Tingkatkan Kesadaran Berinvestasi, BRI Gelar Semarak Literasi Keuangan

Ilustrasi Investasi
Sumber :
  • vstory

VIVA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk konsisten melakukan kegiatan edukasi kepada masyarakat terutama dalam melakukan perencanaan keuangan. Bank BRI sukses menggelar acara puncak “Semarak Literasi Keuangan Investasi dan Proteksi Aman di Era New Normal” yang bertempat di BRILIan Center BRI dan dilaksanakan secara virtual beberapa waktu yang lalu. 

Riset: Kebiasaan Belanja Orang Indonesia, Bandingin Harga di Situs Online dan Toko Offline

Acara tersebut merupakan acara puncak dari rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan serentak di 19 wilayah Indonesia dengan turut mengundang Universitas Negeri dan Swasta ternama serta instansi lainnya dengan konsep Virtual Talkshow yang diikuti lebih dari 10.000 peserta yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Hadir dalam acara tersebut Direktur Konsumer BRI Handayani, Direktur Utama Danareksa Sekuritas Friderica Widyasari Dewi, Direktur Utama BRIlife Iwan Pasila serta EVP Wealth Management Division BRI Tina Meilina serta Jajaran Pemimpin Wilayah BRI Seluruh Indonesia. 

Luhut Sebut Apple Juga Sangat Tertarik Investasi di IKN

“Harapan kami ke depan, dengan diadakannya kegiatan ini seluruh nasabah setia Bank BRI dan Insan BRILian dapat mulai melakukan perencanaan keuangannya sejak dini untuk melakukan proteksi atas risiko-risiko hidup yang tidak terduga dan memiliki ketahanan ekonomi dalam rangka mengantisipasi ketidakpastian, serta perubahan kondisi pasar yang terus terjadi di era pandemi” ujar Tina. 

“Asuransi memberikan 2 hal utama, yang pertama adalah Peace of Mind yang berarti jika terjadi sesuatu risiko dalam hidup ada yang mengcover. Peace of Mind bukan brarti kita hidup menjadi sembarangan, justru dengan adanya asuransi kita menjadi tenang dan dapat fokus dalam pekerjaan kita. Yang kedua, membantu kita untuk kemudian mulai disiplin menggunakan keuangan kita. Dengan belajar berasuransi kita mulai mengatur masa depan kita.” ungkap Iwan Pasila. 

Luhut Sebut Apple Bakal Investasi Besar: Tim Cook Baru Sadar RI Potensial

Pada puncak kegiatan edukasi pengelolaan keuangan dan investasi bagi millenial, Handayani selaku Direktur Konsumer BRI menyampaikan jika investasi merupakan hal yang sangat penting di masa pandemi. Menurutnya investasi bukan masalah nominal, namun kemauan menyisihkan penghasilan untuk berinvestasi. 

“Tetap menabung dan berinvestasi itu sangat penting dimasa pandemi ini. Intinya persiapan itu adalah kunci, tidak sedikit yang sudah banyak uang pun mengalami kesulitan. Mengapa? karena tidak memiliki persiapan. 
Pandemi ini justru menyadarkan kita bahwa bukan soal sedikit atau banyaknya uang yang dimiliki melainkan bagaimana kita menggunakannya. Mendiamkan uang tidak akan membuat penghasilan kita menjadi optimal sehingga kita perlu mengembangkan aset yang dimiliki dengan berinvestasi,” papar Handayani. 

Untuk meningkatkan layanan Wealth Management, saat ini Bank BRI tengah mempersiapkan para Relationship Manager (RM) handal dan profesional dari Sentra Layanan BRI Prioritas untuk dapat memberikan layanan advisor. RM tersebut dapat bertindak sebagai “Financial Advisor” bagi nasabah dan memberikan referensi produk-produk bank atau non-bank apa saja yang sesuai dengan profil risiko nasabah. Hal tersebut akan sangat membantu Milennials yang belum terlalu paham terkait bagaimana cara berinvestasi. 

Dalam kesempatan tersebut, Friderica menambahkan jika valuasi adalah kunci utama dalam investasi baik dalam kondisi normal apalagi di kondisi pandemi saat ini. Terdapat pepatah yang berbunyi “Price is what you pay. Value is what you get”. 

“Seperti yang telah diketahui, banyak harga saham yang mengalami penurunan meskipun perusahaan tersebut masih sangat baik secara fundamental. Oleh karena itu, jika kita memiliki metode yang tepat dan akurat dalam melakukan valuasi saham, maka peluang dalam melakukan investasi pun akan terlihat,” ungkap Friderica. 

Pada puncak acara “Semarak Literasi Keuangan Investasi dan Proteksi Aman di Era New Normal”, Bank BRI memberikan apresiasi kepada beberapa Regional BRI berprestasi dengan kategori “Pelaksana Event Terbaik” jatuh kepada Regional BRI Yogyakarta, “Pencapaian FBI Investasi Tertinggi” diraih oleh Regional BRI Malang, “Pencapaian FBI Bancassurance Tertinggi” dimenangkan oleh Regional BRI Bandar Lampung. 

“Dengan diadakannya literasi keuangan tersebut Bank BRI berharap agar industri Wealth Management semakin berkembang dalam menjaga ketahanan finansial masyarakat dari ketidakpastian situasi dunia saat ini. Bersama BRI, Investasi dan Proteksi Mudah, masa depan cerah,” pungkas Handayani.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya