Menaker: Tujuan Politeknik IMIP Hasilkan Tenaga Kerja Kompeten

Menaker Ida Fauziyah saat memberikan kuliah umum di PILM
Sumber :

VIVA – Bertempat di Kawasan Industri P.T. Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Ida Fauziyah, memberikan kuliah umum di Politeknik Industri Logam Morowali (PILM). 

Menaker Ida Fauziyah: Tradisi Mudik Lebaran Cuma Ada di Indonesia

Menaker Ida memberikan gambaran mengenai perkembangan teknologi dunia yang semakin cepat dengan lahirnya revolusi industri 4.0.

“Terjadi transformasi dalam segala sisi dalam era 4.0. terutama dalam dunia Industri. Sektor teknologi mengalami kenaikan yang sangat besar. Akibat revolusi industri ini berakibat banyaknya pekerjaan yang tumbuh dan tidak sedikit pekerjaan hilang. Pertumbuhan skill yg dibutuhkan dunia semakin kompetitif,” disampaikan pada Kamis (25/11/2021).

Kemnaker Tingkatkan Program Pemagangan, Tenaga Kerja Indonesia ke Jepang Untungkan Kedua Negara

PILM didirikan oleh Pusat Pendidikan dan Latihan Industri Kementerian Perindustrian dengan visi menjadi Unit Pendidikan Tinggi Vokasi, yang unggul, beretika, mampu bersaing di era global, sebagai pelopor bagi pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia dan teknologi sektor industri logam. 

Selain mengenai perkembangan teknologi, Menaker juga mengingatkan mengenai peluang besar dari bonus demografi Indonesia yang akan terjadi pada tahun 2030. 

Tingkatkan Kualitas SDM Tenaga Kerja Indonesia, Kemnaker Gelar Business Meeting Sektor Pariwisata

“Potensi besar bagi demografi Indonesia, mesti punya daya saing dan kompetensi, kalau tidak akan menjadi beban. Dengan bonus demografi menjadi peluang menjadi indonesia emas. Seperti Jepang dan Korea Selatan" ungkapnya dihadapan ratusan mahasiswa.  

PILM memiliki tiga program studi jenjang Diploma-3, yaitu Teknik Perawatan Mesin, Teknik Kimia Mineral, dan Teknik Listrik dan Instalasi. Total mahasiswa 96 orang tiap angkatan dengan tiap jurusan 32 orang mahasiswa.

Semua mahasiswa PILM mendapat beasiswa dalam mengikuti pendidikan dan mendapat fasilitas penginapan dan makanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya