Rating Tinggi, Drakor Extraordinary Attorney Woo Picu Perdebatan

Park Eun Bin dalam drakor Extraordinary Attorney Woo
Sumber :
  • twitter @daheeverse

VIVA Showbiz – Popularitas drakor yang sukses meraih rating tinggi, Extraordinary Attorney Woo memicu perdebatan apakah mungkin ada seorang pengacara dengan autisme dalam kehidupan nyata? Karakter utama Woo Young Woo, yang diperankan oleh aktris Park Eun Bin, diketahui memiliki Autism Spectrum Disorder (ASD) atau gangguan spektrum autisme yang berpengaruh sangat tinggi dalam mempelajari hukum di pengadilan.

Makin Panas, Hotman Paris Tantang Rocky Gerung Adu Jotos di Ring Tinju

Berkat penampilan Park Eun Bin yang realistis dalam drama tersebut, banyak yang bertanya-tanya apakah pengacara dengan gangguan tersebut mungkin terjadi dalam kehidupan nyata.

Melansir AllKpop, meskipun ada beberapa pengacara dengan ASD di Amerika Serikat, tetapi tidak seorangpun di antara 26.486 pengacara terdaftar di Korea Selatan yang mengalami ASD.

Sinopsis Branding in Seongsu Episode 1: Trik Kim Ji Eun Atasi Pemagang yang Bikin Frustasi

Namun, tidak sepenuhnya mustahil bagi seseorang dengan ASD untuk menjadi pengacara karena tidak ada diskriminasi untuk disabilitas. Siapapun yang lulus dari 25 sekolah hukum terakreditasi di Korea dapat mengikuti ujian pengacara dan menjadi seorang pengacara profesional.

Park Eun Bin dan Kang Tae Oh dalam drakor Extraordinary Attorney Woo

Photo :
  • twitter @daheeverse
Dikompori Agar Debat Lawan Hotman Paris, Rocky Gerung: Cincin Beliau Lebih Berkilau dari Otaknya

Pengacara Shin Min Young percaya bahwa pengacara dengan ASD sangat memungkinkan mengingat ditemuinya beberapa hakim yang aktif memiliki cacat visual maupun pendengaran.

"Meskipun tidak benar-benar sebanding, mereka yang memiliki cacat visual atau pendengaran telah aktif sebagai hakim selama lebih dari satu dekade. Saya percaya seorang pengacara autis juga memungkinkan," kata Shin Min Young.

Pengacara Ji Yong Chul mengungkapkan bahwa pengacara dengan ASD mungkin akan sulit untuk melaksanakan tugasnya karena stereotip dalam masyarakat. Namun, jika orang tersebut mampu bersaing dan membuktikan kemampuan dirinya, maka itu akan membalikkan keadaan.

"Saya akan selalu menyambut seseorang dengan penuh semangat dan semangat. Perspektif baru seperti Woo Young Woo sebagai rekan setimku," kata Ji Yong Chul.

Park Eun Bin dan Kang Tae Oh dalam drakor Extraordinary Attorney Woo

Photo :
  • twitter @daheeverse

Di sisi lain, partner di firma hukum The Kim, Park Kyu Chul, justru tidak setuju dengan pengacara yang memiliki ASD. Baginya, sebuah kasus perlu melalui berbagai penelitian yang panjang daripada hanya memunculkan perspektif-perspektif baru. Oleh karena itu, seorang pengacara perlu memahami dan mengerti penelitian yang dilakukan untuk memecahkan kasus kliennya.

"Tidak ada satu kasuspun yang dibatalkan karena asupan yang jenius. Ada preseden dan undang-undang yang membuat kasus dapat diprediksi. Penelitian yang berkepanjangan lebih bermanfaat bagi klien daripada perspektif baru tentang sebuah kasus," kata Park Kyu Chul.

"Saya ingin tahu apakah klien yang putus asa akan menerima pengacara yang agak tidak konvensional sebagai perwakilan hukumnya," sambungnya.

Park Eun Bin dalam drakor Extraordinary Attorney Woo

Photo :
  • twitter @daheeverse

Drama Extraordinary Attorney Woo menceritakan tentang Woo Young Woo (Park Eun Bin) yang sangat pintar dengan gangguan ASD. Dia tidak pernah melupakan apa yang dia lihat, tetapi dia kurang dalam keterampilan sosial dan empati.

Woo Young Woo mulai bekerja sebagai pengacara magang di sebuah firma hukum besar. Saat bekerja di sana, dia menghadapi prasangka dan irasionalitas tetapi ia mampu memecahkan kasus dengan perspektif uniknya sendiri dan berhasil menjadi seorang pengacara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya