KPCPEN Apresiasi Masyarakat yang Setuju Program Vaksinasi COVID

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 (foto ilustrasi).
Sumber :
  • vstory

VIVA – Berdasarkan hasil riset yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI), 84,9% masyarakat Indonesia setuju terhadap program vaksinasi COVID-19. Menanggapi hasil survei tersebut, KPCPEN melihat itu adalah suatu hal yang positif.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

“Ini bagus sekali, di saat sedang tingginya lonjakan kasus COVID-19, 84,9% masyarakat Indonesia setuju terhadap program vaksinasi COVID-19 dan terdapat 68,6% masyarakat percaya bahwa vaksin dapat mencegah penularan virus COVID-19,” terang Arya Sinulingga, Koordinator Komunikasi Publik Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

Arya menjelaskan bahwa kepercayaan publik merupakan hal penting, karena peran serta dan partisipasi publik jadi salah satu elemen penentu sukses-tidaknya penanganan pandemi. Vaksin COVID-19 yang saat ini sudah disuntikkan lebih dari 50 juta dosis, tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga jika ada orang yang tertular virus tersebut, diharapkan tidak mengalami sakit berat. 

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

“Untuk mencegah agar kita tidak tertular virus COVID-19 adalah dengan disiplin protokol kesehatan, sering mencuci tangan, memakai masker rangkap, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas,“ terang Arya.

Senada dengan Arya, Ahli Virologi dan Molekuler Biologi Universitas Udayana Prof. I Gusti Ngurah Mahardika mengatakan, pandemi COVID-19 kembali merebak hebat kembali di banyak negara di dunia. Tentu hal ini mengkhawatirkan banyak orang jika vaksin yang sudah digunakan di dunia tak bekerja optimal.
 
Menurutnya, terinfeksi bisa saja terjadi. Kasus positif COVID-19 boleh naik asal tak bergejala berat. Dia menambahkan, di negara yang capaian vaksinasi COVID sudah di atas 50 persen, kematian rendah walau lonjakan kasus positif kembali tinggi. Berdasarkan pengamatannya, lanjut Prof. Mahardika, hal ini terjadi di beberapa negara seperti Inggris, Jeman, dan Amerika Serikat yang capaian vaksinasi telah tinggi.

Salat Id di Masjid Agung Al-Azhar, JK Ngaku Senang Lebaran Kali Ini Ramai

Vaksinasi efektif melawan varian virus COVID-19 yang bermutasi. Vaksinasi termasuk ikhtiar mencegah tertular Varian of Concern. Tidak perlu pilih-pilih vaksin, karena semua vaksin yang disetujui di Indonesia aman, halal, dan berkualitas. 

Kemenkes mengimbau masyarakat tetap mendatangi sentra vaksinasi bagi yang sudah mendapatkan undangan atau melakukan pendaftaran online.

Anggota DPR RI fraksi PDI Perjuangan, Ihsan Yunus di KPK

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemeriksaan terhadap Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Ihsan Yunus terkait kasus dugaan korupsi Alat Pelindung Diri (APD)

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024