HUT RI Ke-76, Menkominfo: Berbagi Semangat dengan Manfaatkan Teknologi

Helikopter TNI AU membawa bendera raksasa saat HUT RI ke 76 di atas Istana
Sumber :
  • Dispen TNI AU

VIVA – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengajak seluruh elemen bangsa untuk bersatu dan bergerak bersama dalam melawan pandemi COVID-19 yang telah memberikan dampak kepada kehidupan masyarakat. Menteri Johnny melontarkan ajakan itu dalam konteks peringatan HUT RI ke-76.

Coldspace Hadirkan Teknologi Hybrid Cold Fulfillment Warehouse Pertama di Indonesia

“Tahun ini, kita rayakan kemerdekaan dengan cara yang sedikit berbeda, tetapi dengan semangat yang selalu sama. Guna menjaga keselamatan diri dan orang-orang tercinta, kita harus tetap mempertahankan protokol kesehatan, menghindari terjadinya kerumunan. Mari memanfaatkan teknologi untuk bisa saling berbagi semangat kemerdekaan ini,” imbau Menkominfo.

Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan dalam rangka HUT RI ke-76 digelar di Istana Merdeka pada Selasa (17/8/2021) pagi. Sama seperti tahun lalu, upacara tahun ini dihadiri undangan terbatas dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Perusahaan Ini Berani Mengubah Model Teknologi

Presiden berulang kali mengatakan pandemi COVID-19 telah memacu kita untuk berubah, mengembangkan cara-cara baru, meninggalkan kebiasaan lama yang tidak relevan, dan menerobos ketidakmungkinan.

Sejalan dengan itu, pemerintah mengajak masyarakat untuk merayakan kemerdekaan dari rumah dengan cara-cara yang baru, yakni secara virtual untuk menghindari terjadinya kerumunan di tengah pandemi COVID-19.

Keajaiban Teknologi! LVAD Selamatkan Nyawa Penderita Gagal Jantung yang Hampir Putus Asa

Anjuran tersebut dijawab baik oleh rakyat yang membanjiri media sosial dengan aneka foto bernuansa merah putih.

Tautan untuk mendapatkan bingkai digital (twibbon) berdesain tema Hari Kemerdekaan RI pun telah banyak beredar dan memudahkan masyarakat. Cukup dengan memasukkan kata kunci “twibbon HUT RI", beragam tautan akan muncul. Beragam kreasi seni dalam semangat HUT RI juga diunggah dalam tagar #hutri76.

Sebelumnya, Juru Bicara Pemerintah Penanganan COVID-19 dr. Reisa Broto Asmoro juga mengajak seluruh masyarakat untuk merayakan Hari Kemerdekaan 2021 di Rumah Digital Indonesia (RDI). Melalui situs https://www.rumahdigitalindonesia.id/ masyarakat bisa mengikuti lomba dan permainan tradisional khas 17-an, dengan siapa pun dan dari mana pun.

Tak hanya itu, RDI juga menghadirkan berbagai keseruan interaksi virtual sesama pengunjung lain, seperti konten hiburan seni dan budaya, literasi digital, hingga belanja produk lokal.

RDI merupakan kolaborasi antara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), serta Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM).

Kemudian, ada pula Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Kementerian Agama (Kemenag), dan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

Selain kolaborasi dalam RDI, pandemi juga telah melahirkan dan menggerakkan berbagai kolaborasi dalam pemerintahan, pemerintah dengan masyarakat, maupun antarmasyarakat.

Semangat bangsa Indonesia untuk bergotong royong demi mencapai tujuan bersama semakin kuat setelah lebih dari satu setengah tahun diterpa pandemi.

Terjadi penguatan yang signifikan dalam perilaku dan infrastruktur kesehatan dan penguatan kelembagaan nasional Indonesia. Kesadaran, partisipasi, dan kegotongroyongan masyarakat pun menguat luar biasa.

Lebih lanjut, Menteri Johnny mengharapkan warga agar terus bahu membahu bersama pemerintah dalam pengendalian pandemi COVID-19.

Sikap proaktif, menyebarkan berita yang baik dan benar, berupaya segera melengkapi vaksinasi, menurutnya adalah beberapa langkah kecil yang dapat dilakukan masyarakat untuk membantu di situasi saat ini.

“Mari kita saling memberikan teladan. Sekecil apapun upaya kita dalam mencegah penyebaran virus corona merupakan perjuangan kita dalam melawan pandemi. Dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak saja sudah merupakan perjuangan untuk merdeka dari COVID-19,” pungkas Menteri Johnny.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya