Cara Membuat Alamat di Google Maps

Google Maps
Sumber :
  • Google

VIVA – Hal apa yang terbayang di benakmu ketika mendengar kata “Google”? Selain mesin pencarian internet yang digunakan mayoritas masyarakat dunia, Google juga identik dengan layanan peta online bernama Google Maps. Beberapa tahun belakangan ini, layanan Google Maps memang semakin penting bagi kehidupan masyarakat modern, tak terkecuali di Indonesia. Selain harus mahir membaca navigasi yang ditampilkan Google Maps, sebaiknya kamu juga memahami cara membuat alamat di Google Maps supaya bisa menandai lokasi rumah, toko, atau tempat-tempat penting lainnya secara akurat.

Google Fires 28 Employees Because of Nimbus Project

Yuk, kenalan dulu dengan Google Maps, manfaatnya, serta cara membuat lokasi di Google Maps.

Apa Itu Google Maps?
Secara sederhana, Google Maps dapat diartikan sebagai layanan peta online gratis yang disediakan oleh Google. Awalnya, Google Maps berasal dari program C++ yang digagas Lars dan Jens Eilstrup Rasmussen asal Denmark serta Noel Gordon dan Stephen Ma di perusahaan Where 2 Technologies Sydney. Pada Oktober 2004, perusahaan teknologi tersebut diakuisisi Google Inc sehingga layanan peta online berbasis C++ diubah menjadi aplikasi web bernama Google Maps.

Banjir Bandang Terjang Pemandian Teroh-teroh Langkat, 1 Tewas dan 6 Luka-luka

Di saat yang bersamaan, Google mengakuisisi perusahaan visualisasi data geospasial bernama Keyhole dan perusahaan analisis lalu lintas waktu nyata bernama ZipDash. Suite aplikasi Marquee besutan Keyhole muncul sebagai aplikasi Google Earth yang sangat populer di tahun 2005. Sementara itu, kombinasi teknologi dari perusahaan Where 2 Technologies, Keyhole, dan ZipDash menjadi cikal bakal Google Maps yang saat ini kita kenal. Kini, Google Maps bisa diakses melalui website maupun aplikasi sehingga semakin mempermudah para penggunanya.

Berbagai Manfaat Google Maps

Segera Hadir Fitur Baru untuk Pengguna Mobil Listrik


Beberapa manfaat yang bisa diperoleh jika menggunakan Google Maps adalah sebagai berikut:

  • Menemukan informasi secara cepat mengenai lokasi tujuan yang ingin kamu datangi. Kamu bahkan bisa mengakses jalan ke lokasi tujuan secara praktis meskipun belum pernah mendatanginya.
  • Mendukung popularitas bisnis (restoran, kafe, toko, tempat rekreasi, dan destinasi lainnya) karena masyarakat bisa mendatangi lokasinya secara mudah. Cara membuat lokasi di Google Maps juga sangat praktis karena hanya membutuhkan beberapa langkah saja.
  • Mengidentifikasi titik kemacetan sekaligus menyediakan informasi jalan pintas jika terjadi kemacetan di jalan yang akan kamu lewati.
  • Memberikan prediksi waktu tempuh berdasarkan moda transportasi yang kamu gunakan, misalnya berjalan kaki atau mengendarai sepeda, sepeda motor, mobil, atau transportasi umum.
  • Menyiapkan panduan bagi kamu yang ingin bepergian dengan moda transportasi umum.

Cara Menambahkan Alamat di Google Maps
Cara menambahkan alamat rumah di Google Maps maupun tempat lainnya (seperti toko, warung, restoran, kafe, dan sebagainya) bisa dilakukan secara mudah melalui smartphone Android dan iOS maupun browser. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini:
Cara Menambahkan Alamat di Google Maps via Aplikasi Android atau iOS

  • Kamu harus mengunduh aplikasi Google Maps terlebih dahulu di smartphone Android atau iOS.
  • Kalau sudah selesai mengunduh Google Maps, buka aplikasi tersebut untuk login lalu pilih opsi Kontribusi.
  • Ada dua opsi yang dapat kamu pilih. Opsi pertama yaitu masuk ke opsi Edit Peta, tambahkan atau perbaiki tempat, lalu tambahkan tempat yang belum ada. Opsi kedua yaitu langsung pilih Add Place atau Add a Missing Place.
  • Selanjutnya, masukkan informasi tempat yang ingin kamu tambahkan, yaitu nama, kategori, alamat lengkap, lokasi, kontak, dan lainnya.
  • Terakhir, klik tombol Kirim untuk menyelesaikan proses penambahan alamat.

Cara Menambahkan Alamat di Google Maps via Browser

  • Bukalah browser untuk mengakses URL https://www.google.co.id/maps/. Jangan lupa login menggunakan akun Google dengan cara klik tombol login pada bagian kanan atas browser.
  • Carilah alamat yang kamu inginkan pada kolom pencarian. Bila tidak berhasil menemukan alat yang akurat, gunakan alamat lain yang lokasinya berdekatan dengan alamat tujuan tersebut.
  • Klik kanan pada icon pin merah lalu pilih opsi tambah tempat.
  • Selanjutnya, masukkan informasi tempat yang ingin kamu tambahkan, yaitu nama, kategori, alamat lengkap, lokasi, kontak, dan lainnya.
  • Terakhir, klik tombol Kirim untuk menyelesaikan proses penambahan alamat.

Tips Menambahkan Alamat di Google Maps


Beberapa tips penting yang patut kamu perhatikan jika ingin menambahkan alamat di Google Maps adalah sebagai berikut:

  • Alamat lokasi bisnis sebaiknya dilengkapi berbagai informasi lengkap, yaitu jam operasional, kontak, deskripsi bisnis, website (jika ada), dan beberapa foto lokasi. Tujuannya tentu saja supaya calon pelanggan mudah mengunjungi lokasi bisnismu setelah mengakses informasi di Google Maps. Di samping itu, kamu juga harus menamai alamat lokasi bisnis dengan jelas agar calon pelanggan tidak tersesat atau bingung ketika mencari arah.
  • Sebaiknya kamu mencermati lokasi di Google Maps dengan teliti setelah icon Pin Merah muncul. Kamu bisa menggerakkan pin merah tersebut secara manual supaya penandaan lokasi lebih akurat.
  • Jika sudah berhasil mempraktekkan cara membuat alamat di Google Maps, kamu bisa membagikan lokasi tersebut melalui media sosial, website, atau aplikasi chat untuk menarik perhatian calon pelanggan.

Penggunaan Google Maps secara tepat akan membantumu membuat navigasi ke alamat tujuan sekaligus mempopulerkan bisnis. Dengan memiliki bisnis yang terdaftar di Google Maps, sebagai pemilik bisnis, kamu bisa meningkatkan pendapatan ataupun penjualan kamu. Jadi, apakah kamu sudah membuat alamat di Google Maps? Kalau belum, yuk segera praktikkan ulasan lengkap ini sekarang juga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya