Tenaga Kerja Mandiri, Program Kemnaker Kurangi Pengangguran

Dok. Foto Kemnaker.
Dok. Foto Kemnaker.
Sumber :

VIVA – Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) melalui program Tenaga Kerja Mandiri (TKM) terus menyalurkan bantuan untuk memberdayakan masyarakat. Melalui cara ini, Kemnaker berupaya mengurangi jumlah pengangguran di tanah air.

“Program TKM merupakan salah satu strategi terbaik dari pemerintah. Apalagi dengan kondisi Covid-19 yang saat ini membuat perekonomian menjadi sangat down," kata Direktur Bina Perluasan dan Kesempatan Kerja Kemnaker RI I Nyoman Darmanta, Jumat (15/10/2021) di Papua. 

Menurut Nyoman, TKM akan merangsang pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

“Dengan adanya Tenaga Kerja Mandiri ini, dapat merangsang tumbuhnya usaha-usaha kecil menengah yang nanti diharapkan bisa membantu perekonomian masyarakat secara pribadi atau kelompok," tambah dia.

Kemnaker menyalurkan paket bantuan berupa dana Rp40 juta untuk puluhan kelompok usaha di Papua, Jumat. Bantuan diserahkan Expo Tenaga Kerja Mandiri di Mersik Telaga Maya, Kabupaten Jayapura.

Dana tersebut diharapkan dapat membantu para pelaku usaha untuk mengatasi dampak pandemi. Kemnaker juga menginginkan para penerima manfaat dapat memperluas kesempatan kerja, sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Program TKM merupakan salah satu bagian dari jaring pengaman sosial yang disiapkan Kemnaker dan telah berjalan sejak 3 Oktober 2020 lalu.