Capaian Vaksinasi Kelompok Remaja Lampaui 75 Persen

Vaksinasi COVID-19 pada Remaja di Manggarai, NTT
Vaksinasi COVID-19 pada Remaja di Manggarai, NTT
Sumber :
  • Jo Kenaru

VIVA – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengungkapkan, per 3 Desember 2021, cakupan vaksinasi di Indonesia untuk dosis pertama sudah mencapai lebih dari 20 juta remaja atau mencapai 76,85% dari sasaran vaksinasi kelompok remaja. 

Adapun, 14,8 juta (55,5%) di antaranya telah menerima vaksinasi dosis lengkap.

“Meski sudah melampaui angka 75%, pemerintah terus menggenjot vaksinasi kelompok remaja untuk melindungi Remaja Indonesia dari ancaman virus COVID-19. Sejalan dengan ini, para remaja dan orang tua harus saling mengingatkan untuk tetap memperkuat penerapan protokol kesehatan," ujarnya, Sabtu (4/12/2021).

Menurutnya, vaksinasi remaja sangat penting untuk melindungi anak indonesia dari ancaman COVID-19, apalagi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas sudah mulai berlangsung. Menkominfo menegaskan, vaksinasi dipercaya dapat mengurangi risiko sakit berat jika terinfeksi COVID-19.

Oleh karena itu, Johnny mendorong orang tua untuk mengantar anaknya ke tempat vaksinasi terdekat. Meski ada berbagai jenis vaksin yang sudah beredar di Indonesia, pemerintah meminta masyarakat untuk jangan pilih-pilih vaksin. "Semua vaksin sama saja dan sudah mendapatkan EUA dari Badan POM," katanya.

Menkominfo menambahkan, per 3 Desember secara total sudah 141,7 juta penduduk Indonesia yang sudah mendapatkan dosis pertama dan 98,2 juta sudah dosis lengkap. Pemerintah berkomitmen untuk terus menggencarkan vaksinasi untuk mencapai target vaksinasi 70% penduduk Indonesia di akhir tahun 2021.

Johnny memaparkan, saat ini ada sebelas jenis vaksin COVID-19 yang sudah mendapatkan izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Banyaknya merek vaksin bukan diartikan bahwa masyarakat bisa memilih untuk disuntikkan dengan vaksin merek tertentu.