Transaksi Ekspor UMKM Naik Signifikan di BRILIANPRENEUR 2020

bri brilianpreneur
Sumber :

VIVA – Perhelatan BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020 yang digelar oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk berlangsung lancar dan sukses. Meski diselenggarakan di tengah pandemi Covid-19, pameran usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) bertaraf internasional ini sukses menarik animo masyarakat serta membukukan peningkatan nilai transaksi dan kesepakatan dagang yang signifikan dibanding perhelatan tahun sebelumnya.

Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya

Penyelenggaraan pameran ini dilakukan secara hybrid mulai 1-15 Desember dengan puncak acara berlangsung pada 10 - 13 Desember 2020 di Jakarta. Pameran dilakukan secara virtual melalui www.brilianpreneur.com dan juga dapat disaksikan secara langsung di JCC-Jakarta dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat ditengah adaptasi kenormalan baru.

Selama hampir dua pekan pameran berlangsung, pengunjung virtual yang menyaksikan pameran daring produk-produk UMKM pilihan tercatat telah mencapai 104.755 orang. Selain itu dengan keterbatasan ditengah pandemi, masih terdapat ratusan pengunjung yang hadir dengan antusias secara langsung.

Pakaian Dalam Asal Bantul Siap Bersaing di Amerika dan Inggris

Pada acara puncak pameran Minggu (13/12) sore, Direktur Utama BRI Sunarso menyampaikan bahwa BRI dapat memanfaatkan kondisi normal baru ini dengan cara kerja lebih efisien dan dapat menghasilkan pencapaian yang lebih tinggi, hal ini ditunjukkan dengan peningkatan volume transaksi yang signifikan.

“Yang lebih penting bukan hanya dari sisi jumlah pengunjung saja, namun transaksi pembelian produk-produk UMKM peserta BRI UMKM EXPO (RT) BRILIANPRENEUR 2020 berasal dari belanja online melalui Indonesia Mall dan pre-order tercatat meningkat signifikan melampaui angka pembelian di event yang sama tahun lalu, dari Rp1,1 miliar pada tahun 2019 meningkat hampir 3 kali lipat menjadi Rp3,1 miliar di tahun ini,” ujar Sunarso.

Pro Kontra Eksploitasi Pasir Laut, Pengamat Maritim Bilang Begini

Sunarso menambahkan, pameran ini berhasil memfasilitasi kontrak pembelian barang UMKM senilai total US$57,5 juta dengan melibatkan 99 calon pembeli yang berasal dari Amerika Serikat, Uni Eropa, Timur Tengah, Jepang, dan Australia. Angka ini meningkat sebesar 74% dibanding pencapaian tahun lalu yang sebesar US$33 juta.

“Para buyers yang didatangkan secara virtual oleh BRI dari mancanegara berhasil menandatangani 74 kontrak pembelian dengan total dealing amount sebesar US$57,5 juta. UMKM yang berhasil mendapatkan kontrak untuk ekspor ini antara lain Els Coffee, Bluberry Guitars, Digidoy, Lampu Runa, JC’s Pottery, Indo Risakti, Abon Cap Koki, Wastraloka, Siger Jaya Abadi, Galeri Alekot, Wisanka dan lainnya. Ini adalah salah satu bukti nyata bahwa BRI telah berhasil memberdayakan UMKM binaannya dengan mendorong pelaku UMKM untuk naik kelas dan Go Export,” tuturnya.

Keberhasilan pencapaian BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR tahun ini tidak terlepas dari upaya BRI mempromosikan produk-produk UMKM yang mengikuti ajang pameran ini. Untuk mengenalkan berbagai produk UMKM layak ekspor, setidaknya BRI mempromosikan kegiatan ini ke 17 negara.

Selain mengikuti pameran hybrid dan berbagai pelatihan, UMKM peserta BRI UMKM EXPO (RT) BRILIANPRENEUR 2020 ini juga berkesempatan mengikuti tiga kompetisi yang diadakan BRI. Ada tiga penghargaan yang diberikan bagi para peserta BRILIANPRENEUR 2020 yakni Best UMKM Expo, Best Business Matching, dan Pengusaha Muda BRILian 2020. Setelah melalui proses penilaian yang ketat, telah terpilih masing-masing tiga pemenang dari tiap kategori.

Untuk lomba Best UMKM Expo, pemenang yang terpilih adalah Kata Oma, Restu Mande, dan Kultiva.co. Kemudian, pemenang penghargaan Best Business Matching adalah PT Arung Jaya Perdana, PT Pelangi Indonesia, dan PT SUNandSAND. Terakhir, ada Naruna Ceramics (Semarang), Havila Tea (Bandung), dan Munofolk (Bandung) yang terpilih sebagai peraih penghargaan program akselerasi bisnis BRI yakni Pengusaha Muda BRILiaN 2020.

“Seluruh pencapaian tersebut sesuai dengan amanat Bapak Presiden RI pada saat opening ceremony, bahwa di masa pandemi ini, UMKM harus tetap termotivasi untuk lebih kreatif dan mampu menampilkan produknya secara lebih menarik melalui cara baru yang inovatif,” ujar Sunarso.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo pada pembukaan BRILIANPRENEUR 2020 (10/12) menyebut pandemi menuntut kita untuk lebih kreatif, termasuk UMKM. UMKM harus mampu menampilkan produknya yang lebih menarik dan melalui cara baru yang inovatif. "Saya melihat akhir tahun banyak pameran yang diselenggarakan oleh kementerian dan lembaga atau institusi, tapi saya ingatkan agar pameran-pameran ini harus mampu meningkatkan transaksi dan volume ekspor dari UMKM kita," ujarnya.

Kedepannya BRI berkomitmen terus menggelar acara serupa demi mendorong lebih banyak lagi pelaku UMKM Indonesia yang bisa naik kelas dan mendunia. Perkembangan UMKM menjadi kunci agar pertumbuhan ekonomi dan perbaikan kondisi perekonomian Indonesia bisa berjalan lebih cepat.

“Bank BRI berkomitmen akan tetap menggelar acara yang sama, dengan menargetkan lebih banyak UMKM lokal yang terlibat dan lebih banyak potential buyers yang datang dari luar negeri untuk mendorong UMKM Indonesia go global di tingkat internasional,” pungkas Sunarso.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya