Dorong Instekmuh Kaltara Beroperasi, Hasan Basri Beri Bantuan Buku

Hasan Basri saat menyerahkan bantuan buku. (Dok. Foto DPD RI).
Sumber :

VIVA – Pemahaman terhadap literasi terutama tentang pentingnya budaya membaca khususnya kepada anak-anak hingga dewasa bukan pekerjaan mudah. Butuh tindakan langsung agar dapat membuat masyarakat punya keinginan tinggi untuk gemar membaca

Senator DPD Anggap Kejagung Tidak Tebang Pilih

Demikian dikatakan Senator Asal Kalimantan Utara Hasan Basri, di sela kunjungan kerjanya saat menyerahkan buku untuk mendukung program Tri Dharma perguruan tinggi di Institut Teknologi Muhammadiyah (INSTEKMUH) Kalimantan Utara di Tarakan (17/10/2021).

Anggota DPD RI asal Kalimantan Utara menjelaskan kurangnya perhatian pada buku dan dunia membaca menyebabkan minat baca buku masyarakat tergolong rendah. Produksi buku di Tanah Air pun minim dibandingkan jumlah populasi usia produktif. 

Suara Komeng 5,3 Juta di Jawa Barat, Kalahkan Ganjar-Mahfud yang Hanya 2,8 Juta

Melalui siaran persnya, Hasan Basri menjelaskan jika di tahun 2018 jumlah produksi buku per tahun sekitar 30.000, jauh lebih rendah dibandingkan penerbitan buku di Jepang yang pada tahun 2018 saja mencapai lebih dari 85.000 buku per tahun, atau India pada tahun yang sama yang mencapai 90.000 judul buku per tahun.

Apalagi dibandingkan dengan Cina, tahun 2018 saja sudah mencapai lebih dari 440.000 judul buku per tahun.

KPU RI Sahkan Suara Alfiansyah Komeng, Teriakan 'Uhuy' Menggema

Jumlah terbitan buku Indonesia hanya menyamai atau sedikit lebih tinggi dari negara-negara yang berpenduduk jauh lebih kecil, seperti Taiwan, Vietnam ataupun Malaysia. 

Dengan penyerahan buku ini,  Hasan Basri berharap dapat dimanfaatkan dengan baik dan Instekmuh Kalimantan Utara segera dapat beroperasi dan menjadi Salah satu perguruan Tinggi yang memberi sumbangsih nyata bagi peningkatan Sumber Daya Manusia dalam mengisi pembangunan di Kalimantan Utara.

Usai menerima sumbangan buku, Sabar Santouso, selaku salah satu pendiri dan perwakilan Instekmuh mengucapkan terima kasih atas sumbangan  buku  yang diberikan oleh senator Hasan Basri dalam rangka melengkapi berbagai macam buku bacaan di perpustakaan instekmuh Kaltara. 

“Insya Allah buku-buku ini akan kami pergunakan sebaik mungkin dalam mendukung pelaksanaan tri darma perguruan tinggi di Instekmuh Kalimantan Utara, Insya Allah bermanfaat dan semoga menjadi amal Jariyah buat pak Hasan Basri dan Keluarga,” tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya