Arkadia Lakukan Soft Launching Serbada.com di Festival Belanja 11.11

Pemimpin redaksi Suara.com Suwarjono berkaus Serbadacom di Hangzhou, China.
Sumber :

VIVA – Memasuki November 2019, PT Arkadia Digital Media Tbk kembali meluncurkan produk atau unit usaha barunya. Kali ini, induk perusahaan Suara.com dan beberapa portal berita segmented itu resmi merilis situs yang disebut news-commerce - Serbada.com.

Peluncuran awal atau soft launching Serbada.com sendiri sengaja dilakukan pada tanggal 11 November (11/11) atau yang juga dikenal sebagai Festival Belanja Online Global 11.11. Adapun secara internasional, 11.11 antara lain oleh grup Alibaba juga dipromosikan sebagai momen Global Shopping Festival.

"Serbada.com bagian dari platform yang kami sebut news-commerce. Di mana transaksi dengan merchant diawali dari konten news, artikel, foto, infografis dan video terkait. Dari konten yang relevan dengan produk itulah, pengakses akan menentukan untuk membeli beragam produk atau tidak. Kalau tertarik bisa langsung transaksi, tanpa harus ke platform lain. Kami memberi pilihan baru bagi konsumen, juga merupakan salah satu upaya Arkadia dalam mengembangkan model bisnisnya, dalam hal ini melalui contoh integrated online services (news portal & e-commerce)," ungkap Direktur PT Arkadia Digital Media Tbk yang juga Pemimpin Redaksi Suara.com, Suwarjono.

Lebih jauh dijelaskan, salah satu model integrasi dimaksud adalah dengan menyambungkan tiap artikel atau konten Suara.com yang mengulas atau memberitakan salah satu produk, baik itu konten yang sengaja dibuat atau konten reguler dari Redaksi, ke produk terkait di Serbada.com.

Usai Sepi Peminat, Pemerintah Kasih Gratis Konversi Motor Listrik

“Artinya, ketika misalnya pembaca tertarik pada suatu produk setelah menyimak tulisannya, saat itu juga dia bisa mengakses laman penjualan produk tersebut,” papar Suwarjono.

Integrasi ini ke depannya juga dapat berlaku sebaliknya, di mana saat menyelami produk di Serbada.com, pengguna juga dapat menemukan konten atau terhubung langsung ke ulasannya yang ada di situs-situs Arkadia seperti Suara.com, Hitekno.com, Dewiku.com, Guideku.com, Mobimoto.com, atau juga Bolatimes.com dan Himedik.com. Meskipun sejauh ini, karena masih di tahap awal, konten-konten dimaksud baru ada di Suara.com.

Disampaikan pula bahwa salah satu pertimbangan meluncurkan Serbada.com adalah masih tingginya angka pertumbuhan e-commerce di Indonesia. Data Global Web Index yang antara lain menyebut bahwa Indonesia memiliki peringkat aktivitas e-commerce tertinggi di dunia, di mana 90 persen pengguna internet (usia 16-64 tahun) mengaku pernah belanja produk/jasa secara online, menjadi salah satu acuan untuk itu.

"Artinya, potensinya memang masih besar, dan dengan model bisnis dan pengembangan yang tepat, kami optimistis bisa ikut berkecimpung di lini ini," ungkap Suwarjono pula, Senin (11/11/2019), yang kebetulan sedang berada di Tiongkok menghadiri undangan event Alibaba Group, salah satu powerhouse e-commerce dunia yang bermarkas di Hangzhou.

Ada ratusan produk yang sudah tersedia di Serbada.com saat ini, mulai dari kain, pakaian, hijab, buku, kamera, hingga drone, perhiasan dan lain sebagainya. Dalam pengembangannya ke depan, segala macam produk maupun jasa yang diminati khalayak atau menarik untuk dijual, direncanakan akan tersedia di Serbada.com, situs yang namanya memang berasal dari gabungan kata "serba+ada".

Menteri BUMN Erick Thohir

Kepemimpinan Perempuan di BUMN dan Cara BKI Lanjutkan Semangat Kartini

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan perempuan memiliki hak yang sama untuk mengejar dan mewujudkan cita-citanya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024