Program Konservasi BRI, Kali di Semarang jadi Bersih dan Lestari

Program konservasi kawasan sungai di Semarang oleh BRI.
Sumber :

VIVA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melakukan konservasi Kali Semarang dan memberi edukasi pentingnya lingkungan sehat serta pemberdayaan ekonomi masyarakat di Semarang, Jawa Tengah.

Pj Bupati Purwakarta Ingatkan Integritas ASN dan Mitigasi Wabah DBD

Upaya tersebut menjadi wujud komitmen BRI dalam kepedulian terhadap pelestarian lingkungan dan pemberdayaan sosial ekonomi masyarakat.

Direktur Utama BRI Sunarso beberapa waktu lalu mengatakan program konservasi kawasan sungai menjadi wujud kepedulian BRI yang senantiasa berupaya memberikan value kepada masyarakat di sekitar area operasional perusahaan.

HUT Ke-61, Taspen Tegaskan Komitmen Genjot Kesejahteraan Masyarakat

“Kami berharap kehadiran BRI dapat memberikan dan mendeliver value di tengah masyarakat, salah satunya melalui program konservasi kawasan sungai di 19 titik di Indonesia,” ujarnya.

“Program konservasi kawasan sungai yang dilakukan BRI ini mengacu konsep Triple Bottom Line yang berdasar pada keberlanjutan, yakni Pro People, Pro Planet dan Pro Profit. Pro People yakni kepedulian BRI kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pro Planet yakni kepedulian BRI kepada lingkungan hidup.

BUMN Indofarma Belum Bayar Gaji Karyawan: Benar, Kami Belum Memiliki Kecukupan Dana

Sedangkan Pro Profit untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM melalui edukasi  entrepreneurship, administrasi dan manajerial, akses go online, serta good corporate governance,” urai Sunarso.

Sunarso juga menambahkan dalam program konservasi ini BRI mengarahkan pada dua kegiatan besar yakni bersih-bersih sungai dan sampah jadi duit. Kegiatan bersih-bersih sungai terdiri atas aktivitas normalisasi/pembersihan/pengerukan sungai, pembangunan sarana dan prasarana fisik dan edukasi lingkungan sehat.

“Selain itu BRI memberi pelatihan bagi masyarakat untuk mengelola sampah agar lebih bernilai ekonomis dan juga memberi bantuan mesin pencacah sampah sehingga program sampah jadi duit ini bisa menggerakkan ekonomi masyarakat sekitar,” imbuhnya.

Semarang merupakan satu kota di Indonesia yang menjadi lokasi implementasi tahap pertama program konservasi kawasan sungai/kali oleh BRI. Secara total, ada 19 kota di Tanah Air yang menjadi target pelaksanaan program konservasi kawasan sungai oleh BRI sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR).

Sementara itu Pemimpin Wilayah BRI Semarang Wahyu Sulistiyono di Semarang (13/09), menjelaskan bahwa Kali Semarang dipilih sebagai lokasi program karena berada tepat di tengah kota. Kondisi sungai kurang terawat dengan lingkungan yang kurang tertata rapi serta bantaran sungai becek sehingga terkesan kumuh.

Konservasi kawasan sungai difokuskan pada sungai/kali yang terletak di sepanjang pemukiman penduduk yang berfungsi sebagai daerah resapan penampung air hujan dan pengaliran air. Program konservasi Kali Semarang ini dilaksanakan sejak November 2019 dan selesai pada Maret 2020.

“Saat kunjungan pertama kali untuk revitalisasi kondisi kali tidak terawat, terdapat sampah dan airnya tidak mengalir.

Kami bekerja sama dengan pemerintah kota melalui Dinas Pekerjaan Umum setempat dan mengajak dinas terkait untuk merevitalisasi sungai tersebut. Lalu dilakukan pengerukan, pembersihan kali dari sampah-sampah. Dibuat taman (Kalisari), ditata lebih rapi dan dibuat penghijauan,” ungkap Wahyu.

“Pekerjaan pembersihan, pengerukan dan bantuan sarana prasarana penghijauan, edukasi lingkungan sehat semuanya sudah selesai. Sekarang Kali Semarang jadi bersih, kawasan di pinggirnya menjadi rapi dan tertata,” tambah Wahyu.

Progres fisik bersih-bersih Kali Semarang saat ini sendiri sudah mencapai 100%. Kini, kawasan di sepanjang pinggir Kali Semarang menjadi lebih tertata, hijau dan bersih, serta lestari.

Kawasan ini menjadi ruang terbuka hijau dan area taman bermain outdoor yang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berjalan-jalan sore dan menikmati sunset. Konservasi Kali Semarang ini mendorong kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap kebersihan sungai dan kebersihan lingkungan.

Selain bersih-bersih Kali Semarang, Kantor Wilayah BRI Semarang juga memberikan edukasi dan pemberdayaan mengolah sampah jadi duit pada Bank Sampah Waras yang terletak sekitar 3 KM dari Kali Semarang dan dikelola masyarakat setempat.

“Kami memberikan bantuan dan mensosialisasikannya. Walaupun belum bisa dilakukan pengumpulan masa karena pandemi, BRI sudah memberikan eduaksi kepada pengurus bank sampah. Kita sampaikan ke masyarakat bahwa kalau sampah dilakukan pengolahan akan bisa bermanfaat dan memberdayakan ekonomi,” pungkas Wahyu.

BRI akan terus mengambil peran dalam mendorong pelestarian lingkungan dan pemberdayaan sosial ekonomi masyarakat. Melalui langkah nyata ini, diharapkan kepedulian perusahaan dapat memberi dampak positif bagi bumi dan peningkatan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat .

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya