Merawat Motor Matic di Masa PPKM Darurat, Ini Tipsnya

Honda Beat
Sumber :

VIVA – Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) masih berlangsung hingga kini dan hanya orang-orang bekerja di sektor esensial dan kritikal yang diijinkan naik kendaraan umum maupun masuk bekerja karena selebihnya harus WFH. Kebijakan ini tentu saja untuk menekan angka kasus Covid-19 di Indonesia. Jadi bagi Anda yang harus WFH full selama 2 minggu atau lebih harus bersabar sedikit untuk di rumah saja hingga aturan ini dicabut.

Punya Bos Baru, Honda Indonesia Targetkan Elektrifikasi Penuh 2040

Selain kesehatan tubuh yang harus selalu Anda perhatikan, ada juga hal lain yang tak boleh terlewatkan, motor Anda. Dengan WFH, mal juga tutup lebih awal dan jalan-jalan besar disekat, maka motor pun akan diparkir di rumah saja. Jika dibiarkan diam begitu saja dalam waktu yang lama, kendaraan Anda bisa rusak, apalagi jika motor matic.

Untuk Anda yang memiliki motor matic, berikut ada tips merawat motor matic yang sering tidak dipakai, supaya mesin dan performanya tetap bagus saat kembali dipakai nanti.

Bale Santai Honda untuk Pemudik Motor Tersedia di KM 35 Serang

1. Jangan Lupa Panaskan Mesinnya
Sama halnya dengan Anda yang harus tetap aktif walaupun di rumah, motor matic Anda pun harus begitu. Motor Anda harus selalu rutin dipanaskan agar gerak mesinnya selalu terjaga kelancarannya. 

Dan tak hanya itu saja, memanaskan mesin juga akan memicu pelumas untuk selalu melapisi semua bagian komponen mesin di setiap sela dan sisi. Jika dibiarkan mati terus menerus, pelumas atau olinya itu akan mengendap. Ujung-ujungnya, mesinnya bisa rusak. 

Terpopuler: Pemotor yang Mudik akan Dikawal, 2 Motor Baru Honda di Indonesia

Pemanasan ini tak perlu lama-lama. Di pagi hari selama kurang lebih 3 hingga 5 menit saja juga sudah cukup.

2. Selalu Teliti Bagian Rantainya
Selain mesin, hal yang harus Anda perhatikan lainnya adalah bagian rantai motor. Sebab bagian ini sangat mudah sekali karatan apalagi jika motor jarang digunakan seperti di saat sekarang. 

Untuk menghindarinya, rantai motor Anda keadaannya harus selalu seperti biasa. Tidak kendor dan juga tidak basah karena air. Jika terlihat kering, segera lapisi dengan pelumas, supaya korosi pada rantai motor matic Anda bisa dicegah.

3. Saat Akan Digunakan, Jangan Lupa untuk Menguras Tangki Bahan Bakarnya
Saat Anda akan menggunakan motor matic Anda, setelah sekian lama didiamkan, yang perlu Anda lakukan adalah menguras tangki bahan bakarnya. Hal ini dilakukan supaya endapan bensin basi yang ada di dalam tangki bisa dicegah dan dihindarkan. 

Akan sangat bahaya jika keadaan ini terjadi. Fuel pump pada tangki motor Anda kemungkinan besar akan mengalami kerusakan. Akhirnya, kerja mesin menjadi menurun dan performa motor pun ikutan menurun.

4. Jangan Lupa untuk Mencabut Aki dan Memastikan Tidak Ada Kabel yang Tersambung
Jika Anda berencana untuk tidak menggunakan motor matic Anda dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya Anda mencabut aki yang ada pada motor Anda tersebut. Sebagaimana Anda tahu, aki punya fungsi yang penting yaitu sebagai sumber listrik yang akan digunakan motor untuk bekerja. Nah jika dicabut, aliran listrik di dalam motor akan mati.

Tak hanya itu saja. Saat akan mendiamkan motor dalam jangka waktu yang lama, pastikan juga tak ada kabel yang masih terhubung. Sebab jika masih ada yang terhubung, listrik masih mengalir. Memang sih tidak akan berbahaya. Hal ini hanya akan membuat aki soak, karena daya listriknya terbuang percuma. 

5. Tetap Ganti Oli Secara Berkala
Motor boleh saja tidak sedang digunakan, akan tetapi Anda tetap harus mengganti olinya secara berkala. Hal ini karena oli mesin yang ada dalam motor, apalagi motornya jarang dipakai, itu pasti akan mengendap. 

Selain menurunkan kualitas mesin, kualitas pelumasan juga ikut menurun. Dan nanti saat dipakai, mesinnya bisa mengalami overheat alias suhu di dalam mesin tidak terkontrol. Mesin juga akan mudah aus.

Tapi ingat, sekalipun motornya hanya didiamkan, mengganti olinya juga jangan sembarangan. Misalnya dengan oli yang murah. Pastikan Anda memilih yang tepat dan bagus. Supaya mesinnya bisa terjaga. Jadi nanti saat digunakan, performanya akan tetap bagus seperti biasanya.

Itu dia 5 tips yang bisa Anda lakukan jika akan menyimpan motor dalam waktu yang lama. Supaya mesin dan performa motor bisa selalu bagus. PPKM memang hanya berlangsung sekitar 3 minggu saja, namun selalu ada kemungkinan diperpanjang sesuai situasi dan kondisi penyebaran Covid-19 di Indonesia. Akan tetapi menerapkan beberapa tips di atas juga rasanya penting untuk menjaga motor kesayangan Anda tetap oke meski tidak dibawa kemana-mana. 

Ingin Punya Motor Matic?
Buat Anda yang tertarik untuk memiliki motor matic, ada baiknya Anda memasukkan Honda Beat sebagai salah satu pilihan. Hal ini karena motor matic yang satu ini cara merawatnya sangat mudah. Dan tak hanya itu saja, Honda Beat juga punya banyak kelebihan, seperti:

? Hemat bahan bakar. Selain karena kapasitas mesinnya yang kecil, juga karena memang efisiensi konsumsi bahan bakarnya sangat bagus.
? Dilengkapi dengan kunci magnet otomatis yang berperan sebagai anti maling.
? Mampu bermanuver dan lebih gesit, bahkan saat di jalan macet. Hal ini karena Honda Beat termasuk kedalam jenis motor matic dengan body langsing.
? Meski ukurannya lebih ramping dan mungil, akan tetapi motor ini punya space yang cukup antara jok dengan bagian bodi depan dashboard-nya. Jadi saat berkendara, Anda bisa merasa nyaman.
? Memiliki spare part yang lengkap, harganya terjangkau, awet, ramah lingkungan, serta mudah didapatkan, termasuk dengan pesan online lewat Blibli.com.

Nah, semoga info di atas bermanfaat untuk bantu Anda menjaga kondisi motor tetap baik dan siap diajak bekerja lagi saat PPKM berakhir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya