Children) – 2012

Ookami kodomo no Ame to Yuki (Wolf Children)

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

“Wolf Children” adalah film yang bercerita tentang perjuangan seorang ibu bernama Hana yang membesarkan kedua anaknya yang setengah manusia dan setengah serigala.

Karena dianggap berbahaya oleh tetangganya, Hana memutuskan untuk pindah bersama kedua anaknya yang tidak bisa mengendalikan perubahan mereka. Di tempat tinggal barunya, kesabaran Hanna dalam merawat kedua anak serigala tersebut benar-benar diuji.

Hotarubi no Mori e (To The Forest of Firefly Lights) – 2011

Hotarubi no Mori e (To The Forest of Firefly Lights)

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Rekomendasi anime sedih yang pertama cukup terkenal, jadi para penggemar Anime pasti sudah tidak asing lagi dengan film ini. Anime pendek berdurasi kurang lebih 45 menit ini sukses membuat dada sesak.

“To the Forest of Firefly Lights” menceritakan kisah seorang gadis kota bernama Takegawa Hotaru dan kisah cinta pertamanya dengan roh jin yang terlihat seperti manusia dan menggunakan topeng. Namun ada masalah, manusia tidak bisa menyentuh jin, atau jin akan hilang selamanya.

Film romantis yang tragis ini menunjukkan bagaimana dua manusia yang sangat mencintai satu sama lain, tetapi tidak akan pernah bersama karena hal-hal yang berada di luar kendali mereka. Hubungan mereka akan membuat kamu menangis tersedu-sedu.

Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai (Anohana: They Flower We Say That Day) – 2011

Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Terlepas dari judulnya yang panjang, film ini merupakan anime sedih terbaik yang akan membekas di hati karena ceritanya. Anohana menceritakan tentang persahabatan dan tragedi, yaitu tentang persahabatan 6 anak SD yang manis. Namun, segalanya berubah total, ketika salah satu teman mereka, Menma, meninggal.

Lima teman yang tersisa saling menyalahkan, membanjiri mereka dengan pikiran mereka sendiri. Mereka semua berusaha menghabiskan hari demi hari untuk menghilangkan rasa bersalah mereka, sampai salah satu dari mereka didekati oleh roh Menma yang gentayangan.

Clannad: After Story – 2009

Clannad: After Story

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Selanjutnya, kita memiliki "Clannad: After Story". Ini adalah sekuel Clannad animasi yang sebelumnya disiarkan. Film ini menceritakan tentang seorang remaja nakal Tomoya yang tinggal bersama ayahnya. Suatu saat ia bertemu dengan Nagisa dan kemudian menjadi sepasang kekasih.

Tomoya dan Nagisa harus melalui banyak rintangan dalam hidup, terutama di bagian yang menceritakan kehidupan Tomoya dengan putranya, Ushio. Drama romantis yang menggambarkan kisah cinta dan keluarga bisa dirasakan di sini.

Sen to Chihiro no Kamikakushi (Spirited Away) – 2001

Sen to Chihiro no Kamikakushi (Spirited Away)

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Anime sedih yang terakhir adalah Sen to Chihiro no Kamikakushi yang terkenal, tapi lebih dikenal sebagai Spirited Away. Merupakan film anime yang menceritakan tentang seorang gadis berusia 10 tahun bernama Chihiro Ogino yang baru saja pindah rumah bersama orang tuanya.

Orang tua Chihiro serakah sehingga mereka berubah menjadi babi. Chihiro harus melakukan sesuatu untuk bisa mengembalikan orang tuanya. Agar orang tuanya kembali menjadi manusia, Chihiro perlu bekerja untuk roh. Banyak hal menyedihkan yang akan terjadi saat Chihiro berusaha memenuhi tugasnya.

Hotaru no Haka (Grave of the Fireflies) – 1988

Hotaru no Haka (Grave of the Fireflies)

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Para penggemar anime pasti pernah mendengar anime ini. “Grave of the Fireflies” merupakan salah satu karya Hayao Miyazaki yang tayang perdana pada tahun 1988. Anime ini mengambil kisah nyata dari Perang Dunia II yang sedang berlangsung.

Saudara-saudara menjadi korban bom atom yang dijatuhkan oleh Amerika di Hiroshima dan Nagasaki. Perjuangan hidup saudara-saudara ini selama perang ini benar-benar akan membuat kamu meneteskan air mata. Di akhir cerita, kamu akan mengerti arti dari kunang-kunang yang menjadi judul anime ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya