Sinopsis Patriots Day, Diangkat Dari Peristiwa Nyata di Boston

Patriots Day.
Patriots Day.
Sumber :
  • IMDb

VIVA –  Film merupakan suatu karya yang dibuat oleh para sineas untuk memberikan hiburan dan menjadi reka ulang terjadinya suatu peristiwa. Salah satu film yang dibuat dan diangkat dari peristiwa nyata salah satunya adalah 'Patriots Day'. Secara garis besar film yang didasarkan pada kisah dalam buku dari karya Casey Sherman dan Dave Wedge yang berjudul ‘Boston Strong’ tersebut berkisahkan tentang tragedi bom di Marathon Boston, Amerika Serikat yang terjadi pada tahun 2013 lalu.

Film 'Patriots Day' dengan genre drama-thriller yang sudah dirilis pada 17 November 2016 ini disutradarai oleh Peter Berg dan dibintangi oleh sederet aktor terkenal seperti Mark Wahlberg, John Goodman, Michelle Monaghan, J.K. Simmons dan Kevin Bacon. Dalam film yang berdurasi 133 menit itu memperlihatkan aksi pencarian atau pemburuan para teroris yang diduga bertanggung jawab atas terjadinya tragedi bom tersebut. 

Diketahui, film  'Patriots Day' yang ditulis oleh Berg, Matt Cook, dan Joshua Zetumer dan diproduksi oleh CBS Films serta Lionsgate ini sudah berhasil meraup keuntungan sekitar US$52 juta atau Rp700 miliar dari keseluruhan penayangan secara global. Selain itu, juga mendapatkan skor 7.4 bintang dari IMDb yang merupakan kritikus film. 

Sinopsis Patriot Days
Sudut pandang yang diambil dari kisah film adalah dari sudut pandang seorang polisi bernama Sergeant Tommy Saunders yang diperankan oleh Mark Wahlberg. Pada saat itu acara Boston Marathon sedang berlangsung pada 15 April 2013 dan Saunders mendapatkan tugas untuk berjaga. Namun, selama berjaga dirinya mendapati gelagat dari kedua penonton yang menurutnya mencurigakan.  

Saunders terus mengamati mereka dan tak lama kemudian kecurigannya tersebut terbukti dengan bom yang meledak saat acara tengah berlangsung. Kedua bom meledak di dekat lokasi garis finish perlombaan marathon. Kekacauan pun mulai terjadi dan membuat seluruh orang yang berada dalam acara tersebut panik. 

Bahkan bom tersebut menelan sejumlah korban meninggal akibat luka parah yang dialami oleh orang-orang yang berada di dekat bom tersebut dan menyebabkan ratusan orang lainnya luka-luka. 

Korban yang mengalami luka-luka tercatat ada Patrick Downes (Christopher O'Shea) dan istrinya, Jessica Kensky (Rachel Brosnahan). Keduanya mengalami luka yang cukup parah sehingga harus dilarikan ke rumah sakit yang berbeda secara terpisah. 

Selain kedua pasangan suami istri tersebut ada juga korban lainnya bernama Steve Woolfenden yang merupakan seorang ayah dari putranya yang bernama Leo. Steve terpisah dengan anaknya dan juga mengalami luka akibat bom. Berhasil diselamatkan oleh polisi, Steve pun dibawa ke lokasi yang lebih aman. 

Setelah tragedi tersebut terjadi, FBI pun langsung menganalisis kejadian dengan memeriksa rekaman pengeboman. Setelah diusut FBI mengidentifikasi dua bersaudara, yakni Dzhokhar Tsarnaev dan Tamerlan Tsarnaev sebagai tersangka pengeboman. 

Meskipun keduanya teridentifikasi sebagai tersangka, foto-foto tidak dirilis ke publik karena masih membutuhkan bukti lain sebagai lanjutannya. Namun, ternyata foto-foto kedua bersaudara tersebut diketahui (bocor) ke pers sehingga  Dzhokhar Tsarnaev dan Tamerlan Tsarnaev pun mulai diburu dan dicari. 

FBI bersama dengan polisi pun mengejar Tsarnaev bersaudara yang juga berhasil melakukan penembakan kepada seorang perwira polisi. Kedua pelaku dalam film ini terus berpindah dan menghindar dari kejaran polisi dari satu tempat ke tempat lainnya. 

Akhirnya FBI dan polisi pun berhasil menemukan kedua pelaku di sebuah kapal yang ada di pekarangan seorang warga sipil dan mengepung Dzhokhar yang tengah  bersembunyi.

Berdasarkan peristiwa nyata, polisi berhasil meringkus Dzhokhar sebagai seorang pelaku teroris dan mendapatkan hukuman mati. Lantas bagaimana alur dalam filmnya sendiri? Berhasilkah Tsarnaev bersaudara ditangkap?