Viva.co.id: Berita Hari Ini Terbaru Terkini dan Terpopuler

img_title

Soerjanto Tjahjono

birokrat
23 Mei 1960
s/d
Sekarang
img_title img_title
Kecintaanya pada dunia penelitian dan investigasi, khususnya pada bidang keselamatan transportasi, Soerjanto Tjahjono menjadi orang nomor satu di KNKT.

Mengawali karier bersama PT Garuda Indonesia, Soerjanto Tjahjono memiliki pengalaman panjang di bidang teknik penerbangan. Hampir puluhan tahun ia begelut di perusahaan transportasi dan aktif di organisai keselamatan berkendara.

Pria kelahiran Jakarta, 23 Mei 1960 ini adalah lulusan dari Institut Teknologi Bandung jurusan Teknik Mesin dan Aeronautika. Setahun setelah lulus, Soerjanto bergabung dengan PT Garuda Indonesia sebagai System Programmer. Karena keseriusannya, hampir setiap tahun ia memperoleh promosi jabatan.

Ia sempat didapuk sebagai Kepala Rekayasa Struktur Airbuss A-300 di PT Garuda Indonesia pada tahun 1990, Soerjanto kemudian dipercaya sebagai Kepala Tim Persiapan Reliability Control Program 3 tahun setelahnya.

Salah satu posisi strategis yang diembannya yaitu sebagai General Manager Teknik dan Pemeliharaan Keselamatan Penerbangan periode 2001-2005.

Berkat kegemaran dan penelitiannya soal kesalamtan transportasi, Soetjanto bergabung dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) pada tahun 1998. Kehadiran lembaga KNKT ini didasari atas rendahnya tingkat keselamatan masyarakat dalam dalam menggunakan transportasi darat, laut, hingga udara.

Selain berkarier di PT Garuda Indonesia, alumnus Delft University ini juga didapuk sebagai Direktur Pemeliharaan PT Eagle Air, CEO PT. Global Maintenance Facility, CEO PT. Kabindo, dan Ketua Keamanan Operasi dan Teknik INACA.

Berka jam terbang dan pengalamannya di belakang meja sebagai profesional maupun di lapangan sebagai investigator keselamatan transportasi, Soerjanto lolos seleki dan terpilih sebagai Ketua KNKT.

Tepat berusia 55 tahun, Soerjanto dilantik oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan pada 25 Agustus 2015. Ia menggantikan posisi Tatang Kurniadi yang telah menjabat sejak 2007.

Sejak itu, nama Soerjanto menjadi sumber media bertanya bila terjadi kecelakan transportasi darat, laut, maupun udara. Dia bersama timnya berusaha menyibak tabir penyebab terjadinya musibah, apalagi bila terjadi pada pesawat yang menelan banyak korban. (AC/DN) (Photo/Antara)

PENDIDIKAN
Sarjana, Teknik Mesin dan Aeronautika, Institut Teknologi Bandung (1986)
Doktor, Delft University of Technology, Belanda (1998)

KARIER
System Programmer di PT Garuda Indonesia (1988)
Teknisi Airframe dan Pembangkit Listrik Pesawat di PT Garuda Indonesia (1988-1989)
Staf Rekayasa Struktur di PT Garuda Indonesia (1989-1990)
Kepala Rekayasa Struktur Airbuss A-300 di PT Garuda Indonesia (1990-1991)
Anggota Investigasi Kecelakaan Pesawat di PT Garuda Indonesia (1990-1994)
Anggota Tim Pemulihan pesawat untuk Fokker F-28, DC-9, Airbus A-300 dan Boeing B 737-300 (1990-1994)
Anggota Aging Working Group di McDonnell Douglas untuk DC-10 dan DC-9 (1990-2000)
Kepala Tim Rekayasa Struktur Pesawat Tubuh Ramping di PT Garuda Indonesia (1991-1994)
Anggota Tim Perbaikan F-28 di Fokker Aircraft Services, Woensdrecht, Belanda (1991)
Instruktur dalam Program Pengendalian Korosi (1991-1994)
Anggota Persiapan sertifikasi FAA untuk FAR 145 dari Fasilitas Pemeliharaan Garuda untuk Pusat Perbaikan (1992-1993)
Instruktur Perbaikan Komposit (1992-1994)
Instruktur Kelaikan Udara (1993-1994)
Anggota Program Pencegahan dan Pengendalian Korosi Pesawat Boeing (CPCP) (1993-1994)
Kepala Tim Persiapan Reliability Control Program (1993)
Kepala Tim Persiapan Berat dan Keseimbangan Pesawat AOC 121 (1993-1994)
Kepala Departemen Teknik Struktur Pesawat di PT Garuda Indonesia (1994)
Anggota Maintenance Review Board di McDonnell Douglas untuk MD-11 (1996-1998)
Anggota Indonesia-Belanda dalam Bidang Riset dan Teknologi (1998-2003)
Anggota Komite Nasional Keselamatan Transportasi (1998)
Kepala Tim Penelitian tentang Hovercraft untuk aplikasi Militer dan Sipil Angkatan Laut Indonesia (1998-2004)
Kepala Pusat Penelitian Pemeliharaan Indonesia, Suryadarma University (2000-Sekarang)
Kepala Tim persiapan Pedoman Rencana Tanggap Darurat Garuda (2000-2001)
General Manager Teknik dan Pemeliharaan Keselamatan Penerbangan di PT Garuda Indonesia (2001-2005)
Investigator Penanggung jawab Kecelakaan kereta api Empu Jaya dan Cirebon Ekspres dan Kecelakaan Empu Jaya dan Gaya Baru Malam (2001-2002)
Kepala penelitian di Pemberhentian Kereta Api Otomatis dari PT Mandala Mitra Persada (2002-2004)
Kepala Proyek Hovercraft untuk Angkatan Laut Indonesia di PT Hoverindo (2004-2006)
Kepala Proyek Hovercraft PT Sumber Daya Primatama (2004-2006)
Direktur Pemeliharaan PT Eagle Air (2007-2008)
CEO PT. Global Maintenance Facility (2008)
Deputi Departemen Pemeliharaan PT Indonesia Air Transport (2008-2012)
CEO PT. Kabindo (2010)
Ketua Tim Riset Turbin Angin dengan Litbang Angkatan Laut Indonesia dan Universitas Diponegoro (2011)
Ketua Keamanan Operasi dan Teknik INACA (2011)
Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (2015-Sekarang)

Berita Terkait
Ada yang Janggal dari Truk Maut Kecelakaan di Balikpapan

Ada yang Janggal dari Truk Maut Kecelakaan di Balikpapan

Mobil

24 Januari 2022
KNKT Ungkap Sasis Truk Maut Balikpapan Tak Standar, Rem Tak Berfungsi

KNKT Ungkap Sasis Truk Maut Balikpapan Tak Standar, Rem Tak Berfungsi

Nasional

24 Januari 2022
Jika Kecelakaan Truk, Jangan Cuma Salahkan Sopirnya Saja

Jika Kecelakaan Truk, Jangan Cuma Salahkan Sopirnya Saja

Mobil

21 Januari 2022
Investigasi Kecelakaan Bus TransJakarta, KNKT Fokus Tiga Hal

Investigasi Kecelakaan Bus TransJakarta, KNKT Fokus Tiga Hal

Metro

21 Desember 2021
Penyebab Tabrakan LRT Jabodebek saat Uji Coba, KNKT: Teknisi Main HP

Penyebab Tabrakan LRT Jabodebek saat Uji Coba, KNKT: Teknisi Main HP

Nasional

21 Desember 2021
Tanggapan Bridgestone soal 80% Kecelakaan di Tol Disebabkan Ban Pecah

Tanggapan Bridgestone soal 80% Kecelakaan di Tol Disebabkan Ban Pecah

Mobil

3 Desember 2021
KNKT: 80 Persen Kecelakaan di Tol Akibat Mengantuk dan Letih

KNKT: 80 Persen Kecelakaan di Tol Akibat Mengantuk dan Letih

Nasional

30 November 2021
Kondisi Masinis LRT Jabodebek yang Tabrakan di Cibubur

Kondisi Masinis LRT Jabodebek yang Tabrakan di Cibubur

Metro

25 Oktober 2021
Detik-detik Pesawat Cargo Smart Air Jatuh di Bandara Ilaga

Detik-detik Pesawat Cargo Smart Air Jatuh di Bandara Ilaga

Nasional

25 Oktober 2021
Investigasi Insiden Listrik Terputus, MRT Jakarta Libatkan KNKT

Investigasi Insiden Listrik Terputus, MRT Jakarta Libatkan KNKT

Metro

30 September 2021
Kemenhub Ungkap Progres Investigasi Kotak Hitam Rimbun Air

Kemenhub Ungkap Progres Investigasi Kotak Hitam Rimbun Air

Nasional

16 September 2021
KNKT Selidiki Penyebab Tenggelamnya KMP Yunicee

KNKT Selidiki Penyebab Tenggelamnya KMP Yunicee

Nasional

1 Juli 2021
KMP Yunice Tenggelam di Selat Bali, 44 Orang Selamat Sudah Dievakuasi

KMP Yunice Tenggelam di Selat Bali, 44 Orang Selamat Sudah Dievakuasi

Nasional

29 Juni 2021
KNKT Ungkap Kesulitan Besar dalam Pencarian CVR Sriwijaya Air

KNKT Ungkap Kesulitan Besar dalam Pencarian CVR Sriwijaya Air

Nasional

31 Maret 2021
KNKT: CVR Sriwijaya Air SJ 182 Ditemukan di Kedalaman 17 Meter

KNKT: CVR Sriwijaya Air SJ 182 Ditemukan di Kedalaman 17 Meter

Nasional

31 Maret 2021
KNKT Butuh Waktu Seminggu Ungkap Isi CVR Sriwijaya Air SJ-182

KNKT Butuh Waktu Seminggu Ungkap Isi CVR Sriwijaya Air SJ-182

Nasional

31 Maret 2021
Temukan CVR Sriwijaya Air, KNKT: Seperti Cari Jarum di Tengah Jerami

Temukan CVR Sriwijaya Air, KNKT: Seperti Cari Jarum di Tengah Jerami

Nasional

31 Maret 2021
KNKT: Ikuti Google Maps Bikin Kecelakaan

KNKT: Ikuti Google Maps Bikin Kecelakaan

Nasional

17 Maret 2021
KNKT Beberkan Komunikasi Terakhir Pilot Sriwijaya Air SJ182

KNKT Beberkan Komunikasi Terakhir Pilot Sriwijaya Air SJ182

Nasional

10 Februari 2021
KNKT Pastikan Kapal MV Nur Allya Tenggelam karena Kelebihan Muatan

KNKT Pastikan Kapal MV Nur Allya Tenggelam karena Kelebihan Muatan

Nasional

6 Februari 2021
Share :