Vaksin Aman, Pemerintah Imbau Keluarga Ajak Lansia untuk Vaksinasi

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika di Vaksinasi Lansia
Sumber :
  • VIVA/ Adi Suparman

VIVA – Pemerintah terus berupaya untuk mempercepat vaksinasi untuk kelompok lansia. Hingga 19 September 2021, cakupan vaksinasi lansia baru mencapai 27,4% dari target sasaran dosis pertama dan 19,24% dari sasaran dosis lengkap.

INFOGRAFIK: Johnny Plate Dijatuhkan Hukuman BUI 15 Tahun

Vaksinasi kian mendesak karena kelompok lansia memiliki risiko kematian akibat COVID-19 paling tinggi.

“Per 14 September 2021, kelompok lansia yang positif COVID-19 sebesar 11,8% dari total kasus COVID-19, namun 46,7% dari total kematian adalah kelompok lansia," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Senin (20/9/2021).

Bacakan Pledoi, Johnny G Plate: Apa Benar Saya Dituduh Koruptor karena Alasan Politik?

Menkominfo menegaskan bahwa pemerintah telah memastikan bahwa vaksin aman untuk digunakan oleh lansia. Salah seorang penerima vaksin ada yang sudah berusia 100 tahun dan tidak merasakan efek samping berat.

Pemerintah mengajak masyarakat untuk terus menyebarkan informasi valid terkait vaksin untuk memberantas memerangi hoaks yang beredar di masyarakat. Menurut Menkominfo Johnny banyak kelompok lansia yang mendapatkan hoaks sehingga masih enggan untuk melakukan vaksinasi.

Korupsi BTS Kominfo, Irwan Hermawan Didakwa Rugikan Negara Rp8 Triliun

“Semua vaksin yang beredar di Indonesia telah dipastikan keamanannya dan khasiatnya. Informasi seperti ini yang harus kita perkuat dan sebarkan untuk meyakinkan lansia bahwa vaksinasi sangat dibutuhkan untuk mereka," tegasnya.

Menkominfo Johnny berpendapat, salah satu faktor yang dapat mendorong percepatan lansia adalah dorongan dari keluarga. Untuk itu, peran keluarga dalam memberikan informasi yang benar serta mengajak lansia untuk vaksinasi sangat krusial.

“Ayo ajak keluarga kita semua yang berada dalam kelompok lansia untuk segera vaksinasi. Memberi informasi yang benar serta mengajak para orang tua untuk vaksinasi adalah bagian dari tanggung jawab kita semua," seru Menkominfo.

Di sisi lain, pemerintah daerah juga diminta untuk menyusun strategi percepatan vaksinasi dan menyelesaikan kendala yang menghambat vaksinasi lansia di daerah masing-masing.

Menkominfo mengatakan, lokasi vaksinasi harus bisa menjangkau populasi rentan ini sesuai dengan keunikan masalah di masing-masing wilayah.

Menkominfo Johnny mengatakan alokasi dan keistimewaan sangat diperlukan untuk mempercepat vaksinasi bagi kelompok lansia. Hal itu salah satunya bisa dilakukan dengan memberikan antrian khusus untuk lansia di setiap pelaksanaan vaksinasi.

Selain itu, lanjutnya, tempat pelaksanaan vaksinasi harus mudah dijangkau oleh lansia, baik secara geografis maupun biaya. Hal ini juga harus diikuti juga dengan sosialisasi informasi dan edukasi yang mudah dipahami oleh lansia.

“Kerja sama pemerintah daerah dan masyarakat sangat diperlukan untuk mempercepat vaksinasi bagi kelompok lansia. Mari kita bergandeng tangan, bahu-membahu untuk menjaga kesehatan para orang tua kita dengan mengajak mereka melakukan vaksinasi segera," pungkas Menkominfo Johnny.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya