Tinjau Gudang Logistik, Mensos Pastikan Kesiapan Stok Permakanan

Mensos Risma saat meninjau gudang logistic, di Jalan Lintas Sumatera Kec Inderalaya, Kab Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Selasa (11/5/2021).
Sumber :

VIVA – Kementerian Sosial RI mengantisipasi kebencanaan dengan menyiapkan gudang logistik dilengkapi stok permakanan dan peralatan.

Jokowi Resmikan Huntap hingga Proyek Infrastruktur Pascabencana di Sulteng

“Di gudang logistic perlu cara pengawetan sehingga saat terjadi bencana bantuan bisa cepat dikirim,” ujar Menteri Sosial Tri Rismaharini saat meninjau gudang logistic di Jalan Lintas Sumatera Kec Inderalaya, Kab Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Selasa (11/5/2021).

Di gudang logistic Mensos didampingi Bupati Ogan Ilir, Kepala BPBD Provinsi Sumatera Selatan, Direktur PSKBA, SKM Bidang Media Dan Komunikasi Massa. 

BNPB Sebut Alih Fungsi Hutan Memperparah Dampak Longsor di Bandung Barat

Di wilayah Barat, terdapat gudang logistic di Kota Medan, Sumatera Utara; Kota Padang, Sumatera Barat; serta di Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).

Gudang logistik juga menampung peralatan kebencanaan, seperti perahu karet dan perlengkapan evakuasi yang biasa digunakan oleh Taruna Siaga Bencana (Tagana). 

Korban Meninggal akibat Banjir dan Longsor di Bandung Barat Bertambah Jadi 4 Orang

Di gudang logistic menyimpang tenda darurat hasil rancangan Mensos dari bahan terpal PVC yang bisa menurunkan suhu udara panas dan didesain antiangin.

“Sudah dicek model tenda darurat yang harus ada bolongan agar ada tiang penyangga, jadi jangan hanya lembaran terpal yang begitu saja,” terang Mensos.

Pengelolaan gudang logistic perlu ditata dengan baik termasuk ribuan bahan makanan disusun rapi dan siap disalurkan jika terjadi bencana dengan cepat.

Mensos menekankan pengeloaan gudang logistic agar terintegrasi secara digital yang bisa menampilkan data isi gudang dan tidak lagi dalam bentuk kertas.

Belajar dari bencana di wilayah timur Indonesia, pengiriman logistik dengan moda transportasi laut terkendala gelombang, jalur darat terkendala jalan yang rusak parah mengakibatkan pengiriman bagi para korban jadi terkendala dan tertahan. 

Pada kesempatan itu, Mensos memberikan motivasi secara tertulis kepada Pelopor Perdamaian di Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS).

Mengakhiri rangkaian kunjungan, Mensos menanam Pohon Jambu Madu yang berasal dari Kota Medan, Sumatera Utara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya