Kembangkan Kompetensi ASN Jatim, LAN Gandeng Kemenpan RB dan Pemprov

kepala LAN
Sumber :

VIVA – Dalam tataran praktek, pengembangan kompetensi tidak lagi dilihat hanya dalam bentuk pembelajaran dalam kelas secara klasikal, namun titik beratnya beralih ke experiental learning dalam bentuk program non klasikal seperti on job training, magang, self-learning, coaching, dan mentoring.

Alasan Pemprov DKI Gelontorkan Rp 22,2 M untuk Perbaiki Rumah Dinas Gubernur

Hal tersebut disampaikan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN), Dr. Adi Suryanto, M.Si, pada acara penandatanganan Nota Kesepakatan antara LAN, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) tentang Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Corporate University (CorpU), yang dilangsungkan secara virtual, Selasa (29/12). 

“Pengembangan kompetensi secara terintegrasi melalui Corporate University dapat dijadikan sebagai salah satu pendekatan untuk mengakselerasi ransformasi pengembangan kompetensi pegawai. Melalui pendekatan CorpU, pengembangan kompetensi bukan semata-mata hanya untuk peningkatan kapasitas individu akan tetapi juga mendukung peningkatan kapasitas organisasi. Dukungan teknologi informasi menjadi hal yang krusial dalam pengembangan dan operasionalisasi CorpU", jelasnya.

Alasan Sakit, Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Mangkir Panggilan KPK

Lebih lanjut, Adi Suryanto mengatakan koordinasi dan kerjasama antara unit pengelola SDM, unit penyelenggara pelatihan, dan unit teknis sangat diperlukan dalam mendukung keberhasilan pengembangan CorpU. Selain itu, perlu adanya proses knowledge management dan knowledge learning yang menjadi salah satu kunci keberhasilan CorpU.

"Kami menyambut baik dan memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas sinergi yang dilaksanakan dalam mengembangkan kompetensi Pegawai ASN di lingkungan Pemprov Jatim melalui Corporate University. Harapan kami, tentunya dengan sinergi 3 (tiga) instansi ini bisa menjadi salah satu gerbang bagi reformasi pengembangan kompetensi ASN, dan menjadi salah satu contoh pengembangan CorpU di instansi pemerintah", tutupnya.

Wow, Pegawai ASN yang Pindah ke IKN Bakal Dapat Satu Unit Apartemen Layak Huni

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo, S.H. dalam sambutannya menyampaikan apresiasi bahwa Nota Kesepakatan ini memiliki tujuan yang mulia yaitu meningkatkan kualitas ASN dalam rangka peningkatan kualitas birokrasi pemerintah dan pelayanan terhadap masyarakat.

Menpan RB menambahkan "Kita semua tahu bahwa Bapak Presiden Jokowi telah menempatkan pembangunan SDM sebagai salah satu prioritasnya dalam membangun bangsa ini. Oleh sebab itu, Nota Kesepakatan ini merupakan upaya yang tepat. Segera kita akan dorong instansi pemerintah daerah lainnya untuk membuat terobosan dan lompatan agar ASN kita mampu bersaing di segala bidang".

Selanjutnya, Gubernur Jawa Timur, Dra. Khofifah Indar Parawansa, M.Si. menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah mendukung komitmen dan berikhtiar bersama untuk mewujudkan ASN yang unggul dan profesional, sehingga ke depan kinerja ASN menjadi penting agar dapat dirasakan oleh masyarakat luas.

"Semoga CorpU dapat menjadi pintu gerbang tidak hanya bagi ASN Pemprov Jatim khususnya, namun juga Pemerintah kabupaten-kabupaten di Jawa Timur untuk menjadi semakin berkualitas dan profesional", tutupnya.

Acara dilanjutkan dengan penandatangan Nota Kesepakatan secara virtual dari tempat kedudukan masing-masing. Acara ini turut dihadiri oleh Pejabat Pimpinan Tinggi di lingkungan Kemenpan RB, LAN, Kepala BPSDM seluruh Indonesia, dan Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah di lingkungan Pemprov Jawa Timur. (Humas)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya