Ini Tips Agar Perjalanan Bisnis Anda ke Surabaya Berjalan Lancar

Ilustrasi bisnis trip
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Ada kalanya Anda harus bepergian ke luar kota bukan untuk liburan, namun untuk perjalanan dinas. Hal tersebut tidak bisa dihindari apalagi bagi kalangan profesional.

Bank Mandiri Kembali Raih Peringkat Satu Top Companies 2024 versi LinkedIn

Surabaya sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia bisa dipastikan akan Anda kunjungi karena banyak kantor yang memiliki cabang atau bahkan pusat di sana. Meski terhitung dekat, tetap saja Anda harus mempersiapkan perjalanan bisnis secara matang.

Nah, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan supaya perjalanan bisnis Anda menyenangkan dan berjalan lancar.

Shell Indonesia Bakal Tutup Seluruh SPBU di Medan, Manajemen Ungkap Alasannya

Perlengkapan kerja

Hal pertama yang Anda harus lakukan adalah persiapan matang perbekalan kerja. Pastikan perlengkapan kerja Anda tidak ada yang tertinggal. Charger laptop dan ponsel, harddisk eksternal, dan dokumen pekerjaan harus disiapkan dengan baik sebelum Anda pergi.

HUT Ke-61, Taspen Tegaskan Komitmen Genjot Kesejahteraan Masyarakat

Cek dua kali untuk memastikan semua perlengkapan tersebut Anda bawa. Hal ini penting dipersiapkan secara matang karena Anda bisa terpaksa mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli charger atau perlengkapan lain yang tertinggal di rumah. Lebih buruknya lagi, presentasi bisa berantakan jika ternyata Anda tidak bisa menemukan barang seremeh charger itu dalam waktu yang mepet.

Jadwal kerja

Durasi perjalanan bisnis selalu singkat jadi pastikan Anda mengatur jadwal dengan rapi. Atur jadwal untuk meningkatkan efisiensi waktu Anda selama berada di Surabaya.

Masukkan dalam daftar siapa saja orang yang Anda akan temui dan perhitungkan jarak dari satu tempat ke tempat lain dengan Google Maps atau Waze. Luangkan waktu jeda untuk persiapan jika terjadi kemacetan dan kondisi tak terduga sehingga Anda bisa datang tepat waktu menemui klien.

Beli tiket dari jauh-jauh hari

Untuk memastikan perjalanan bisnis Anda berjalan dengan lancar Anda harus memesan tiket atau hotel dari jauh-jauh hari. Dua hal ini paling krusial untuk Anda lakukan karena akan berpengaruh pada reputasi profesional Anda.

Tentu Anda tidak mau kehabisan tiket dan terpaksa memesan tiket dan hotel dengan harga mahal. Oleh karena itu, Anda perlu memilih penawaran tiket yang menawarkan fleksibilitas seperti Traveloka. Mendapatkan tiket pesawat ke Surabaya secara cepat dan sesuai dengan bujet anda semudah membalikkan telapak tangan.

Bukan tidak mungkin jadwal perjalanan bisnis Anda berubah di tengah jalan, Traveloka jadi pilihan terbaik karena memungkinkan Anda melakukan reschedule tanpa biaya tambahan apa pun. Selain itu, Anda bisa mendapatkan banyak promo dan pilihan menarik untuk akomodasi tiket dan hotel selama di Surabaya.

Minimalkan barang bawaan

Hal penting lainnya yang perlu dicatat adalah Anda harus membedakan perjalanan bisnis dan liburan. Jika Anda biasa berllbur membawa satu koper besar, untuk perjalanan bisnis Anda harus memilah barang bawaan Anda secara cermat.

Urusan baju, Anda harus menyesuaikan dengan durasi perjalanan Anda. Bawa barang seminimal mungkin. Sisihkan barang yang sekiranya tidak terlalu signifikan untuk perjalanan Anda.

Jika barang bawaan minimal Anda bisa membawa koper kabin. Jadi, di bandara Anda tidak perlu menunggu bagasi sehingga manajemen waktu bisa lebih efisien dan Anda bisa lebih fokus ke pekerjaan.

Jaga kesehatan

Hal terakhir yang paling penting adalah menjaga kesehatan. Berolahraga, makan teratur, dan istirahat yang cukup wajib Anda terapkan sebelum melakukan perjalanan bisnis. Anda akan rentan terserang penyakit ringan, baik flu atau migrain saat bepergian ke luar kota karena perbedaan lingkungan atau cuaca.

Anda tentu tidak mau flu saat menemui klien penting karena akan mengurangi konsentrasi dan berpengaruh pada performa kerja serta kesuksesan bisnis Anda. Bila perlu, mulai rutinlah mengonsumsi multivitamin untuk menjaga kesehatan Anda sebelum dan saat perjalanan bisnis Anda.

Nah, setelah mengetahui tip di atas apakah Anda siap menorehkan prestasi dalam perjalanan bisnis Anda di Surabaya nanti?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya