Tak Hanya Menggoreng, Ini 5 Hal yang Bisa Dilakukan dengan Air Fryer

Air fryer dan sisa kentang goreng di dalamnya.
Sumber :
  • Facebook

VIVA – Kehadiran air fryer seolah menjadi inovasi yang menyenangkan, karena memungkinkan untuk menikmati aneka masakan gorengan dengan mudah dan lebih sehat. Hal ini bisa terjadi karena air fryer dapat membuat makanan garing dan renyah tanpa memakai minyak.

Kado Pernikahan Peralatan Rumah Tangga buat Sahabat, Pasti Bermanfaat

Air fryer bekerja dengan menyemburkan udara panas secara berkala. Tekanan di dalam wadah masak lama-kelamaan makin tinggi dan membuat makanan yang ditaruh di dalam menjadi matang. Singkatnya, air fyer bekerja seperti dengan oven dengan intensitas yang sama dalam tekanan suhu tinggi.

Umumnya makanan yang dimasak di air fyer adalah aneka gorengan yang biasa dibuat dengan metode deep fry. Misalnya kentang goreng, ayam goreng, pempek, sampai ke steak. Namun, tahukah kamu bahwa ada hal lain yang bisa dilakukan dengan air fryer? Berikut hal tersebut.

5 Tips Rumah dan Barang Elektronik Tetap Aman Selama Ditinggal Mudik

1. Membuat cookies

Seperti yang sudah disinggung, cara kerja air fryer sama seperti oven, maka tidak heran jika kamu bisa membuat cookies dengan alat ini. Cara memasaknya juga sama, adonan yang sudah siap tinggal dimasukkan ke panci masak kemudian tinggal aktifkan air fryer sesuai resep yang diberikan. Umumnya selama 10 menit dengan suhu 160 hingga 180 derajat Celsius.

Olah Makanan Pakai Air Fryer Bisa Berisiko Sebabkan Kanker?

2. Mengeringkan Makanan (Dehydrate)

Kamu bisa membuat aneka makanan kering dengan air fryer, contoh paling sering adalah buah. Caranya pun mudah, sama seperti memasak standar dengan air fyer. Namun, agar hasilnya optimal cobalah untuk memanggang dengan suhu rendah dalam waktu yang lama. Sehingga kandungan air menguap, makanan mengering, tetapi tidak merusak tekstur.

3. Mengukus makanan

Benar, kamu tak salah baca. Air fryer bisa digunakan untuk mengukus juga. Cukup taruh air secukupnya di panci masak. Taruh makanan yang ingin dikukus di atas tray yang diberikan. Soal memasaknya, usahakan dengan suhu menengah ke bawah agar makanan tidak gosong, tetapi menguapkan air.

4. Memanggang steak

Kini kamu tak perlu ke restoran mahal demi makan daging steak mewah. Cukup gunakan air fyer dan jadilah daging steak. Cara memasaknya pun gampang. Baluri daging steak dengan minyak, tambahkan bumbu seperti garam dan merica, kemudian masak di air fyer. Waktu masak pun tidak selama menggunakan kompor berkat udara panas tekanan tinggi di dalam tungku air fryer.

5. Mengolah makanan beku

Selain bekerja sebagai oven, air fryer juga bisa sebagai microwave. Dengan begitu kamu dapat langsung memasak makanan beku dengan mudah tanpa harus dicairkan atau didiamkan beberapa saat setelah keluar dari kulkas. Cukup taruh di air fryer, panaskan, dan langsung berubah dari frozen ke crisp dengan singkat.

Itulah tadi lima hal yang bisa kamu lakukan dengan air fryer. Jadi tidak sebatas hanya membuat aneka gorengan ya. Kamu bisa berkreasi membuat bermacam-macam hidangan dengan alat ini. Batasnya hanyalah imajinasi dan kreativitasmu dalam menggunakannya.

Namun, pastikan kamu memilih air fryer yang bagus dan sesuai. Sebelum membeli, pastikan kamu membaca rekomendasi air fryer terbaik agar tidak salah memilih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya