Viva.co.id: Berita Hari Ini Terbaru Terkini dan Terpopuler

img_title

Hermawan Kartajaya

pengusaha
18 November 1947
s/d
Sekarang
img_title img_title
Berawal sebagai guru, Hermawan Kartajaya bergabung dengan perusahaan besar rokok. Tak puas sebagai karyawan, ia mendirikan perusahaan sendiri di bidang konsultan makerting. Ia pun dikenal sebagai bapak marketing Indonesia.

Pria kelahiran Surabaya, Jawa Timur, 18 November 1947 ini adalah anak dari seorang kasir yang bekerja di salah satu perusahaan. Sejak kecil, Hermawan sudah diajarkan nilai kejujuran dan rasa nasionalisme.

Selepas menyelesaikan pendidian di SMA, Hermawan melanjutkan pendidikan tinggi di Teknik Elektro, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya, Jawa Timur. Namun, tidak selesai, karena masalah ekonomi. Selanjutnya, ia meneruskan kuliah dan menyelesaikan di Falkultas Ekonomi, Universitas Udayana, Bali.

Lulus kuliah, Hermawan memulainya dengan menjadi guru di sekolah SMAK St. Louis. Kehadiran Hermawan di sana bisa dibilang sebagai guru favorit. Selain menjadi guru, Hermawan direkrut perusahaan besar sekelas PT HM Sampoerna untuk mengelola PT Panggung.

Setelah beberapa tahun mengabdi di HM Sampoerna, pada tahun 1990, ia memutuskan keluar dari salah satu perusahaan rokok terbesar tersebut dan mulai mencari tantangan baru. Akhirnya dibuatlah sebuah perusahaan konsultan dengan nama Markplus di Surabaya. Lembaga ini melakukan riset di bidang marketing dan memberikan saran strategis bagi organisasi bisnis.

Bisnisnya semakin menanjak, perusahaan yang didirikan telah merambah ke berbagai negara di Asia hingga Amerika. Bahkan sejak 2002 Hermawan Kartajaya menjadi presiden dari organisasi marketing, World Marketing Association (WMA). Namanya juga berhasil dinobatkan sebagai salah satu dari 50 Gurus Who Have Shaped The Future of Marketing yang bertempat di Inggris (CIM-UK)

PENDIDIKAN
S1, Teknik Elektro Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, tidak selesai
S1, Fakultas Ekonomi, Universitas Udayana, Bali
S2, University of Strahclyde, Glasgow

KARIER
Pendiri perusahaan konsultan marketing MarkPlus Inc
Presiden World Marketing Association (WMA)
Penulis buku
Pengelola PT Panggung, anak perusahaan PT HM Sampoerna
Guru di SMAK St. Louis

PENGHARGAAN
50 Gurus Who Have Shaped The Future of Marketing, The Chartered Institute of Marketing, di Inggris
Business Champion for Children,  UNICEF



Berita Terkait
Era Pemasaran Online, Pengusaha Harus Jeli

Era Pemasaran Online, Pengusaha Harus Jeli

Bisnis

28 Januari 2012
Share :