Skill Academy by Ruangguru Jadi Platform Resmi Program Kartu Prakerja

Pendiri dan Direktur Produk dan Kemitraan Ruangguru, Iman Usman bersama Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari, saat penandatanganan perjanjian kerjasama Program Kartu Prakerja, Jumat (20/03).
Sumber :

VIVA – Ruangguru, perusahaan penyedia layanan pendidikan berbasis teknologi terbesar di Asia Tenggara, hari ini mengumumkan bahwa unit usahanya, Skill Academy by Ruangguru, platform pelatihan online & offline bersertifikat terbesar di Indonesia, resmi ditunjuk sebagai mitra resmi Kartu Prakerja, program pengembangan kompetensi kerja di bawah naungan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia.  

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Talkshow "Etika Pelajar di Dunia Digital"

Penandatanganan kerjasama dilakukan hari ini, bersama Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari, dan disaksikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto di Gedung Kemenko Perekonomian Republik Indonesia.

Skill Academy adalah solusi satu pintu bagi para pelajar seumur hidup yang ingin meningkatkan dan/atau menambah keterampilan mereka. Melalui bentuk pelatihan berbasis video belajar dan tutorial online, pengguna dapat mengakses ratusan kelas dengan topik seperti pengembangan diri, persiapan tes, desain, marketing, teknologi & software, kewirausahaan, dan keuangan yang diajarkan oleh pakar-pakar terbaik di industri, dan mendapatkan sertifikat kelulusan setelah pelatihan selesai.

Cara Hapus Jejak Digital, Cocok buat yang Suka Buka Situs Berbahaya

Pengguna juga bisa mengakses dan mendaftar ke berbagai lokasi pelatihan offline terpercaya dan terakreditasi, tersebar di seluruh Indonesia, melalui platform SkillAcademy.com. Seluruh layanan dan produk Skill Academy by Ruangguru dapat diakses kapan saja dan di mana saja, melalui aplikasi mobile atau situs. 

Contohnya, peserta dapat mengikuti kelas Sukses Bisnis Online Shop di Instagram, yang diajarkan langsung oleh Michael Sugiharto (pakar pemasaran melalui media sosial), Customer Service dan Cara Menguasai Teknik Pelayanan Terbaik, yang diajarkan oleh Putri Lisa Erdiyanti (Commercial Operations Lazada), SEO 101: Cara Membuat Website Eksis di Halaman Depan Google, diajarkan oleh Ilman Akbar (Product Manager Traveloka dan Praktisi SEO), Merancang Produk yang Dicintai Pengguna dengan Data Powered Design, diajarkan oleh Stevanus Christopel (VP of Design OVO), dan masih banyak lagi. 

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Talkshow "Promosi Budaya Indonesia Lewat Konten Digital"

“Penunjukan dan pengumuman Skill Academy sebagai mitra resmi Kartu Prakerja adalah kehormatan yang amat besar bagi kami. Sudah menjadi misi kami di Ruangguru, untuk bisa memudahkan akses terhadap pendidikan seumur hidup. Skill Academy kami luncurkan sebagai unit usaha di Ruangguru yang fokus membantu profesional dan calon pekerja untuk bisa meningkatkan kompetensinya agar bisa relevan dengan kebutuhan industri saat ini.

Sejak diluncurkannya Skill Academy di tahun 2019, ratusan ribu profesional muda sudah berhasil meningkatkan kompetensinya lewat ratusan pelatihan online yang ada. Kami yakin, dengan ditunjuknya Skill Academy sebagai mitra resmi Kartu Prakerja, kami bisa membantu lebih banyak orang lagi agar bisa mencapai aspirasi karirnya” ucap Iman Usman.

Nantinya, seluruh penerima Kartu Prakerja, yakni setiap Warga Negara Indonesia di atas usia 18 tahun, akan mendapatkan bantuan biaya pelatihan hingga Rp7 juta per peserta sekali seumur hidup. Dengan demikian, penerima Kartu Prakerja dapat langsung memanfaatkan berbagai jenis pelatihan yang tersedia di Skill Academy by Ruangguru, baik pelatihan online, offline, maupun kombinasi online dan offline.

Pemerintah kemudian akan membayar biaya pelatihan, sesuai dengan pilihan pengguna, langsung kepada Skill Academy by Ruangguru atau lembaga pelatihan offline terkait. Selain biaya pelatihan, setiap peserta kartu Prakerja juga akan mendapatkan tunjangan untuk mengikuti pelatihan.     

Informasi lebih lanjut terkait program Kartu Prakerja dan Skill Academy by Ruangguru dapat diakses di situs prakerja.skillacademy.com. 

Pendaftaran untuk Kartu Prakerja sendiri akan dibuka pada awal bulan April di situs prakerja.go.id. Untuk tahap awal pada bulan April 2020 nanti, pelatihan online dapat diikuti oleh peserta Kartu Prakerja di seluruh Indonesia, sementara pelatihan offline akan mulai dibuka untuk peserta yang berdomisili di Kepulauan Riau, Sulawesi Utara, Bali, dan Kota Surabaya. 

Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja melalui bantuan biaya pelatihan yang diberikan kepada semua WNI yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah atau kuliah, dan diprioritaskan untuk pengangguran muda. Pada tahun 2020, jumlah peserta ditargetkan mencapai 2 juta dengan alokasi APBN sebesar Rp10 triliun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya