Rekomendasi Museum yang Wajib Dikunjungi di Pulau Jeju, Korea Selatan

Jeju Haenyeo Museum.
Sumber :

VIVA – Bertitel sebagai honeymoon island, Pulau Jeju memang cocok buat dikunjungi para honeymooners. Pemandangannya yang cantik, cuacanya yang menyenangkan, dan makanannya pun menggugah selera. Tiga hal tersebut dapat ditemukan dengan mudah di Jeju.

Explore Serunya Liburan dan Wisata Kuliner di Makau dengan Promo Traveloka

Namun, tak hanya itu, pulau kebanggaan masyarakat Korea Selatan ini punya atraksi wisata yang tak kalah serunya. Bahkan, untuk kamu yang telah mengantongi tiket pesawat ke Korea Selatan, museum-museum yang ada di pulau kecil ini seru sekali untuk didatangi. Museum-museum yang ada di pulau ini tidak hanya sarat informasi, tetapi ada juga yang nyeleneh, loh.

1. Teddy Bear Museum

British Museum Tuntut Kurator karena Curi dan Jual Ilegal 1.800 Artefak Sejarah

Buat pecinta boneka beruang atau yang populer dikenal dengan nama Teddy Bear, museum yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Sesuai namanya, di museum ini kamu bisa menemukan beragam koleksi boneka beruang, mulai dari yang termahal hingga yang terkecil (hanya berukuran 4,55 mm). Koleksi boneka beruang yang ada di Teddy Bear Museum ini berasal dari berbagai macam negara dan ada yang sudah berumur ratusan tahun, loh.

Di ruang Project Exhibit para boneka beruang ditata sedemikian rupa untuk menggambarkan sebuah cerita. Salah satunya adalah America’s Next Top Model (baca: beruang).

10 Tips Menikmati Perjalanan Mudik atau Pulang Kampung dengan Bus

Puas berkeliling museum kamu bisa bersantai di depan bangunan yang berhadapan langsung dengan laut Jungmun.

2. Jeju Folk Village Museum

Karakteristik alam Jeju yang terdiri dari gunung, bukit, dan lautan membuat gaya hidup masyarakatnya berbeda satu sama lain. Buat kamu yang ingin mengenalnya lebih jauh kamu bisa berkunjung ke Jeju Folk Museum. Museum yang satu ini berhasil merestorasi perkampungan Jeju tahun 1890-an. Terdapat 117 rumah dan beragam fasilitas yang menggambarkan kehidupan perkampungan pegunungan, perbukitan, nelayan, sampai praktik ilmu gaib.

Museum ini dibangun berdasarkan riset panjang yang dilakukan para ahli. Selain rumah, museum ini juga memaerkan beberapa perkakas yang pernah dipakai oleh masyarakat zaman dulu. Di antara barang-barang yang dipamerkan adalah perkakas berbahan dasar kayu, bambu, tanah, porselen dan juga lilin

3. Jeju Loveland

Yang satu ini sebenarnya bukan museum, melainkan sebuah taman yang diperuntukan bagi para orang dewasa. Taman yang berisikan banyak patung ini menjadikan seks sebagai tema utamanya. Di dalam Jeju Loveland kamu bisa menemukan film edukasi tentang kesehatan seksual sampai patung berbentuk manusia dalam berbagai macam posisi hubungan intim. Pihak manajemen taman ini memang mengkhususkan Jeju Loveland sebagai tempat dimana para pecinta seni dan erotisme bertemu.

4. O’Sulloc Museum

Budaya minum teh di Korea Selatan cukuplah kuat. Buat kamu yang menyukai the, maka O’Sulloc Museum tak bisa dilewatkan. Nuansa budaya minum teh terlihat jelas bahkan sebelum kamu masuk ke museum, hal tersebut tampak dalam bentuk gedungnya yang menyerupai teko yang di dalamnya terdapat enam ruang eksebisi.

Di ruang eksebisi kamu bisa melihat bermacam-macam cangkir teh khas Korea dan juga dari seluruh penjuru dunia. Kamu juga bisa menambah informasi tentang sejarah the dan bagaimana mengelompokan daun teh berdasarkan beberapa faktor.

Akhiri kunjungan di museum ini dengan menikmati secangkir teh di samping danau lotus di dalam ruangan museum. Jika ingin lebih segar, kamu bisa bersantai di dek obeservasi sambil menatap hamparan tanaman teh.

5. Museum Haeneyo

Berbicara tentang Jeju kita tidak bisa melupakan betapa tangguhnya para haeneyo atau putri duyung-nya Korea. Bukan, yang kita bicarakan bukanlah ikan duyung, namun para wanita penyelam yang bekerja sebagai penangkap hewan laut di pulau ini. Nah, Museum Haeneyo didedikasikan untuk para wanita tangguh Jeju yang memulai tradisi menyelam ini. Sayangnya, tradisi tersebut kini mulai terkikis oleh perubahan zaman dan dalam ambang kepunahan.

6. Museum Film Shinyeong

Ingin tahu perkembangan perfilman Korea Selatan? Datangi saja Museum Film Shinyeong. Di museum ini kamu bisa mengulik sejarah perfilman Korea Selatan yang berfokus pada asal dan sejarah para pelakunya.

Di dalam museum ini juga ada beberapa galeri interaktif yang bisa digunakan oleh pegunjung, salah satunya adalah Animation Gallery. Galeri tersebut memiliki fasilitas yang memungkinkan pengunjung membuat film animasinya sendiri. Sedangkan di Film Experience Gallery memungkinkan pengunjg untuk berkreasi membuat film. Seru banget, kan?

7. Trick Eye Museum

Kepopuleran museum yang memanipulasi mata juga ada di Jeju. Di Trick EyeMuseum kamu bakal tidak percaya dengan apa yang ditunjukan mata kamu, karena meskipun sebuah karya seni dua dimensi, tetapi tampak seperti 3D. Museum yang satu ini cocok banget buat kamu yang senang selfie.

Banyak macamnya ya museum yang ada di Jeju. Jadi kamu mau kemana, selama di Jeju?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya