Viva.co.id: Berita Hari Ini Terbaru Terkini dan Terpopuler

img_title

Harry Lontung Siregar

politikus
25 Juli 1960
s/d
Sekarang
img_title img_title
Mengawali karier politiknya dari daerah, Harry Lontung Siregar ke Senayan. Ia pun ditunjuk sebagai Sekretaris Jenderal DPP Partai Hanura.
 
Pria kelahiran Gunung Tua, Padang Lawas Utara 25 Juli 1960 ini memulai karier politiknya sebagai Wakil Bupati Tapanuli Selatan masa bakti 2000-2005. Setelah itu makin menikmati dunia politik. Ia bergabung dengan Partai Hanura.
 
Pada pemilu 2009, ia ikut pemilihan legislatif dan lolos ke Senayan. Harry menjadi anggota Komisi X DPR RI dari Dapil Sumatera Utara (Sumut) periode 2009-2014. Tak hanya itu, ia juga sempat maju sebagai bacagub Sumatera Utara dari Hanura pada 2013.
 
Di Senayan, ia tak hanya menduduki Komisi X yang menggawangi bidang pendidikan, pariwisata, pemuda olahraga dan perpustakaan, Harry juga didapuk sebagai Badan Anggaran DPR RI. Meski dirinya hanya lulusan SMA, Harry mampu menunjukkan kinerja terbaiknya di parlemen.
 
Karier politik suami dari Syahmin Harahap ini makin naik. Setelah menggawangi Pemenangan Pilkada, ia ditunjuk sebagai Sekjen oleh Ketua Umum Osman Sapta pasca konflik internal Partai Hanura yang berujung pada perpecahan dan dua kepengurusan.
 
Namun, pemerintah pusat tampaknya memilih kepengurusan Sapta Odang. Kepengurusan baru ini, termasuk Herry yang juga sebagai paman dari Bobby Nasution, menantu Presiden Jokowi, ini dikukuhkan sebagai Sekjen dalam surat Nomor M.HH.AH.11.02-58 oleh Menkumham Yasonna Laoly pada 6 Juli 2018. (AC/DN)  (Photo/Antara)
 
KELUARGA
Istri                  : Syahmin Harahap
Anak                : 3 orang anak
 
KARIER
Wakil Bupati Tapanuli Selatan (2000-2005)
Anggota DPR RI (2009-2014)
Sekretaris Jenderal Partai Hanura (2018-2020)

Share :