Mensos: Pengelolaan Gudang Logistik Harus Digital, Tidak Pakai Kertas

Mensos Tri Rismaharini saat meninjau gudang logistik di Makassar
Sumber :
  • Biro Humas Kemensos

VIVA – Kementerian Sosial RI mempersiapkan penanganan pasca terjadi bencana, salah satunya terkait dengan pengelolaan dan penyediaan stok permakanan dan peralatan yang berada di gudang-gudang logistik.

Swiss German University Dukung Revolusi Industri 4.0 di Indonesia!

“Jadi, tolong di seluruh gudang bisa terintegrasi menampilkan data isi gudang secara digital dan tidak lagi dalam bentuk kertas,” ujar Menteri Sosial Tri Rismaharini saat meninjau gudang logistik wilayah timur di Makassar, Selasa (20/4/2021) siang.

Di setiap gudang, kata Mensos, perlu terdapat ketersediaan barang-barang yang sewaktu-waktu harus cepat dikirimkan ke berbagai lokasi bencana dan tidak terhalang oleh alat transportasi dan biaya pengiriman.

Ekonomi Digital di ASEAN Meningkat, HSBC Luncurkan Growth Fund Rp15,8 Triliun

“Di gudang logistik perlu ditambah isinya dengan cukup sehingga jangan sampai untuk pengiriman ke lokasi bencana terkendala transportasi dan biaya pengiriman,” tandas Mensos.

Selain itu, Mensos meminta di lokasi bencana agar disiapkan tenda dengan bahan bukan dari terpal dan di ujung tengahnya diberikan bolongan untuk memudahkan menyangga tiang tenda.

Kemenkeu, Kemenhub, Kemenkes, dan Bank Mandiri Berkolaborasi Pangkas Transaksi di Pelabuhan

“Perlu disiapkan model tenda dengan bahan bukan terpal dan di ujung tengah ada bolongan untuk menyangga tiang seperti yang digunakan di Pramuka,” katanya.

Pengalaman di lokasi bencana baru-baru ini, pengiriman logistik terkendala moda transportasi laut terkendala gelombang dan darat kondisi jalan yang rusak oleh bencana menjadikan pengiriman bagi warga terkendala dan tidak cepat sampai.

Sidang Lanjutan sengketa perselisihan hasil Pilpres 2024 di MK

Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu

Kubu 01 dan 03 meminta izin ke MK agar bisa menghadirkan sejumlah menteri dalam persidangan sengketa Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024