Tour de France L’Etape Indonesia Akan Diselenggarakan di Lombok

L’Etape Indonesia by Tour de France.
Sumber :

VIVA – Pecinta olahraga balap sepeda jalan raya (road bike) di Indonesia kini bisa merasakan ketegangan dan sensasi ala balap sepeda legendaris, Tour de France melalui L’Etape Indonesia by Tour de France yang dipersembahkan oleh penyelenggara Tour de France A.S.O (Amaury Sport Organization) yang bekerja sama dengan promotor olahraga asal Indonesia Rocca.

Bernard van Aert Tambah Wakil Indonesia di Olimpiade 2024

Di tahun 2020 acara bertaraf internasional ini akan terselenggara sebanyak 20 kali yang diadakan dan dilaksanakan di 13 negara meliputi Kolombia, Switszerland, USA, Mexico, China, Australia, Thailand dan sekarang Indonesia yang merupakan negara kedua di ASEAN.

Untuk kali pertama acara ini sendiri akan digelar di Indonesia, di area Kuta Mandalika, Lombok pada tanggal 5 April 2020, yang dibuka untuk para pehobi sepeda.

17 Atlet Indonesia Pastikan Tiket ke Olimpiade 2024, Berikut Daftarnya

“Tour de France sebagai salah satu lomba balap sepeda legendaris di dunia menarik minat jutaan penggemar balap sepeda untuk merasakan sensasi lomba secara langsung baik dari lokal maupun internasional, saat ini sudah ada hampir 20 negara yang terdaftar mengikuti acara ini.

Rocca sebagai promotor & sport management olahraga di Indonesia mencoba menghadirkan sensasi balap sepeda ala Tour de France untuk pehobi dan komunitas sepeda di Indonesia melalui L’Etape Indonesia by Tour de France,” ungkap Zacky Badrudin, Event Direktur L'Etape Indonesia by Tour de France.

Indonesia Berpeluang Kirim Atlet Balap Sepeda ke Olimpiade 2024

Sensasi balap sepeda ala Tour de France benar-benar dituangkan oleh L’Etape Indonesia by Tour de France. Mulai dari inagurasi jawara tanjakan King of Mountain (KOM) dengan polka dot jersey, jersey hijau untuk jawara sprint, dan pemenang lomba secara umum yang akan memperoleh jersey kuning, serta jersey putih untuk pemenang Youth Category. Secara umum L’Etape Indonesia by Tour de France akan menawarkan dua kategori lomba, 135 km dan 80 km. “Pilihan dua jarak lomba ini untuk memberikan sensasi lebih kepada para peserta ala Tour de France sekaligus menawarkan pengalaman lebih untuk menikmati sport tourism yang sedang happening di Indonesia,” “Keriaan dan sensasi ala Tour de France akan kami bawa ke Indonesia melalui L’Etape Indonesia by Tour de France,” tutur Zacky lebih lanjut.

L'Etape Indonesia by Tour de France sendiri akan diselenggarakan di area Kuta Mandalika Lombok yang menjadi kawasan ekonomi khusus pariwisata yang ditetapkan oleh pemerintah.

Kawasan yang dijuluki The New Bali ini menawarkan pemandangan yang indah dan jajaran pantai berpasir putih. “Kuta Mandalika menjadi salah satu fokus pariwisata yang dikembangkan oleh provinsi Nusa Tenggara Barat. Secara infrastruktur dan jalur, Kuta Mandalika siap menjadi penyelenggara event berskala internasional,” jelas Gubernur Nusa Tenggara Timur Bapak Zulkieflimansyah.
L'Etape Indonesia by Tour de France akan papar Zacky lebih lanjut.

“Kami yakin dengan adanya event Internasional seperti menjadi salah satu penggerak ekonomi kreatif, akan menghasilkan perputaran ekonomi dan peningkatan pendapatan yang akan dirasakan langsung oleh daerah setempat melalui transaksi Transportasi & Akomodasi, Festival UMKM, Festival makanan dan minuman yang tentu hal ini akan berdampak pada terciptanya lapangan pekerjaan”
  
Dukungan penuh pun diberikan oleh Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI). ISSI menyambut baik penyelenggaraan L’Etape Indonesia by Tour de France.

“Pehobi balap sepeda di Indonesia mengalami peningkatan pesat di tiga tahun belakangan ini. Animo yang tinggi ini ditangkap baik oleh banyak penyedia tur sepeda amatir seperti L’Etape Indonesia by Tour de France, yang memberikan sensasi balap ala pesepeda profesional. ISSI berharap dari event-event amatir seperti ini akan lahir pebalap-pebalap sepeda masa depan Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya