1.500 Lebih Pasien Terlayani oleh Layanan Kesehatan First Resources

Layanan kesehatan First Resources Group.
Sumber :

VIVA – Kegiatan pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh First Resources Group bekerja sama dengan Yayasan Ksatria Medika Airlangga yang diadakan pada 13 – 14 November 2018 di bagian Indonesia Timur, mendapat antusias positif dan memberi manfaat bagi masyarakat sekitar.

Pemerintah Sediakan Layanan Kesehatan Gratis bagi Pasien Isoman

Selama kegiatan berlangsung, tak henti henti masyarakat di Pulau Kisar mendatangi Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga (RST-KA) yang bersandar di Port of Wonreli. Bahkan ada salah satu masyarakat dari Dusun Romleher Selatan, Deborah Mahkawiru, 49 tahun, harus berjalan kaki selama dua jam, hanya untuk memeriksakan kondisi kesehatannya.

“Senang sekali, ada pelayanan gratis ini, sehingga saya bisa memeriksakan kesehatan saya. Semoga hasil pemeriksaan nanti, saya tidak memiliki penyakit yang serius,” ujar masyarakat Kisar, Deborah Mahkawiru.

Tangani COVID-19, Luhut Klaim Pemerintah Mereformasi Bidang Kesehatan

Sementara, masyarakat Kisar lainnya, Yosef Elias, 57 tahun, merasa senang dan bersyukur dengan kehadiran RST-KA di Pulau Kisar, benjolan di kepalanya, telah berhasil dioperasi secara gratis oleh tim dokter RST-KA.

“Benjolan di kepala saya sudah lebih dari 20 tahun. Rencananya, Desember mau ke Ambon untuk dioperasi. Senang sekali tidak perlu ke Ambon, bisa dioperasi di kapal rumah sakit ini dan saya tidak perlu membayar apapun,” pengakuan Yosef.

Layanan Kesehatan Online Bisa Turunkan Biaya Kesehatan

Dalam menjalankan kegiatannya, RST-KA juga selalu bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas setempat untuk mendata kondisi kesehatan masyarakat. Berbagai pelayanan kesehatan juga tersedia, mulai dari pelayanan kesehatan gigi, bedah dan anastesi, kesehatan anak, ilmu penyakit dalam, kebidanan dan kandungan, kesehatan mata dan THT.

“Pertama kali saya mengucapkan terima kasih kepada First Resources, yang sudah menjadi salah satu donatur, kalau bicara soal kebutuhan, sebenarnya sangat besar sekali. Diharapkan sebenarnya pemerintah sendiri yang banyak proaktif untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan pelayanan kesehatan ini, seperti menyediakan spesialis-spesialis yang datang ke lokasi pelayanan seperti ini,” kata Direktur RST – KA, Agus Harianto, dr., Sp.B.

Berdasarkan data, khusus untuk pelayanan kesehatan di Maluku, khususnya di Pulau Masela, Pulau Babar, Pulau Sermata, Pulau Luang, Pulau Lakor, Pulau Moa, Pulau Leti, Pulau Kisar, Pulau Wetar, periode 1 – 15 November 2018, RST-KA berhasil melayani 1.378 pasien poli umum dan 112 pasien operasi, dengan rincian 34 kasus operasi mayor dan 78 kasus operasi minor.

Khusus untuk pasien poli umum, tiga penyakit masyarakat yang banyak dikeluhkan adalah ISPA, Dispepsia dan Hipertensi. Sementara untuk pasien operasi, sebagian besar pasien menderita Lipoma dan Hernia.

Secara keseluruhan RST-KA memulai kegiatannya pada 6 Agustus 2018, dengan melakukan Kegiatan Tanggap Darurat Gempa di Lombok, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pelayanan kesehatan di Nusa Penida dan Alor. Adanya bencana gempa di Palu, usai dari Alor, RST-KA melanjutkan perjalanan ke Palu untuk melakukan Kegiatan Tanggap Darurat di Palu.

Kegiatan RST-KA yang didukung oleh First Resources Group ini, rencananya akan berakhir pada 8 Desember 2018, dan selama lebih dari 83 hari RST-KA terus menerus tanpa henti memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat di pulau-pulau terpencil.

Atas terselenggaranya kegiatan pelayanan kesehatan ini, First Resources Group berharap akan lebih banyak lagi masyarakat di pulau terpencil yang mendapatkan manfaat dari kegiatan ini. Juga masyarakat Indonesia bisa terlayani kesehatannya secara merata, adil dan beradab.

“Kami berharap kegiatan ini bisa memberikan manfaat yang baik untuk seluruh masyarakat, khususnya masyarakat di pulau-pulau terpencil ini. Sehingga, masyarakat tidak perlu lagi pergi ke luar daerah untuk berobat, karena sudah ada pelayanan kesehatan yang berbasis maritim ini,” ungkap Sustainability Head First Resources, Bambang Dwilaksono.

First Resources Group adalah perusahaan kelapa sawit yang sedang berkembang  dengan areal kebun tersebar di Provinsi Riau, Provinsi Kalimantan Barat dan Provinsi Kalimantan Timur. Sebagai salah satu bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial kepada masyarakat, First Resources Group aktif memberikan komitmennya  melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) di sejumlah daerah di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya