Gerakan Mobil Masker Sambangi 10 Kecamatan di Pangandaran

Gerakan Mobil Masker untuk Masyarakat (GMM).
Sumber :

VIVA – Gerakan Mobil Masker untuk Masyarakat (GMM) kali ini menyambangi 10 Kecamatan di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Satgas Covid-19) mengerahkan 40 relawan menuju wilayah Kabupaten yang memiliki luas 168.509 Ha dan pantai sepanjang 91 Km.

Fakta-fakta Doni Monardo Pernah Jadi Ketua Satgas COVID-19

Dua puluh unit Mobil Masker yang masing-masing membawa 10.000 masker membawa para relawan menuju Pangandaran dengan titik start di Sekretariat Satgas Covid-19, Gedung Is Plaza, Jakarta Pusat, Jumat (17/09/2021).

“Pukul 07.00 WIB kami akan berangkat menuju Pangandaran via Tol Padaleunyi (Padalarang-Cileunyi) dan memutar arah Nagrek, Malangbong, Ciamis lalu tiba di BPBD Pangandaran untuk apel dulu," ujar Tenaga Ahli Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Brigjen Pol (Purn) Imam Pramukarno.

Update COVID-19 Nasional 10 Februari 2023: Sembuh Tambah 275, Positif 239 Orang

Menurut Imam, tim akan bergerak menuju sasaran lokasi di 10 kecamatan. Sasaran atau obyek pembagian masker antara lain kampung nelayan, pedagang kaki lima kuliner nelayan, tempat ibadah, sekolah (SD/SMP/SMA), pangkalan ojek, pasar tradisional dan pasar ikan.

Kepatuhan Prokes, Pangandaran Terendah

Update COVID-19 Nasional 6 Februari 2023: Kasus Positif Masih Bertambah 169 Pasien

Imam menyebutkan bahwa angka kepatuhan masyarakat Pangandaran dalam menjalankan protokol kesehatan masih dianggap rendah.

Bahkan dibandingkan wilayah Kabupaten dan Kotamadya lainnya di Provinsi Jawa Barat, pada Februari 2021, Pangandaran tercatat sebagai wilayah paling tidak taat prokes.

“Hasil ratas, wilayah Pangandaran masih rendah kepatuhannya terhadap prokes. Karena itu dilakukan kegiatan Gerakan Mobil Masker untuk Masyarakat khusus di wilayah BPBD Ciamis/ Pangandaran,” ujar Imam.

Sama seperti sebelumnya, GMM dilakukan selama tiga hari berturut-turut. Selain membagikan masker, para relawan juga melakukan edukasi kepada masyarakat agar menjalankan protokol kesehatan dengan benar dan taat.

Setiap orang yang ditemui relawan akan mendapatkan 4 masker kain yang bisa digunakan lagi setelah dicuci. "Dengan demikian bisa digunakan terus,” ujar Imam.

Sebelumnya, GMM telah melakukan aktivitas menyebar masker ke wilayah DKI Jakarta, kemudian berlanjut ke Depok, Tangerang, dan Bekasi, lalu ke Bogor dan Wilayah Jawa Barat. Berlanjut ke Jalur Pantura. Sementara di luar Pulau Jawa, GMM sudah menjalankan program di Provinsi Aceh dan Bali.

Menurut Imam, harapannya GMM ini bisa diadaptasi dan diduplikasi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di seluruh Indonesia. Dengan demikian seluruh warga dan masyarakat Indonesia tersentuh.

BNPB dan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 di seluruh Tanah Air menggaungkan pentingnya memakai masker sebagai bagian dari 3M dengan jargon #PakaiMaskerHargaMati. Masker merupakan ‘senjata’ yang ampuh dalam menangkal serangan virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya