Serahkan Alat Kesehatan, Mensos Ajak Pemda Mandiri Tangani Bencana

Mensos Risma menyerahkan alkes kepada Walikota Surabaya Eri Cahyadi (28/2/2021)
Sumber :
  • Biro Humas Kemensos

VIVA – Kementerian Sosial RI dalam upaya penanganan pasca terjadi bencana akan merubah pengadaan gedung, sehingga akan dialokasikan untuk dana operasional bencana alam agar bisa lebih maksimal. 

Jokowi Resmikan Huntap hingga Proyek Infrastruktur Pascabencana di Sulteng

“Mengingat terjadi musibah bencana alam di seluruh nusantara, maka pengadaan gedung di rubah untuk memaksimalkan penanganan bencana,” ujar Menteri Sosial Tri Rismaharini saat menyerahkan bantuan alat kesehatan (alkes) kepada Walikota Surabaya Eri Cahyadi di halaman Balai Kota Surabaya, Minggu (28/2/2021) pagi.

Pemerintah Daerah (Pemda), kata Mensos, mempunyai peran strategis dalam mengatasi daerahnya masing-masing. Kementerian Sosial (Kemensos) siap dengan buffer stock yang bisa dikirim dengan cepat ke lokasi bencana. 

BNPB Sebut Alih Fungsi Hutan Memperparah Dampak Longsor di Bandung Barat

“Kami siapkan buffer stock yang sewaktu-waktu bisa dikirim cepat, tapi itu tergantung Pemda bisa mengatasi bencana yang terjadi. Nanti, kita lihat mampu atau tidak dan seperti apa yang dibutuhkan di lokasi bencana,” katanya. 

Untuk memudahkan penanganan pasca terjadi bencana, sudah melaporkan agar Pemda mandiri seperti memiliki tenda sendiri, dapur umum dan lain sebagainya. 

Korban Meninggal akibat Banjir dan Longsor di Bandung Barat Bertambah Jadi 4 Orang

“Sudah diberikan kepada Pemda, berupa dapur umum, tenda, genset dan perahu. Termasuk, diusulkan pembangunan gedung agar ditiadakan untuk memaksimalkan upaya penanganan pasca terjadi bencana alam,” tegas Mensos. 

Dengan dukungan dapur umum, tenda, genset dan perahu, diharapkan Pemda melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) bisa mandiri sebelum Kemensos datang, termasuk diusulkan DAK untuk pengadaan alat berat. 

“Untuk penanganan pasca terjadi bencana alam, kami sudah mengusulkan untuk pengadaan alat berat, tapi soal disetujui atau tidak itu lain persoalan,” tandas Mensos.

Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan bantuan dua jenis alkses, berupa hand sanitizer sebanyak 448 karton dan sebanyak 32 karton masker medis. 

Walikota Surabaya, Eri Cahyadi mengucapkan terima kasih atas bantuan alkes hand sanitizer dan masker medis yang diberikan Mensos Tri Rismaharini, karena memang dibutuhkan oleh tenaga medis (Nakes) dan masyarakat.

“Terima kasih atas bantuan dari Ibu Mensos, dan kami akan salurkan kepada para Nakes dan masyarakat yang membutuhkan khususnya dalam upaya pencegahan Covid-19, terlebih di Surabaya sudah memasuki zona hijau,” terang Eri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya