Sinopsis Elysium, Ketika Bumi Tak Lagi Layak Dihuni

Elysium
Sumber :
  • Dok Elysium

VIVA – Bagaimana jika di kehidupan masa depan, status sosial dan ekonomi sangat berpengaruh akan kualitas hidup masyarakat dan tak ada seorang pun yang bisa mengganggu gugat hal tersebut? Inilah yang menjadi salah satu dari poin utama di film Elysium besutan sutradara Neill Blomkamp.

Sinopsis Film Hantu Polong, Kisah Misteri Seorang Mahasiswa dari Tanah Melayu

Film ini dibintangi oleh Matt Damon. Jodie Foster, Sharlto Copley, Alice Braga, Diego Luna, Wagner Moura dan William Fichtner. Elysium yang dirilis pada tahun 2013 lalu ini merupakan film fiksi ilmiah yang mengambil tema kondisi Bumi di masa depan.

Sutradara Blomkamp mengaku bahwa film ini lebih dari sekadar film fiksi ilmiah lainnya. Ia mengatakan bahwa Elysium digambarkan berdasarkan keadaan Bumi yang terjadi saat ini.

Film Siksa Kubur Bakal Tayang Juga di Luar Negeri? Ini Kata Joko Anwar

Tayang malam ini, Kamis, 25 Juni 2020 di TV, bagaimana kisah filmnya?

Dihimpun dari berbagai sumber, Elysium mengambil latar waktu masa depan, yakni tahun 2154, di mana tahun ini kehidupan Bumi berubah karena populasi penduduk serta tingkat polusi yang terlalu tinggi. Perang, penyakit, bahkan kemiskinan terjadi pada Bumi.

Teuku Ryan Buktikan Cintanya di Film Baru! Ini Tantangan Terberat Suami Ria Ricis

Pada akhirnya, terdapat dua status sosial yang terbentuk atas peristiwa tersebut. Kaum elit yang memiliki kekayaan, baik secara ekonomi maupun sosial memutuskan untuk pindah tempat tinggal menuju koloni luar angkasa bernama Elysium, di mana tempat ini merupakan tempat tinggal impian semua orang di dunia.

Sedangkan mereka yang tidak mampu, harus rela tinggal di Bumi yang sudah tercemar polusi dan hanya mampu bermimpi untuk bisa tinggal di Elysium suatu saat nanti.

Max Da Costa (Matt Damon) adalah seorang anak yatim piatu yang juga memiliki mimpi untuk tinggal di Elysium. Max pun juga berjanji kepada Frey (Alice Braga), temannya di panti asuhan, untuk mengajaknya ke sana suatu saat nanti. Namun perlahan-lahan, ia mulai melupakan impiannya untuk tinggal di Elysium hingga sebuah kejadian mengubah pikirannya.

Max sekarat setelah mengalami kecelakaan di pabrik tempatnya bekerja dan hanya memiliki waktu lima hari untuk bisa tetap hidup. Satu-satunya cara untuk dapat menyembuhkan dirinya adalah dengan menggunakan kapsul yang hanya bisa diakses di Elysium.

Dalam depresi untuk bisa tetap hidup, Max meminta bantuan kepada Spider (Wagner Moura) untuk bisa mengirimkan dirinya menuju Elysium. Sebagai ganti untuk bisa mendapatkan akses menuju Elysium, Max harus menuruti permintaan Spider sekaligus menggunakan pakaian exoskeleton yang nantinya akan menyatu dengan tubuh Max guna meningkatkan kemampuan fisiknya.

Tidak hanya meningkatkan fisik semata, pakaian tersebut juga dilengkapi alat transfer data yang akan sangat berguna ketika menjalankan misi dari Spider. Untuk menyukseskan misi tersebut, Max harus berhadapan dengan beberapa tokoh antagonis seperti Kruger (Sharlto Copley), agen rahasia dari Sekretaris Badan Pertahanan Elysium, Jessica Delacourt (Jodie Foster).

Berhasilkan Max menjalankan misi dari Spider guna mendapatkan tiket menuju Elysium seperti yang ia inginkan?

Film berdurasi 109 menit ini mendapat skor 6.6/10 di situs Rotten Tomatoes.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya