Cerita Asli Serial In the Name of God: A Holy Betrayal Jauh Lebih Mengerikan

In the Name of God: A Holy Betrayal.
Sumber :
  • Netflix.

VIVA Showbiz – Serial dokumenter Netflix In the Name of God: A Holy Betrayal mendapatkan banyak perhatian karena kisahnya yang diangkat dari kenyataan yang keras tentang empat kultus Korea dan korban yang terkena dampak kejahatan pemimpin kultus tersebut.

Film 13 Bom Raih Penghargaan Internasional, Sutradara Angga Sasongko Bangga

Cho Sung Hyun selaku sutradara serial dan produser dokumenter di MBC, menceritakan bagaimana rasanya membuat serial dokumenter ini. Yuk, scroll untuk tahu cerita lengkapnya.

Pertama, dia berbagi bahwa dia memiliki ide untuk membuat film dokumenter ini karena dia mengenal banyak orang yang terpengaruh oleh aliran sesat.

Penampilan Terkini Pemeran Sun Go Kong di Serial Populer 1990-an Kera Sakti

Ilustrasi aliran sesat.

Photo :
  • Pixabay/ Matryx

“Sejak saya masih muda, ada banyak orang di sekitar saya yang menjadi korban aliran sesat, dan setelah saya mulai membuat film dokumenter, topiknya hampir seperti pekerjaan rumah bagi saya," kata Cho Sung Hyun, mengutip Koreaboo, Selasa 7 Maret 2023.

Jadi Trending Topik, Deretan Scene Queen of Tears Episode 10 yang Menguras Hati

Setelah bertahun-tahun mempelajari dan mengamati sekte-sekte ini, dia mengusulkan untuk membuat serial dokumenter tentang mereka ke Netflix.

Adegan pertama acara tersebut adalah cuplikan wawancara dengan Maple, korban dari kultus Misi Injil Kristen (juga dikenal sebagai JMS atau Providence). Dalam sepuluh menit pertama serial tersebut, penonton dikejutkan dengan pengakuan Maple bahwa dia telah dilecehkan secara seksual oleh pemimpin Jeong Myeong Seok dalam rekaman suara yang ia bagikan.

Namun, sutradara Cho Sung Hyun mengakui kebenaran yang lebih mengejutkan bahwa peristiwa tragis yang ditampilkan dalam serial dokumenter ini hanyalah 10 persen dari kenyataannya.

“Saya sadar ada kontroversi mengenai konten seksual, tapi yang penting semua yang dikatakan itu benar. Sulit bagi kami untuk mendengarkan konten sambil mengumpulkan kesaksian karena ceritanya sangat traumatis. Namun demikian, kami harus mengatakan yang sebenarnya, dan kami hanya mengatakan apa yang perlu dikatakan yang menurunkan 'level' menjadi sepersepuluh dari kenyataan," kata sang sutradara.

Sutradara Cho Sung Hyun kemudian berbagi mengapa dia menambahkan rekaman suara dari kekerasan seksual yang dialami Maple sebagai adegan pertama acara tersebut.

In the Name of God: A Holy Betrayal.

Photo :
  • Netflix.

Meskipun audiens akan merasa adegan itu mengganggu dan sulit untuk mendengarkannya, dia percaya bahwa anggota JMS akan menonton serial dokumenter ini karena penasaran. Dia berharap sepuluh menit pertama menunjukkan kepada mereka semua yang perlu mereka ketahui tentang kultus tersebut lalu menyadari kebenaran dan bertanya, "Apakah dia benar-benar Mesias?"

Sambil menyoroti empat sekte melalui serialnya, Cho Sung Hyun mengatakan bahwa dia fokus pada peristiwa dan agama yang sangat merusak martabat manusia dan mendekati area yang paling aktif dibagikan dan diinformasikan oleh para korban. Dia juga mengumumkan rencana tak terduga untuk musim kedua.

"Saya tidak punya rencana untuk membuat season 2 bahkan ketika acara ini pertama kali dirilis, tetapi saya berubah pikiran ketika saya melihat orang-orang meninggalkan sekte setelah menonton 'In The Name Of God: A Holy Betrayal," kata Cho Sung Hyun.

Terakhir, dia membagikan keprihatinannya kepada siapa pun dalam aliran sesat. 

“Agama kultus menyulut orang untuk merasa bahwa kebahagiaan itu negatif dan berdosa. Jika ada yang menghadiri gereja seperti itu, saya harap mereka segera menyadarinya," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya