Deretan Drama ini Dinilai Mirip dengan Kasus Pembunuhan Brigadir J

Through The Darkness.
Through The Darkness.
Sumber :
  • Soompi

VIVA Showbiz – Kasus kematian Brigadir J, belakangan menyita perhatian luas masyarakat. Brigadir J diketahui tewas ditembak di rumah dinas Kadiv Propam nonaktif Irjen Pol Ferdy Sambo di kawasan Duren Tiga Jakarta Selatan pada 8 Juli 2022 lalu.

Kematian Brigadir J yang dianggap tak wajar membuat keluarga Brigadir J meminta pihak kepolisian untuk melakukan otopsi ulang terhadap jenazah Brigadir J.

Dari kasus ini diketahui Bharada E ditetapkan sebagai tersangka lantaran diketahui melepaskan peluru tajam ke Brigadir J.

Tidak lama berselang tiga orang lainnya juga ditetapkan sebagai tersangka termasuk yang terbaru adalah Kadiv Propam nonaktif Irjen Pol Ferdy Sambo.

Ditetapkan sebagai tersangka pada awal pekan ini, Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Agus Andrianto mengungkap peran Irjen Pol Ferdy Sambo di kasus kematian Brigadir J.

Peran pertama yang dilakukan Ferdy Sambo ialah menyuruh pembunuhan Brigadir J. Ia menyuruh tersangka Bharada E untuk menembak Bharada J di rumah dinasnya di Komplek Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Kemudian peran yang kedua ialah melakukan pembunuhan terhadap Brigadir J. Sementara yang ketiga ialah merancang skenario seolah-olah ada aksi tembak menembak.

Tidak sedikit dari masyarakat yang juga menghubungkan kasus kematian yang melibatkan institusi kepolisian ini mirip dengan kisah drama Korea bergenre kriminal yang pernah mereka tonton.

Beberapa kemiripannya itu antara lain, cerita kematian yang misterius, keterlibatan petinggi kepolisian hingga skenario rekayasa untuk menutupi kasus tersebut.

Beberapa drama Korea berikut ini dinilai mirip jalan ceritanya dengan kasus tersebut.

1. Mouse

Mouse.

Mouse.

Photo :
  • tvN

Drama yang tayang pada 2021 dan dibintangi oleh Lee Seung Gi berhasil menarik perhatian para penggemar drama Korea. Drama ini juga membahas tentang kasus pembunuhan berantai yang dilakukan seorang psikopat dan membuat seluruh negeri dalam ketakutan.

Berkisah tentang Jung Ba Reum (Lee Seung Gi) adalah seorang perwira polisi pemula, bekerja di sebuah gardu polisi. Dia adalah orang yang jujur dan berusaha untuk mencapai keadilan.

Dia menghadapi seorang pembunuh psikopat, yang menempatkan seluruh bangsa dalam ketakutan. Kehidupan Jung Ba Reum benar-benar berubah setelahnya.

2. Through The Darkness

Through The Darkness.

Through The Darkness.

Photo :
  • Soompi

Drama yang diperankan oleh Kim Nam Gil, Kim So Jin, hingga Ryeoun ini juga berhasil menarik perhatian para pecinta drama bertema kriminal. Drama ini menceritakan tentang rentetan pembunuhan berantai yang meresahkan warga Korea.

Dalam episode awal, pihak kepolisian diketahui sempat salah mencari siapa dibalik pembunuhan berantai di kawasan perumahan elit di Korea.

Pihak kepolisian juga dibuat bingung lantaran beberapa pelaku kriminal melakukan tindakan serupa untuk melakukan kejahatan dengan dalil terinspirasi dari penjahat yang disebut dengan 'Red hat'.

Untuk mengatasi kasus-kasus tersebut akhirnya dibentuk divisi khusus yang mana tiga orang polisi yakni Song Ha Yeon, Jung Woo Jo, dan Guk Yeong Su yang mana ketiga mengungkap dalang pembunuhan berantai dengan menggunakan metode meneliti kepribadian para penjahat.

3. Watcher

Drama yang tengah on going ini juga menarik perhatian para penggemar drama Korea. Drama ini bercerita tentang  Do Chi Gwang (Han Suk Kyu), Kim Young Koon (Seo Kang Joon) dan Han Tae Joo (Kim Hyun Joo) dihancurkan oleh perselingkuhan yang tragis. Mereka menjadi anggota tim investigasi urusan internal kepolisian dan berusaha menggali kebenaran siapa dalang dibalik peristiwa tragis tersebut.

Do Chi Gwang adalah seorang detektif elit. Dia bijaksana dan cerdas. Dia juga bangga dengan catatannya menangkap penjahat. Setelah melalui serangkaian kasus, ia menyadari pentingnya pekerjaan yang dilakukan oleh polisi pada korupsi. Do Chi Gwang kemudian menjadi kepala tim investigasi urusan internal.

Kim Young Koon adalah seorang perwira polisi dan anggota tim patroli keliling. Dia bersikap dingin kepada orang lain, tetapi dia sebenarnya lembut dengan kepribadian yang hangat.

Dia tidak bergaul dengan orang lain. Secara tidak sengaja, dia bertemu dengan Do Chi Gwang. Do Chi Gwang terlibat dalam perselingkuhan tragis, yang Kim Young Koon coba lupakan. Untuk menemukan kebenaran di balik kasus itu, ia bergabung dengan tim investigasi urusan internal.

Han Tae Joo adalah seorang pengacara populer. Di masa lalunya, dia bekerja sebagai jaksa. Dia terjerat dalam sebuah kasus secara tak terduga dan selamat meskipun hidupnya dalam bahaya besar.

Dia kemudian berhenti dari pekerjaannya sebagai jaksa dan menjadi pengacara. Dia bertemu Do Chi Gwang dan Kim Young Koon dan bergabung dengan tim urusan internal mereka.

4. Military Prosecutor Doberman

Drama ini berkisah tentang institusi penegakan hukum di institusi militer. Dalam drama ini

Do Bae Man (Ahn Bo Hyun) adalah jaksa militer untuk menemukan kesuksesan dan kekayaan. Dia kemudian bertemu dengan Cha Woo In (Jo Bo Ah) yang berasal dari keluarga chaebol kaya dan dia bekerja sebagai jaksa militer pemula.Cha Woo-In juga menjadi jaksa militer untuk membalas dendam.

Do Bae Man & Cha Woo In mulai bekerja sama saat mereka menghancurkan kejahatan di militer. Salah satu kasus yang mereka tangani adalah kasus penembakan seseorang oleh seseorang yang ternyata didalangi oleh seorang perwira.

5. Beyond Evil

Drama yang tayang di tahun 2021 lalu ini bercerita tentang Lee Dong Sik (Shin Ha Kyun) yang pernah menjadi detektif  cakap. Dia sekarang bekerja di Kantor Polisi Manyang di sebuah kota kecil dan melakukan semua pekerjaan yang membosankan di stasiun. Suatu hari, Detektif Han Joo Won (Yeo Jin Goo) dipindahkan ke kantor polisi yang sama. Dia ditugaskan untuk bekerja sebagai bos Lee Dong-Sik dan juga rekannya.

Han Joo Won adalah seorang detektif elit dan berasal dari latar belakang yang terhormat. Ayahnya memiliki peluang bagus untuk menjadi kepala berikutnya di Badan Kepolisian Nasional. Han Joo Won juga punya rahasia.

Sebuah kasus pembunuhan berantai terjadi di kota kecil yang damai. Kasusnya adalah kasus pembunuhan berantai yang sama yang terjadi 20 tahun lalu dan mengubah hidup Lee Dong Sik. Kedua detektif bekerja untuk menangkap si pembunuh.

6. D.P

Drama yang tayang di Netflix tahun 2021 lalu ini dibintangi oleh sederet aktor kenamaan seperti Jung Hae In, Son Sok Ku, hingga Koo Kyo Hwan). Drama ini bercerita tentang seseorang prajurit muda bernama An Jun Ho (Jung Hae In) yang bertugas di unit Deserter Pursuit sebagai bagian dari wajib militernya.

Bersama seniornya, Han Ho Yeol (Koo Kyo Hwan), keduanya menemukan berbagai kisah saat melacak para tentara yang kabur dari pos mereka.

Salah satu cerita yang menarik di sini adalah terkait dengan aksi balas dendam yang dilakukan oleh Kim Il Seok (Kim Bum Soo) kepada seniornya Hwang Jang Soo (Shin Seung Ho).

Kim Il Seok sendiri melakukan balas dendam kepada seniornya itu lantaran tindakan bullying yang dilakukannya bersama dengan sejumlah rekannya. Bahkan kala itu, petinggi di wajib militer sempat mengirim satu kompi pasukan untuk mencari Kim Il Seok yang kabur dan memerintahkan mereka membunuh Kim Il Seok lantaran dianggap membahayakan.