Pengembangan SDM Aparatur, Kunci Keberhasilan Reformasi Birokrasi

Upacara Pelepasan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional
Upacara Pelepasan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional
Sumber :
  • LAN

VIVA – Dalam upaya mewujudkan reformasi birokrasi di Indonesia sangat penting adanya kolaborasi dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur. Oleh karena itu salah satu tujuan pembagunan Presiden Joko Widodo di periode kedua ini adalah memajukan kualitas SDM dan reformasi birokrasi. Hal tersebut disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo pada Upacara Pelepasan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat I Angkatan LI Tahun 2021 di Aula Prof. Dr. Agus Dwiyanto, MPA, Lembaga Administrasi Negara (LAN) Jakarta, Senin (6/12).

“Untuk itu, mari kita bersama-sama berkolaborasi, menciptakan inovasi dan bersinergi agar RB dapat terwujud dan berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Tjahjo Kumolo mengungkapkan bahwa pelaksanaan program dan kegiatan kementerian, lembaga dan pemerintah daerah harus senantiasa sejalan dan tegak lurus dengan Visi Misi Presiden. Hal tersebut hendaknya dilakukan melalui kerja cepat, kerja produktif, berorientasi pada hasil yang nyata, selalu cek permasalahan di lapangan dan mencari solusinya serta keseriusan dalam bekerja yang tentunya berkaitan erat dengan pengembangan SDM aparatur yang mumpuni.

”Pengembangan SDM aparatur menjadi kunci karena apapun akan berkaitan dengan administrasi kepegawaian, manajemen SDM dan pengembangan potensi human capital yang ujungnya mewujudkan birokrasi bersih, kompeten dan melayani,” jelasnya.

Senada dengan hal tersebut, Kepala LAN, Dr. Adi Suryanto, M.Si dalam laporannya memaparkan bahwa sebagai salah satu wujud kontribusi untuk membangun Indonesia yang berdaya saing, Peserta PKN Tingkat I Angkatan LI telah menyusun Policy Brief dengan agenda Menjawab Ketimpangan Digital dalam Membangun Daya Saing di Era New Normal. Di samping itu, para peserta juga diperkaya dengan wawasan internasional melalui studi banding ke berbagai negara yang dilaksanakan secara virtual, yaitu; Arab Saudi, Perancis, Thailand, dan Filipina,” tambah Kepala LAN.

Sejak tahun 2014 hingga Desember 2021, PKN Tingkat I telah melahirkan sebanyak 819 orang alumni dan khusus untuk PKN Tingkat I pola baru yang diselenggarakan sejak tahun 2018 telah memiliki 485 alumni. Semua alumni tersebut tergabung dalam Ikatan Keluarga Alumni Pelatihan Kepemimpinan Nasional.

Dalam kesempatan tersebut dibacakan juga 5 Peserta terbaik PKN Tingkat I Angkatan LI Tahun 2021, yaitu: