Tahap ke-129, Sebanyak 4,3 Juta Vaksin AstraZeneca Tiba di Tanah Air

Tahap 97 dan 98, Indonesia terima kedatangan vaksin pfizer dan AstraZeneca
Sumber :

VIVA – Indonesia kedatangan vaksin tahap ke-129 dalam jumlah 4.397.740 dosis. Vaksin yang tiba merupakan vaksin AstraZeneca dalam bentuk jadi.

5 Syarat Kucing Peliharaanmu Sudah Bisa Divaksin Biar Tetap Sehat

“Dengan kedatangan ini, total kedatangan vaksin hingga saat ini dalam bentuk bulk atau bahan baku dan jadi sekitar 358 juta," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Rabu (24/11).

Menkominfo memastikan, stok vaksin terus ditambah pemerintah agar cukup diberikan kepada rakyat Indonesia. "Upaya keras ini menjadi bukti keseriusan pemerintah dalam memerangi pandemi," ujarnya.

Sosok Helena Lim, ‘Crazy Rich’ PIK Jadi Tersangka Kasus Korupsi Timah

Johnny menambahkan, per 23 November, sudah 135 juta penduduk Indonesia yang telah mendapatkan dosis pertama, 90 juta di antaranya sudah mendapatkan dosis lengkap.

Menurutnya, untuk remaja sudah 23 juta remaja yang mendapatkan dosis pertama, angka ini 86% dari sasaran vaksinasi di kelompok remaja. Dan 15 juta di antaranya sudah mendapatkan dosis lengkap.

Sering Dialami Anak-Anak dan Mudah Menular, Apa yang Perlu Dilakukan Untuk Cegah Gondongan?

Sedangkan, lanjut Menkominfo, 11 juta lansia di Indonesia sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama dan 6,9 juta di antaranya sudah dosis lengkap.

Percepatan vaksinasi di kelompok lansia sangat dibutuhkan. Dia menekankan, perlu ada kerja sama semua pihak agar dapat mempercepat kelompok lansia yang divaksinasi.

“Kelompok lansia memiliki risiko kematian tertinggi jika terinfeksi COVID-19. maka dari itu perlu dilindungi," ujar Johnny.

Sementara itu, Menkominfo juga menyebut, menurut rencana kelompok pertama yang akan menerima vaksinasi booster secara gratis pada 2022 adalah lansia dan diikuti peserta penerima bantuan iuran (PBI) BPJS Kesehatan.

Sebagai tambahan, lanjutnya, saat ini ada sebelas jenis vaksin COVID-19 yang sudah mendapatkan izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bisa menjadi opsi dalam pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga atau booster pada 2022.

“Adapun sebelas vaksin Covid-19 itu adalah Sinovac, Vaksin Covid-19 PT Bio Farma, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, Pfizer, Sputnik V, Zifivax, Janssen, Convidecia dan Covovax," kata Johnny.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya