Cara Membuat Alamat di Google Maps

Google Maps
Google Maps
Sumber :
  • Google

VIVA – Hal apa yang terbayang di benakmu ketika mendengar kata “Google”? Selain mesin pencarian internet yang digunakan mayoritas masyarakat dunia, Google juga identik dengan layanan peta online bernama Google Maps. Beberapa tahun belakangan ini, layanan Google Maps memang semakin penting bagi kehidupan masyarakat modern, tak terkecuali di Indonesia. Selain harus mahir membaca navigasi yang ditampilkan Google Maps, sebaiknya kamu juga memahami cara membuat alamat di Google Maps supaya bisa menandai lokasi rumah, toko, atau tempat-tempat penting lainnya secara akurat.

Yuk, kenalan dulu dengan Google Maps, manfaatnya, serta cara membuat lokasi di Google Maps.

Apa Itu Google Maps?
Secara sederhana, Google Maps dapat diartikan sebagai layanan peta online gratis yang disediakan oleh Google. Awalnya, Google Maps berasal dari program C++ yang digagas Lars dan Jens Eilstrup Rasmussen asal Denmark serta Noel Gordon dan Stephen Ma di perusahaan Where 2 Technologies Sydney. Pada Oktober 2004, perusahaan teknologi tersebut diakuisisi Google Inc sehingga layanan peta online berbasis C++ diubah menjadi aplikasi web bernama Google Maps.

Di saat yang bersamaan, Google mengakuisisi perusahaan visualisasi data geospasial bernama Keyhole dan perusahaan analisis lalu lintas waktu nyata bernama ZipDash. Suite aplikasi Marquee besutan Keyhole muncul sebagai aplikasi Google Earth yang sangat populer di tahun 2005. Sementara itu, kombinasi teknologi dari perusahaan Where 2 Technologies, Keyhole, dan ZipDash menjadi cikal bakal Google Maps yang saat ini kita kenal. Kini, Google Maps bisa diakses melalui website maupun aplikasi sehingga semakin mempermudah para penggunanya.

Berbagai Manfaat Google Maps


Beberapa manfaat yang bisa diperoleh jika menggunakan Google Maps adalah sebagai berikut:

  • Menemukan informasi secara cepat mengenai lokasi tujuan yang ingin kamu datangi. Kamu bahkan bisa mengakses jalan ke lokasi tujuan secara praktis meskipun belum pernah mendatanginya.
  • Mendukung popularitas bisnis (restoran, kafe, toko, tempat rekreasi, dan destinasi lainnya) karena masyarakat bisa mendatangi lokasinya secara mudah. Cara membuat lokasi di Google Maps juga sangat praktis karena hanya membutuhkan beberapa langkah saja.
  • Mengidentifikasi titik kemacetan sekaligus menyediakan informasi jalan pintas jika terjadi kemacetan di jalan yang akan kamu lewati.
  • Memberikan prediksi waktu tempuh berdasarkan moda transportasi yang kamu gunakan, misalnya berjalan kaki atau mengendarai sepeda, sepeda motor, mobil, atau transportasi umum.
  • Menyiapkan panduan bagi kamu yang ingin bepergian dengan moda transportasi umum.