Mensos Apresiasi Kinerja SDM PKH Melalui PKH Appreciation Day 2019

Menteri Sosial RI Juliari P. Batubara
Sumber :
  • Kemensos

VIVA – Menteri Sosial RI Juliari P. Batubara menyampaikan apresiasinya terhadap kerja keras segenap Sumber Daya Manusia Program Keluarga Harapan (SDM PKH) dalam mewujudkan kemandirian penerima bansos hingga mereka Graduasi Sejahtera Mandiri. 

"PKH sebagai salah satu program unggulan Kemensos, program nasional yang telah terbukti berkontribusi dalam pengentasan kemiskinan. Hal ini tentunya tak lepas dari peran SDM PKH. Mereka adalah pejuang bangsa, ujung tombak program pengentasan kemiskinan. Tanpa kalian, program Kemensos tidak akan berarti apa-apa," kata Mensos dalam arahannya pada acara "PKH Appreciation Day 2019" yang berlangsung di Makassar, Rabu malam.  

Oleh karena itu, lanjutnya, Kementerian Sosial memberikan apresiasi dan penghargaan kepada SDM PKH yang telah bekerja keras setiap hari turun ke lapangan memberikan pendampingan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH. 

SDM PKH adalah pelaksana PKH di bawah koordinasi Kementerian Sosial terdiri dari Pendamping PKH, Aplikator Pangkalan Data (APD) tingkat Kabupaten/Kota/Provinsi, Koordinator Kota/Kabupaten, Koordinator Wilayah, dan Koordinator Regional. Saat ini, jumlah keseluruhan SDM PKH adalah 38 ribu orang yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Mensos mengatakan Kebijakan Program Bantuan Sosial ke depan akan terus didorong untuk memperkuat pemberdayaan. SDM PKH memiliki peran besar dalam mendorong pemberdayaan menjadi gerakan sosial untuk mempercepat penerima manfaat berdaya dan mandiri secara sosial ekonomi.

PKH harus banyak meluluskan (graduasi), menumbukan kreativitas ekonomi, memunculkan ibu-ibu entepreneur yang memiliki dampak sosial di lingkungan terdekatnya, dan melahirkan anak-anak berprestasi di berbagai bidang. 

"Sehingga PKH dapat mewujudkan SDM unggul dan turut berkontribusi dalam mewujudkan Indonesia Sejahtera," tutur pria yang akrab disapa Mensos Ari ini. 

PKH Appreciation Day” adalah ajang untuk memberikan appresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung Program Keluarga Harapan. Penghargaan diberikan kepada segenap SDM PKH yang telah bekerja nyata dalam mendorong kemandirian KPM. 

Penghargaan juga diberikan kepada mitra kerja Kemensos yakni Pemda Direktorat Sistem Informasi dan Teknologi Perbendaharaan Kementerian Keuangan, Lembaga Penelitian SMERU, Worldbank, Microsave Indonesia, Inke Maris and Associate, Bank Mandiri, BNI, Bank Tabungan Negara, Bank Rakyat Indonesia, Kantor Berita, Antara, Harian Suara Pembaruan, TVRI, RRI.

PKH Appreciation Day” dihadiri 500 orang yang berasal dari SDM PKH, Dinas Sosial Provinsi, Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota terpilih, Kementerian Lembaga, Mitra, dan undangan. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan motivasi bagi seluruh pihak, baik pemerintah pusat dan daerah serta peningkatan kinerja SDM PKH untuk mewujudkan KPM graduasi mandiri. 

"Saya ucapkan selamat kepada Pemerintah daerah Provinsi dan Kabupaten/kota yang telah berhasil menggraduasi KPM PKH. SDM PKH yang menunjukkan kinerja prositif dan mitra kerja yang berperan aktif untuk kemajuan program," kata Mensos.

Terbitkan Edaran, Mensos Perkuat Pengamanan dan Perlindungan Anak
Mensos Risma ajak jajaran Kemensos laporkan SPT 2021

Mensos Risma Ajak Masyarakat Segera Lapor SPT Tahunan

Sebagai bentuk sikap taat terhadap segala ketentuan perpajakan, hari ini Mensos menyampaikan laporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak tahun 2021.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022