Sinopsis Lone Survivor, Perjuangan Mark Wahlberg di Afghanistan

Lone Survivor
Sumber :
  • IMDb

VIVA – Film Lone Survivor diangkat dari kisah nyata dan novel dengan judul yang sama. Film ini menceritakan SEAL Angkatan Laut Amerika Serikat yang gagal, Operasi Red Wings, di mana tim pengintai SEAL yang beranggotakan empat orang ditugaskan untuk melacak pemimpin Taliban Ahmad Shah. Film ini banyak meraih pujian dari para kritikus film. Bahkan Lone Survivor berhasil masuk dalam dua nomasi Oscars untuk kategori Editing Suara dan Sound Mixing terbaik.

Sinopsis Film Hantu Polong, Kisah Misteri Seorang Mahasiswa dari Tanah Melayu

Bercerita pada tahun 2005 di Afghanistan, pemimpin Taliban Ahmad Shah bertanggung jawab atas pembunuhan lebih dari dua puluh Marinir Amerika Serikat, serta penduduk desa dan pengungsi yang membantu pasukan Amerika. Menanggapi pembunuhan ini, unit SEAL Angkatan Laut Amerika Serikat diperintahkan untuk melaksanakan misi kontra-pemberontak untuk menangkap Shah. Mereka mengirim empat orang tim pengintai SEAL ditugaskan untuk menemukan Shah. Keempat SEAL itu adalah pemimpin tim Michael Murphy, sang penembak jitu Marcus Luttrell dan Matthew Axelson dan spesialis komunikasi Danny Dietz.

Tim dimasukkan ke wilayah Hindu Kush di Afghanistan, di mana mereka melakukan perjalanan melalui pegunungan. Mereka mulai mengalami masalah komunikasi. Sesampainya di lokasi yang ditentukan, SEAL secara tidak sengaja ditemukan oleh penggembala kambing lokal, yang ditahan oleh SEAL.

Sinopsis 13 Bom di Jakarta, Ditonton Lebih dari 100 Ribu Orang di Hari Pertama Penayangan

Mereka khawatir jika membebaskan penggembala tersebut maka bukan tak mungkin kehadiran  mereka kan dibocorkan ke pasukan Taliban. Mereka sempat berdebat akan menghabisi penggembala tersebut atau tidak. Akhirnya mereka memutuskan untuk membebaskan sang penggembala itu.

Mereka hendak membatalkan misi, sebelum meninggalkan tempat tersebut mereka telah dikepung Taliban. Jumlah pasukan tersebut jauh lebih banyak dan membuat pasukan yang dipimpin Murphy melompat ke tepi jurang besar.

Film Meg 2: The Trench, Ancaman Mengerikan dari Megalodon Raksasa

Meskipun cedera, SEAL membuat pertahanan melalui hutan curam. Dietz mulai kehilangan kesadaran dan meneriakkan berbagai pertanyaan kepada Luttrell, tanpa disadari mengungkapkan posisi tim. Murphy dan Axelson melompat dari pinggir jurang lain untuk memimpin pelarian. Sementara Luttrell mencoba membawa Dietz turun gunung, tetapi Dietz ditembak lagi. Luttrell tak mampu lagi memegang Dietz.

Dietz jatuh dan kemudian terbunuh. Murphy mencoba untuk naik kembali ke tebing untuk mendapatkan sinyal telepon satelit untuk meminta bantuan. Ketika dia akhirnya mencapai tempat yang lebih tinggi, Murphy mampu mengingatkan unitnya tentang kesulitan timnya dan meminta bantuan sebelum dia terbunuh. Bantaun datang, namun salah satu helikopter ditembak jatuh. Hal itu buat dua helikopter lain mundur.

Luttrell dan Axelson dibiarkan berjuang sendiri. Axelson berusaha mencari perlindungan tetapi terbunuh ketika dia meninggalkan tempat persembunyiannya untuk menyerang beberapa pemberontak yang mendekat. Ketika Luttrell ditemukan oleh Taliban, salah satu pemberontak menembakkan sebuah granat berpeluncur roket, dan dampaknya melemparkannya ke dasar celah batu tempat ia dapat bersembunyi dari Taliban dan akhirnya melarikan diri.

Luttrell menemukan sebuah genangan air di mana seorang warga desa Pashtun setempat, Mohammad Gulab, menemukannya. Gulab membawa Luttrell, kembali ke desanya. Gulab kemudian mengirim seorang pria gunung ke pangkalan Amerika terdekat untuk memperingatkan mereka tentang lokasi Luttrell. Pejuang Taliban tiba di desa untuk mengambil Luttrell, tetapi Gulab dan penduduk desa turun tangan, mengancam akan membunuh pejuang jika mereka menyakiti Luttrell. Para pejuang pergi, tetapi kemudian kembali untuk menghukum penduduk desa karena melindungi Luttrell. Gulab dan desanya awalnya mampu menangkis para penyerang tetapi tidak bertahan lama. Untungnya pasukan Amerika tiba tepat waktu.

Lone Survivor dibintangi oleh Mark Wahlberg, Taylor Kitsch, Emile Hirsch, Ben Foster dan Eric Bana. Film ini disutradarai Peter Berg dan banyak menuai pujian terkait Teknik penyutradaraannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya