Optimalkan Campus Financial Ecosystem, BNI Dukung LTMPT 2022

Dok.Photo BNI
Sumber :
  • BNI

VIVA – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BNI) berkomitmen untuk semakin agresif mendukung digitalisasi di kampus-kampus. Kali ini, BNI dengan julukan Bank Kampus ini mendukung kegiatan Ujian Tulis Berbasis Komputer Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (UTBK LTMPT) 2022.

Mahasiswa Universitas Jambi Ciptakan Sabun Cuci Piring dari Kulit Nanas

Pada tahun 2022 ini, terdaftar sebanyak 125 kampus yang bergabung dengan LTMPT yaitu 74  Rektor PTN, 1 Rektor Universitas Terbuka, 11 Rektor UIN dan 39 Direktur Politeknik Negeri.

Jalinan kerja sama ini diharapkan dapat mendukung pelaksanaan kegiatan Ujian Tulis Berbasis Komputer Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi demi memajukan dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Korban Pelecehan Rektor Nonaktif UP Surati DPR hingga Menko Polhukam, Minta Hal Ini

Penandatanganan Nota Kesepahaman ini dilaksanakan pada hari Senin, 3 Januari 2022 antara LTMPT dengan Para Bank Mitra Himbara seperti BNI, Mandiri, BTN dan BRI sebagai pemain baru.

Hadirkan Perguruan Tinggi Berbasis Karakter, Universitas UAG Resmi Dilaunching

Ket.Photo: (Ki-ka) Penanggung Jawab Institusional Funding Division Head Erwinta Siswadi, Pemimpin Divisi Hubungan Kelembagaan 2 BNI Arya Prajaka, Group Head Government & Institutional 1 Group Mandiri Dadang Ramadhan P., Head of Mass Funding Division BRI Wahyudi Darmawan, dan Ketua Umum LTMPT Mochamad Ashari dalam penandatanganan Nota Kesepahaman antara LTMPT dengan Para Bank Mitra Himbara, Senin (3/1/2021).

BNI merupakan salah satu dari Bank Himbara yang paling awal memberikan layanan UTBK LTMPT, yaitu sejak tahun 2015. Adapun, jumlah peserta UTBK yang membayar uang pendaftaran melalui BNI pada tahun awal tersebut mencapai 279.901 pendaftar dengan penghimpunan dana pendaftaran Rp 27,99 miliar. Angka tersebut meningkat signifikan hingga mencapai 468.912 dengan penghimpunan dana pendaftaran Rp 93,78 miliar.

Pada masa pandemi memang tercatat menurun, tetapi sudah menunjukkan peningkatan yang semakin signifikan. Jumlah peserta UTBK yang membayar uang pendaftaran melalui BNI pada 2021 mencapai 250.404 dengan penghimpunan dana pendaftaran Rp51,84 miliar.

Pada kesempatan ini hadir, Pemimpin Divisi Hubungan Kelembagaan 2 BNI Arya Prajaka, Ketua Umum LTMPT (Rektor ITS) Mochamad Ashari, Wakil Ketua 1 Rektor Universitas Andalas Yuliandri, dan Wakil Ketua 2 Rektor Universitas Negeri Gorontalo Eduart Wolok.

Acara ini disaksikan pula oleh Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Nizam, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto, Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia sekaligus Rektor UNS Jamal Wiwoho dan Ketua Forum Direktur Politeknik Negeri Ahmad Taqwa.

Corporate Secretary BNI Mucharom menyampaikan kerja sama antara BNI dengan LTMPT sudah berjalan sejak tahun 2015 sebagai salah satu bank mitra himbara yang selalu mendukung kegiatan UTBK LTMPT dari tahun ke tahun.

BNI senantiasa meningkatkan pelayanan dan mempermudah calon peserta UTBK dalam melaksanakan penerimaan biaya pendaftaran UTBK LTMPT melalui e-channel seperti Mobile Banking, SMS Banking, ATM, Internet Banking, Agen 46 dan Outlet-Outlet BNI di seluruh tanah air dalam upaya untuk menjangkau daerah-daerah di seluruh pelosok tanah air.

"Kami berharap dengan jalinan kerja sama yang semakin erat antara BNI dengan LTMPT ke depannya BNI dapat selalu memberikan dukungan kepada pelaksanaan kegiatan Ujian Tulis Berbasis Komputer Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi demi memajukan dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia," sebutnya.

Lebih lanjut, Mucharom menuturkan BNI selalu proaktif menjalin kolaborasi dengan banyak universitas demi mewujudkan cashless society melalui Campus Financial Ecosystem.

BNI menyediakan transaksi perbankan digital secara customized dengan menerapkan closed loop transaction di lingkungan kampus, yang dapat dimanfaatkan seluruh civitas akademika di setiap universitas.

Perseroan pun aktif melakukan penyaluran BNI Fleksi Pendidikan Mahasiswa Pascasarjana S2/S3, Magang Bersertifikat, Program Early Recruitment Program dan Pemberdayaan UMKM Mitra Binaan universitas melalui Program BNI Edupreneur.

"BNI terus bertransformasi memberikan yang terbaik untuk solusi institusi pendidikan, di era digitalisasi ini, peran perguruan tinggi sangat dibutuhkan untuk mengisi perubahan-perubahan pengelolaan bisnis yang masuk era digital. Penerapan Campus Financial Ecosystem di banyak universitas ini diharapkan memberikan layanan dan sistem jasa keuangan yang lengkap dan solusi digital yang terintegrasi baik berupa Corporate Support, Cash Management System, Layanan Produk Konsumer serta solusi IT lainnya," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya