Manfaat dan Tips Memilih Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Sebaran virus COVID-19 membuat setiap individu perlu menjaga diri dengan saksama. Mematuhi protokol kesehatan, meningkatkan imun tubuh lewat vitamin, dan memiliki pola hidup sehat adalah usaha terbaik untuk menghindari penularan COVID-19.

BRI Insurance Capai Premi Bruto Tertinggi Selama Ramadan

Selain tiga hal di atas, beberapa masyarakat juga membekali diri dengan asuransi demi mendapatkan perlindungan kesehatan secara maksimal. Kesadaran masyarakat tentang pentingnya memiliki asuransi pun membuat permintaan asuransi kesehatan 2022 ikut meningkat.

Bicara mengenai asuransi kesehatan, BPJS menjadi pilihan termurah yang ditawarkan oleh pemerintah. Hanya saja, manfaat yang diberikan BPJS tidak sebanyak produk asuransi kesehatan milik swasta. Inilah mengapa memiliki asuransi kesehatan selain BPJS akan sangat berguna.

Membaca Pergerakan Warga saat Mudik Lebaran

Bila Anda masih ragu dengan penawaran asuransi kesehatan yang ada, silakan cek manfaat memiliki asuransi kesehatan berikut ini.

Manfaat Memiliki Asuransi Kesehatan
Berikut tiga manfaat utama yang akan Anda rasakan saat memiliki asuransi kesehatan.

Inklusi Asuransi RI Masih Tumbuh Rendah, MSIG Life Gandeng Bank Sinarmas Bidik Usia Produktif

Menutup Biaya Kesehatan yang Mahal dan Terus Meningkat
Pernah dengar pepatah bahwa kesehatan itu mahal? Pernyataan tersebut ternyata bukan isapan jempol semata. Selain sektor pendidikan, inflasi pada sektor kesehatan cenderung meningkat setiap tahunnya. Pada tahun 2019, inflasi kesehatan di Indonesia tercatat naik menjadi 3,46%, setelah sebelumnya berada di angka 3,14%.

Saat dunia dilanda pandemi COVID-19, harga obat-obatan di pasaran pun semakin mahal. Di sisi lain, biaya perawatan rumah sakit juga ikut meningkat. Tingginya harga pengobatan dan perawatan rumah sakit bahkan bisa membuat seseorang terpaksa menjual harta bendanya.

Untuk menyiasati risiko kehilangan aset berharga akibat besarnya biaya kesehatan, membekali diri dengan produk asuransi swasta merupakan jawaban terbaik.

Terlebih, saat ini sudah banyak produk asuransi yang menawarkan jaminan pembayaran biaya berobat secara penuh dan ada juga asuransi kesehatan yang menanggung biaya perawatan akibat COVID-19.

Memberikan Rasa Tenang
Tak dapat kita pungkiri bahwa setiap orang punya risiko sakit. Namun dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda bisa mendapatkan perasaan lebih tenang jika sewaktu-waktu jatuh sakit. Asuransi kesehatan memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara memadai.

Jika terpaksa harus rawat inap (in-patient) di rumah sakit, asuransi kesehatan mampu membiayai tagihan yang ada. Selain rawat inap, asuransi kesehatan juga memberikan manfaat berupa rawat jalan atau biasa disebut out-patient.

Biasanya manfaat rawat jalan akan mencakup biaya konsultasi dokter, obat-obatan, hingga biaya mengakses alat-alat bantu yang dianjurkan dokter.

Melihat manfaat di atas, asuransi kesehatan tidak hanya menguntungkan secara finansial, tetapi juga mampu memberikan perasaan aman dan tenang bagi pemiliknya.

Menghindari Dampak Buruk Pada Keuangan
Keberadaan asuransi kesehatan akan membantu menjaga kondisi keuangan Anda tetap stabil. Misalkan, suatu hari Anda mendapatkan musibah kecelakaan yang membuat Anda harus mendapatkan perawatan secara intensif di rumah sakit.

Jika memiliki asuransi kesehatan, Anda tak perlu menguras tabungan atau aset berharga untuk melunasi tagihan rumah sakit. Anda juga tak kerepotan untuk meminjam uang ke sana kemari demi menutup biaya kesehatan.

Dengan kata lain, asuransi kesehatan mampu membantu Anda dalam menghindari risiko kebangkrutan.

Kiat Memilih Asuransi Kesehatan
Setelah tahu manfaat memiliki asuransi kesehatan, sekarang cari tahu bagaimana kiat memilih asuransi yang tepat.

Cek Kemampuan Finansial
Membayar iuran asuransi merupakan komitmen jangka panjang. Itu sebabnya, sebelum membeli cari tahu dulu kemampuan finansial yang Anda miliki. Tujuannya adalah meminimalisir risiko gagal bayar premi bulanan yang dapat mengakibatkan polis mengalami lapse.

Harga premi sendiri akan berpengaruh pada manfaat yang akan diberikan. Semakin mahal nilai preminya, semakin banyak pula layanan kesehatan yang bisa Anda dapatkan. Meski begitu, Anda tetap bisa menyesuaikan harga premi dengan kemampuan finansial yang ada.

Belilah Produk Asuransi Kesehatan Sesuai Kebutuhan
Kiat kedua adalah belilah produk asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan. Di pasaran, asuransi kesehatan hadir dalam beberapa jenis, contohnya asuransi kesehatan murni dan asuransi kesehatan unit link.

Asuransi kesehatan murni adalah asuransi yang hanya memberikan manfaat berupa pertanggungan tagihan kesehatan tanpa menyediakan manfaat investasi. Sebaliknya, unit link merupakan sebutan untuk asuransi kesehatan yang menambahkan layanan investasi.

Hanya saja, perlu digaris bawahi bahwa fungsi investasi pada asuransi kesehatan adalah sebagai dana cadangan yang bisa digunakan apabila sewaktu-waktu nasabah ingin cuti premi (tidak membayar premi asuransi dalam jangka waktu tertentu).

Cari Perusahaan Asuransi Kesehatan yang Tepat
Selain memilih produk sesuai kebutuhan, calon nasabah juga harus mencari perusahaan asuransi yang tepat. Tujuannya supaya Anda terhindar dari modus penipuan.

Salah satu poin penting yang harus diperhatikan ketika memilih perusahaan asuransi adalah pastikan perusahaan tersebut diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kedua, cari tahu Risk Based Capital (RBC) dari perusahaan yang bersangkutan.

Dari RBC Anda bisa mengetahui bagaimana kemampuan perusahaan asuransi dalam memenuhi kewajibannya seperti membayar klaim. Semakin tinggi nilai RBC-nya, semakin sehat kondisi keuangan perusahaan asuransi tersebut.

Berdasarkan POJK nomor 71/POJK.05/2016, perusahaan asuransi yang sehat harus memiliki minimal RBC 120%.

Lindungi Kesehatan Keluarga dengan Traveloka Insurance
Temukan layanan asuransi kesehatan yang tepat hanya di Traveloka insurance. Traveloka menyediakan proses pendaftaran secara sederhana dengan proses klaim yang mudah. FWD Insurance dan Astra Life merupakan dua penyedia layanan asuransi yang saat ini bekerja sama dengan Traveloka. Mumpung masih sehat, segera bekali diri dengan asuransi kesehatan!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya