Hadapi Pandemi, Tingkatkan Inovasi dan Kolaborasi

Ilustrasi belanja online.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Pandemi COVID-19 menghambat semua sektor kehidupan masyarakat. Perlu langkah kolaborasi dan inovasi untuk menghadapi pandemi belum diketahui kapan berakhir ini.

Sosok Helena Lim, ‘Crazy Rich’ PIK Jadi Tersangka Kasus Korupsi Timah

Ketua Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) Bima Laga mengatakan, dari sisi e-commerce, pihaknya terus berusaha melakukan inovasi agar konsumen nyaman untuk berbelanja online atau daring. Platform juga membuka kerja sama dengan retailer untuk semakin melengkapi kebutuhan konsumen.

"Jadi berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat supaya mereka tidak lagi terlalu sering harus berbelanja dengan cara konvensional," ujar Bima.

Sering Dialami Anak-Anak dan Mudah Menular, Apa yang Perlu Dilakukan Untuk Cegah Gondongan?

Terpisah, Head of Corporate Communications Traveloka Reza Amirul Juniarshah menambahkan, berbagai inovasi dan inisiatif dilakukan untuk mengatasi pandemi. Diantaranya, Traveloka Clean Partners, mendorong para mitra untuk berkomitmen dalam menerapkan protokol kesehatan tempat dan pelaku wisata tersebut meliputi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability) yang ketat serta memudahkan pengguna dalam mengidentifikasi mitra-mitra tersebut dengan melekatkan label khusus.

"Hingga saat ini, kami telah menggandeng lebih dari 2.200 mitra untuk Traveloka Clean Partners," katanya.

Dokter Anak Internasional Gelar Workshop Champion Imunisasi, Ini Manfaatnya untuk Anak Indonesia

Reza juga mengatakan, beragam inovasi fitur seperti yang mengedepankan fleksibilitas bagi pengguna. Seperti Online Xperience Tur Virtual, memberikan solusi alternatif untuk memperoleh pengalaman seru tanpa perlu meninggalkan rumah.
 
Buy Now Stay/Fly/Use Later, memungkinkan pengguna untuk melakukan pemesanan berbagai kebutuhan gaya hidup di Traveloka dengan periode yang fleksibel sesuai kebutuhan. Pay Upon Check In dan Easy Reschedule, menawarkan fleksibilitas pembayaran langsung saat check-in di hotel serta kemudahan dalam mengatur ulang periode inap maupun perjalanan.

Menurut Reza pihaknya juga melakukan Tes COVID-19, bekerja sama dengan lebih dari 30 mitra di seluruh Indonesia untuk menghadirkan 450 pilihan produk layanan tes COVID-19, baik In Clinic maupun Drive Thru.

"Produk ini diharapkan dapat berkontribusi terhadap deteksi dini COVID-19 untuk memutus rantai penyebarannya," tutur Reza.

Traveloka Eats Delivery and Order Now, lanjut Reza, juga mendukung gerakan social distancing dan contactless order guna mencegah penyebaran COVID-19. Saat ini, pihaknya bermitra dengan lebih dari 8 ribu restoran di kawasan Jakarta, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan dan Bekasi untuk layanan pesan antar.

"Ada juga program Traveloka LIVE yang menghadirkan rekomendasi dan tur virtual secara livestream melalui aplikasi dan media sosial resmi Traveloka," katanya.

Sebagai upaya mendukung program vaksinasi nasional pemerintah, Reza mengatakan, pihaknya juga mendirikan sentra vaksinasi yang dilakukan di beberapa kota. Seperti di Yogyakarta, April 2021, ada lebih 8.000 penerima vaksin dalam 5 hari pelaksanaan dan di Tangerang Selatan, Mei 2021 ada lebih 4.000 penerima vaksin dalam 3 hari pelaksanaan. Vaksinasi juga dilakukan di Bandara Soekarno Hatta pada Juli 2021, ada sekitar 14 ribu penerima vaksin dalam dua pekan pelaksanaan.

"Sentra Vaksinasi juga dilakukan bersama Kemenparekraf dan MNC Peduli pada Juli 2021, ada sekitar 2300 penerima vaksin dalam 5 hari pelaksanaan," kata Reza.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya