Ini 4 Jenis Kopi Khas Indonesia yang Mendunia

Kopi khas Indonesia. Summer foto: Pesona Indonesia.
Sumber :

VIVA – Indonesia menjadi negara keempat dunia yang memiliki kopi dengan kualitas terbaik, dan sangat diburu para penggemar kopi hingga ke luar negeri. Rata-rata tanaman kopi tumbuh subur di dataran tinggi Indonesia.

Terpopuler: Ustaz Alfie Alfandy Ungkap Kebaikan Minum Kopi, Balenciaga Jual Gelang Lakban Rp51 Juta

Para petani kopi juga sangat menjaga kualitas dari biji-biji kopi yang mereka jual. Bahkan cenderung diistimewakan. Sehingga tak heran jika kopi-kopi Indonesia juga terkenal akan kualitasnya. Ada beragam kopi khas Indonesia yang kini telah mendunia, berikut empat di antaranya;

Ilustrasi kopi.

Ustaz Alfie Alfandy Ungkap Kebaikan Minum Kopi saat Ramadhan, Baiknya Diminum Buka atau Sahur?

1. Kopi Jawa
Kopi Jawa atau Kopi Java merupakan kopi asal Indonesia yang sangat terkenal di dunia, dan termasuk dalam jenis kopi Arabika. Kopi Jawa tumbuh subur di dataran tinggi Pulau Jawa. Daerah ini juga menjadi salah satu penghasil kopi terbesar di dunia. Kopi Jawa sejak dahulu sudah di produksi oleh pemerintah kolonial Belanda pada abad ke-17. Kopi Jawa memiliki aroma dan rasa yang khas, sehingga jenis kopi ini telah memiliki banyak penggemar hingga ke luar negeri.

Kopi Luwak. Sumber foto: Pesona Indonesia.

Gak Kalah Sehat, Susu Kacang Mede Diklaim Rendah Kalori Hingga Bebas Kolesterol

2. Kopi Luwak
Kopi Luwak merupakan kopi fenomenal dari Indonesia yang cukup menggemparkan dunia. Hal ini dikarenakan proses fermentasi unik dari biji kopi yang dilakukan di dalam lambung binatang Luwak khas Indonesia.

Proses tersebutlah yang kemudian menjadikan kopi ini memang salah satu kopi termahal di dunia. Bayangkan, 1 kilogram Kopi Luwak bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta Rupiah, loh! Harga mahal seolah sebanding dengan rasanya yang khas dan sangat lembut dari Kopi Luwak. Terlebih biji kopinya merupakan biji kopi pilihan yang dipilih sendiri oleh binatang Luwak saat diberi makan.

3. Kopi Toraja
Kopi yang sebagian besarnya berasal dari Toraja-Kalosi ini terkenal dengan rasa khasnya, seperti rasa tanah dan hutan. Hal ini dikarenakan proses pembuatan kopi yang unik setelah biji kopi dipetik. Banyak yang mengatakan bahwa jika kita telah menyeruput kopi ini, rasa pahit pada kopi akan mendadak hilang.

Kopi Gayo. Sumber foto: Pesona Indonesia.

4. Kopi Gayo
Kopi yang berasal dari dataran tinggi Gayo di Aceh ini yang telah ada sejak tahun 1908. Kopi Gayo cukup terkenal di dunia karena memiliki aroma dan kenikmatan yang khas. Bahkan jika di cupping atau dicicipi rasanya ada aroma khas tersendiri, yang berbeda dari kopi lain di Indonesia. Kopi ini juga merupakan salah satu kopi termahal di dunia yang juga memiliki rasa khas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya