Bangkitkan Kesejahteraan di Papua, Kemnaker Serahkan Bantuan

Expo Tenaga Kerja Mandiri di Mersik Telaga Maya, Papua (15/10)
Expo Tenaga Kerja Mandiri di Mersik Telaga Maya, Papua (15/10)
Sumber :

VIVA – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Republik Indonesia menyerahkan paket bantuan bagi puluhan kelompok usaha wilayah Papua dan Papua Barat, di Expo Tenaga Kerja Mandiri di Mersik Telaga Maya, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (15/10/2021). 

Bantuan berupa uang senilai Rp 40 juta untuk per kelompok ini diharapkan dapat membantu para pelaku usaha untuk mengatasi dampak pandemi. Kemnaker juga berharap para penerima manfaat dapat memperluas kesempatan kerja sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Expo Tenaga Kerja Mandiri (TKM) ini diikuti secara simbolik oleh 20 kelompok usaha. Di sini mereka menampilkan produk/usaha yang berhasil diwujudkan melalui bantuan program TKM tahun 2020 yang mereka terima. Kelompok tersebut terdiri dari berbagai jenis usaha di antaranya reseller kayu olahan, peternakan dan pengolahan ikan lele, sablon pakaian, aneka makanan, dan pakaian jadi.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah juga sempat melihat-lihat usaha masyarakat Papua yang telah berhasil itu. Dia sangat berharap bantuan pemerintah ini dapat membuat masyarakat di Papua melewati pandemi.

"Covid-19 berdampak besar, industri dan tenaga kerja yg paling mendapatkan dampak luar biasa terpuruk, menteri percaya kita bangsa Indonesia dapat melewati masalah ini. Salah satu program kementerian adalah kegiatan perluasan kesempatan kerja antara lain TKM, TKS (Tenaga Kerja Sukarela), dan padat karya," ujar Direktur Bina Perluasan dan Kesempatan Kerja Kemnaker RI, I Nyoman Darmanta.

Expo TKM juga menjadi sarana interaksi masyarakat dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mendapatkan saran, masukan, serta dukungan dalam rangka keberhasilan program perluasan kesempatan kerja di lingkungan Kementerian Ketenagakerjaan. 

Kegiatan ini juga untuk mengukur tingkat keberhasilan dan menemukan hambatan dalam pelaksanaan program perluasan kesempatan kerja.