Beranda Login
img_title

Nadiem Makarim

pengusaha
4 April 1984
s/d
Sekarang
img_title img_title
Kemacetan lalu lintas di Jakarta yang dialaminya melahirkan sebuah ide bisnis menarik. Nadiem Makarim membuat aplikasi ojek online sebagai solusi transportasi penduduk kota. Ia rela meninggalkan kerjaan lamanya yang sudah nyaman demi membangun usahanya bernama Go-JEK.

Nadiem Makarim atau yang lebih dikenal dengan panggilan Nadiem lahir di Jakarta 4 Juli 1984 dari pasangan Nono Anwar Makarim dan Atika Algadrie. Ia adalah anak lelaki satu satunya dari pengacara ternama keturunan Arab asal Pekalongan, Jawa Tengah, Nono Anwar Makarim. Ayahnya seorang intelektual dan lawyer dengan gelar Doktor ilmu hukum lulusan Harvard.

Meski Nadiem adalah anak bungsu dari 3 bersaudara, ia tidak berperilaku manja. Justru ia tetap menunjukkan kemandiriannya. Setelah meluluskan jenjang pendidikan dasar dan menengahnya di Jakarta, ia melanjutkan SMA- nya di Singapura. Bahkan tak hanya di situ kemandiriannya, lulus dari Singapura, ia pergi ke Amerika untuk melanjutkan pendidikannya di Brown University Amerika Serikat.

Ia berhasil mendapat gelar BA di jurusan International Relations. Ia pun sempat mengikuti pertukaran pelajar di London School of Economics. Tidak puas dengan ilmu yang dimiliki, ia melanjutkan pendidikan layaknya sang ayah dan mengambil masternya di Harvard Business School dan mendapatkan gelar MBA (Master of Business Administration).

Pria lulusan Harvard ini memilih untuk kembali ke tanah airnya Indonesia, Nadiem tidak membutuhkan waktu yang lama untuk terjun ke dunia kerja. Berbekal ijazah yang dimilikinya, Nadiem direkrut di Management Consutant di McKinsey & Company, sebuah lembaga konsultan ternama yang berbasis di Jakarta. Di perusahaan ini, ia menghabiskan waktu 3 tahun.

Selain itu, ia juga  bekerja sebagai Co-founder dan Managing Editor di Zalora Indonesia kemudian menjadi Chief Innovation officer kartuku.

Dari latar belakang seorang ayah dan ibu yang bukan berasal dari kalangan pengusaha, Nadiem banting setir memilih jalur yang berbeda dari latar belakang keluarganya itu, naluri bisnis Nadiem memang sangat tajam. Ia dapat melihat sebuah peluang bisnis yang cocok dan dapat membantu banyak warga Indonesia.

Bermula dari pengalaman pribadinya kembali ke Jakarta untuk bekerja yang mempertemukan dirinya dengan kemacetan dan dengan jiwa enterpreneurshipnya itulah, pada 2011, ia mulai merintis perusahaan milik sendiri yang kemudian dikenal dengan nama GO-JEK, pesan ojek secara online.

Nadiem mengaku ia angkat kaki dari perusahaan sebelumnya haya karena ia tidak betah bekerja di perusahaan orang lain. Ia ingin mengontrol dirinya sendiri. Nadiem dengan cerdas memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada untuk kemudahan para pelanggan GO-JEK-nya. Aplikasi GO-JEK pun sudah bisa dirasakan manfaatnya oleh banyak orang.

Dalam perkembangannya, seperti dilihat dalam akun Go-Jek, GO-JEK tak hanya sebagai tarnsportasi online penumpang, tapi ia berkembang menjadi jasa antar barang (Go-Send), makanan (Go-Food), alat kesehatan, massage, dan kebersihan (Go-Clean). Kini Go-JEK sudah memiliki 200 ribu partner pengemudi motor dan mobil, 35 ribu merchant Go Food, dan 3.000 penyedia layanan lainnya. (BL/DN)


PENDIDIKAN
SD, Jakarta
SMA,  Singapura
S1, International Relations di Brown University, Amerika Serikat.
S2, Harvard Business School, Harvard University dan lulus dengan menyandang gelar MBA (Master Business Of   Administration)

KARIER
Karyawan, Management Consutant Mckinsey & Company, tiga tahun
Co-founder dan Managing Editor di Zalora Indonesia
Chief Innovation Officer Kartuku
CEO GO-JEK

Berita Terkait
Jadi 'Sponsor' Uji Coba Makan Bergizi Gratis, Saham GOTO Perlahan Bangkit dari Level Gocap

Jadi 'Sponsor' Uji Coba Makan Bergizi Gratis, Saham GOTO Perlahan Bangkit dari Level Gocap

Bisnis

24 Juli 2024
Satu Direktur Lagi Resign, Manajemen GOTO Ungkap Sosok Penggantinya

Satu Direktur Lagi Resign, Manajemen GOTO Ungkap Sosok Penggantinya

Bisnis

17 Juli 2024
Kronologi Selebgram Awkarin Dapat Ancaman dari Ojek Online

Kronologi Selebgram Awkarin Dapat Ancaman dari Ojek Online

Gosip

17 Juli 2024
Sempat Lama di Level Gocap, Saham GOTO Bergeliat Naik di Sesi I Perdagangan BEI

Sempat Lama di Level Gocap, Saham GOTO Bergeliat Naik di Sesi I Perdagangan BEI

Bisnis

17 Juli 2024
GoTo Luncurkan Layanan Asisten Suara Dira Berbasis AI, Simak Keunggulannya

GoTo Luncurkan Layanan Asisten Suara Dira Berbasis AI, Simak Keunggulannya

Bisnis

16 Juli 2024
Viral Pengemudi Taksi Online Ini Menyelamatkan Nyawa Orang

Viral Pengemudi Taksi Online Ini Menyelamatkan Nyawa Orang

Mobil

25 Juni 2024
Cara Gampang Mendapatkan Saldo Dana Gratis dari GoPay Tanpa Top Up, Bisa Sambil Rebahan

Cara Gampang Mendapatkan Saldo Dana Gratis dari GoPay Tanpa Top Up, Bisa Sambil Rebahan

Bisnis

25 Juni 2024
Terendah Sejak IPO, Saham GOTO Anjlok ke Level Gocap

Terendah Sejak IPO, Saham GOTO Anjlok ke Level Gocap

Bisnis

19 Juni 2024
Tega Banget Ojol Ini Pakai Motor Supra Bawa Kulkas 2 Pintu, Kok Bisa?

Tega Banget Ojol Ini Pakai Motor Supra Bawa Kulkas 2 Pintu, Kok Bisa?

Motor

12 Juni 2024
inDrive Klaim Jadi Aplikasi Ojol dengan Potongan Komisi Paling Rendah di Indonesia

inDrive Klaim Jadi Aplikasi Ojol dengan Potongan Komisi Paling Rendah di Indonesia

Bisnis

31 Mei 2024
Pendiri GoTo Andre Soelistyo Lepas Jabatan Komisaris

Pendiri GoTo Andre Soelistyo Lepas Jabatan Komisaris

Bisnis

20 Mei 2024
Daftar Mobil yang Cocok Buat Taksi Online, Segini Cicilan Per Bulannya

Daftar Mobil yang Cocok Buat Taksi Online, Segini Cicilan Per Bulannya

Mobil

7 Mei 2024
Transaksi Grup GoTo Q1-2024 Meningkat, Kerugian Mulai Dipangkas

Transaksi Grup GoTo Q1-2024 Meningkat, Kerugian Mulai Dipangkas

Bisnis

30 April 2024
Mantan Bos Gojek Bikin Motor Listrik, Ini Bocoran Wujudnya

Mantan Bos Gojek Bikin Motor Listrik, Ini Bocoran Wujudnya

Motor

23 April 2024
Duel Ojol Hijau Vs Kuning Gegara Daerah Terlarang, Polisi Angkat Bicara

Duel Ojol Hijau Vs Kuning Gegara Daerah Terlarang, Polisi Angkat Bicara

Video

27 Maret 2024
GoTo Rugi Rp 90 Triliun pada 2023, Manajemen Ungkap Penyebabnya

GoTo Rugi Rp 90 Triliun pada 2023, Manajemen Ungkap Penyebabnya

Bisnis

20 Maret 2024
Mantan Bos Bursa Ini Pede Cuan Beli Saham GOTO, Intip Pertimbangannya

Mantan Bos Bursa Ini Pede Cuan Beli Saham GOTO, Intip Pertimbangannya

Bisnis

6 Maret 2024
Soal Rencana Buyback Saham, Dirut Goto Kedepankan Prinsip Kehati-hatian

Soal Rencana Buyback Saham, Dirut Goto Kedepankan Prinsip Kehati-hatian

Bisnis

28 Februari 2024
Goto Dapat Komisi dari TikTok Shop-Tokopedia per 1 Februari 2024

Goto Dapat Komisi dari TikTok Shop-Tokopedia per 1 Februari 2024

Bisnis

28 Februari 2024
Rencana Merger dengan Gojek dan Grab Bakal Terealisasi? GOTO Buka Suara

Rencana Merger dengan Gojek dan Grab Bakal Terealisasi? GOTO Buka Suara

Bisnis

28 Februari 2024
Share :